cpu-data.info

YouTube Beri Label untuk Video Orisinal, Ini Tandanya

YouTube
Lihat Foto

- Platform berbagi video YouTube meluncurkan label baru untuk menandai video orisinal yang diunggah kreator ke platform-nya.

Video orisinal yang dimaksud yaitu video yang direkam menggunakan kamera atau perangkat perekam lainnya, dengan suara asli tanpa modifikasi baik secara visual maupun audionya.

Label baru itu memiliki keterangan "captured with a camera" (direkam dengan kamera). Label ini bisa dilihat audiens dari panel deskripsi, tepat di bawah video dan tombol subscribe.

Saluran YouTube "Truepic", platform inspeksi digital yang membantu verifikasi orisinalitas foto dan video, menjadi salah satu yang pertama menjajal label baru YouTube.

Video yang diunggah Truepic menampilkan CEO Truepic, Jeffrey McGregor sedang berada di kebun binatang San Diago. Dalam video itu McGregor berkata dirinya berada di lokasi yang sama dengan video pertama yang diunggah di YouTube oleh pendiri YouTube, Jawed Karim pada tahun 2005.

Baca juga: TikTok Pasang Label Khusus untuk Konten AI dari Aplikasi Pihak Ketiga

McGregor juga mengatakan bahwa setelah hampir dua dekade video Karim diunggah, pengguna kini dibuat bingung antara konten asli yang dibuat manusia dengan konten buatan teknologi macam kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) generatif.

Nah, label baru dari YouTube ini akan membantu mengidentifikasi video orisinal kreator. 

Seperti video orisinal yang dimaksud YouTube, video Truepic yang berdurasi lebih dari satu menit itu diambil dari kamera dan tanpa proses edit baik secara visual maupun audio. Ketika panel deskripsi video itu di klik, akan terlihat keterangan bahwa konten Truepic "Direkam dengan kamera" seperti gambar di bawah ini.

Label baru YouTube tandai video orisinal kreator/Lely Maulida Label baru YouTube tandai video orisinal kreator

Label itu sendiri diterapkan YouTube berdasarkan standar C2PA, yaitu standar terbuka terkait orisinalitas konten yang ditetapkan oleh Coalition for Content Provenance and Authenticity (C2PA). Standar ini membantu pengguna mengenali orisinalitas video dan sumber media termasuk gambar, video atau audio.

Baca juga: Mau Dapat Cuan Lebih dari YouTube Shopping? Ini Syaratnya

Menurut YouTube, label barunya ini hanya akan berfungsi dengan perangkat perekaman dan alat yang mendukung metadata C2PA versi 2.1 atau lebih tinggi. Jadi, label ini akan muncul secara otomatis bila YouTube menilai bahwa video terkait memenuhi standar C2PA dan lain sebagainya.

Ketentuan lainnya tentang label ini bisa dilihat pada tautan berikut ini.

Salah satu perusahaan alat perekaman yang sudah mendukung standar itu yakni produsen kamera kenamaan, Leica. Dilansir The Verge, pada Oktober tahun lalu, Leica mulai meluncurkan kamera yang mendukung standar C2PA, yakni Leica M11-P. 

Adapun label ini dipasang YouTube sebagai bentuk upaya perusahaan  meningkatkan transparansi konten yang dihasilkan kreator, apakah asli atau buatan AI.

"Penting bagi audiens mempercayai apa yang mereka lihat di YouTube. Itulah sebabnya Anda akan menemukan keterangan "Direkam dengan kamera" dalam deskripsi video," demikian keterangan YouTube dikutip KompasTekno dari lamam bantuan YouTube, Kamis (17/10/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat