cpu-data.info

Contoh Password yang Kuat dan Tips Membuatnya agar Akun Tak Gampang Dibobol

Contoh password yang kuat. Password yang kuat harus berisi minimal 12 karakter dengan berisi kombinasi berbagai karakter.
Lihat Foto

- Pengguna kiranya penting buat mengetahui contoh password yang kuat atau contoh password yang aman agar akun tak mudah dibobol. Password merupakan sistem keamanan yang tersedia di semua platform untuk melindungi akun pengguna.

Di berbagai platform, seperti email, media sosial, dan aplikasi lainnya, pengguna selalu diminta untuk membuat akun yang dilengkapi dengan password atau kata sandi. Password memiliki fungsi penting buat mengautentikasi akun pengguna.

Baca juga: Apa Itu Passkey yang Bisa untuk Login Akun Google Tanpa Password?

Password memastikan bahwa akun benar-benar diakses oleh pengguna sebagai pemilik aslinya. Lantaran punya fungsi penting untuk keamanan akun, password tidak boleh dibuat sembarangan.

Password yang terlalu mudah dapat berpotensi dibobol oleh orang asing. Untuk meningkatkan keamanan akun, pengguna penting mengetahui beberapa contoh password yang baik dan aman.

Lantas, seperti apa contoh password yang kuat? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai beberapa contoh password yang kuat.

Contoh password yang kuat

Password umumnya terdiri dari beberapa kombinasi karakter. Password yang kuat tidak berisi kombinasi karakter yang mudah ditebak. Adapun beberapa contoh password yang aman adalah sebagai berikut:

  • 4paKabBarDun1A!23
  • MAkanS0to4Yam#77
  • L1buR4n@PaNT4!2024
  • Tidur$14ngDUlu$89
  • M4tahar!Pa91C3rah#45
  • K0piHitt4mM4n!s90
  • 7AlanJal@ns0R3!23
  • B3lan74BukuT3ruz$56
  • N0nTonF!lmH0rror#78
  • M4lAmM1n99UT3nan9@12

Itulah beberapa contoh password yang kuat. Kombinasi karakter dari beberapa contoh password yang baik di atas itu disusun berdasar syarat keamanan pembuatan password yang umum terdapat di berbagai platform.

Untuk diketahui, daftar password yang disajikan di atas hanyalah sebuah contoh. Pengguna harus membuat password sendiri yang lebih personal, sehingga hanya diketahui secara pribadi. Lantas, sebenarnya password yang baik itu seperti apa?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai cara membuat password yang kuat, seperti beberapa contoh password yang tertera di atas.

Cara membuat password yang aman

Cara membuat password yang aman itu pada dasarnya cukup mudah. Pengguna hanya perlu mengikuti beberapa kriteria untuk membuat password yang baik. Misalnya, password harus berisi minimal 12 karakter.

Baca juga: Cara Login Akun Google Pakai Passkey, Tak Perlu Masukkan Password

Kemudian, password yang kuat itu terdiri dari kombinasi berbagai karakter. Selain itu, masih terdapat beberapa kriteria password yang baik lainnya. Dikutip dari laman resmi Microsoft, adapun beberapa cara membuat password yang aman adalah sebagai berikut.

1. Password minimal berisi 12 karakter

Beberapa platform media sosial, seperti Instagram dan Twitter, biasanya meminta pengguna untuk membuat akun dengan password yang berisi enam hingga delapan karakter. Kata sandi yang kuat paling tidak berisi 12 karakter atau bakal lebih baik jika di atasnya.

2. Password berisi kombinasi karakter

Buatlah password dengan kombinasi dari berbagai karakter, angka, huruf, dan simbol. Kemudian, karakter huruf untuk membuat password bisa dengan kombinasi huruf kecil dan kapital.

3. Hindari password dengan kata umum

Cara membuat password yang kuat bisa dilakukan dengan menghindari penggunaan kata umum. Kata umum ini misalnya sebuah istilah yang menyangkut dengan identitas pengguna, misal nama, tempat bekerja, organisasi, dan sebagainya.

Kata umum juga bisa berarti istilah yang kerap dipakai sehari-hari, misal “selamat pagi”, “halo”, dan sebagainya. Hindari penggunaan kata umum tersebut untuk membuat password. Ini bertujuan agar kata sandi tak mudah ditebak oleh orang lain.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat