cpu-data.info

5 Aspek Peningkatan di Xiaomi 14T Dibanding Xiaomi 13T

Deretan warna Xiaomi 14T dan Xiaomi 14T Pro
Lihat Foto

BERLIN, - Xiaomi 14T series hadir dengan dua model, yakni Xiaomi 14T dan Xiaomi 14T Pro. Kedua model sudah dirilis resmi secara global dalam acara Xiaomi Event di Berlin, Jerman.

Sebagai suksesor dari Xiaomi 13T series yang sudah dirilis tahun lalu, Xiaomi 14T series datang dengan sejumlah peningkatan.

Mulai dari sektor chipset, kamera, baterai, layar, hingga desain. Berikut adalah rincian peningkatan yang dibawa Xiaomi 14T series dari Xiaomi 13T series.

Baca juga: 5 Perbedaan Xiaomi 14T dan Xiaomi 14T Pro, dari Kamera hingga Baterai

Chipset

Layar Xiaomi 14T berukuran 6,67 inci dengan refresh rate 144 Hz, sudah mendukung tingkat kecerahan 4.000 nits, HDR10+, dan fitur Dolby Vision. /Caroline Saskia Layar Xiaomi 14T berukuran 6,67 inci dengan refresh rate 144 Hz, sudah mendukung tingkat kecerahan 4.000 nits, HDR10+, dan fitur Dolby Vision.

Xiaom 14T tahun ini ditenagai oleh chipset yang sama seperti Xiaomi 13T Pro, yakni System-on-Chip (SoC) MediaTek Dimensity 8200 Ultra. Sementara itu, Xiaomi 14T Pro ditenagai oleh MediaTek Dimensity 9300 Plus. 

Untuk Xiaomi 14T Pro, Dimensity 9300 Pus terbagi menjadi tiga klaster. Ketiganya mencakup satu inti Cortex-A715 dengan clockspeed 3,35 GHz, tiga inti Cortex-A715 berfrekuensi 3,2 GHz, dan 4 inti Cortex-A5120 2,2 GHz.

Pengolah grafisnya menggunakan Immortalis-G720 MC12, dan chip khusus AI MediaTek NPU 790.

Baca juga: Menjajal Xiaomi 14T Langsung di Berlin, Si Flat yang Nyaman Digenggam

Konfigurasi chipset dari Xiaomi 14T masih sama seperti Xiaomi 13T Pro. Hanya saja, ada tambahan chipset khusus AI, yakni AI: MediaTek NPU 780 (Generative AI). Sebab, di tahun ini, ada sejumlah fitur AI yang dihadirkan ke Xiaomi 14T series.

Fitur AI

Ilustrasi fitur Circle-to-Search di Xiaomi 14T seriesXiaomi Ilustrasi fitur Circle-to-Search di Xiaomi 14T series

Deretan fitur AI yang dihadirkan terdiri dari Google Gemini, Circle-to-Search, AI Interpreter, AI Notes, AI Recorder, AI Subtitles, AI Film, AI Image Editing, dan AI Portrait.

Namun, masih ada beberapa fitur yang belum tersedia. Menurut Senior Director Gemini on Mobile Google Knowledge and Information, Zaheed Sabur, deretan fitur Google AI baru akan tersedia secara bertahap. Mulai dari Circle-to-Search, AI Portrait, dan AI Subtitles.

AI Interpreter berfungsi menerjemahkan bahasa asing real-time ketika berbicara dengan orang dari negara berbeda. Berdasarkan pantauan KompasTekno, opsi bahasa yang tersedia mencakup Jerman, Spanyol, Perancis, Indonesia, Italia, Portugis, Rusia, Hindi, Korea, Mandarin, dan Jepang.

AI Notes untuk membantu merangkum isi catatan, mengubah layout, merangkum catatan, hingga memperbaiki kesalahan ketik (saltik). AI Recorder berfungsi memudahkan pengguna merekam suara sambil transkrip langsung dengan bantuan AI, hingga merangkum isi pembicaraan.

Fitur AI Recorder juga mampu merangkum isi pembicaraan dan mampu membedakan dua suara yang berbeda sehingga bisa lebih mudah meninjau isi percakapan. 

Sementara itu, AI Film ditujukan untuk memudahkan pengguna bikin video cinematic dengan bantuan AI. Hanya dengan memilih video yang diedit, pengguna bisa meminta AI, lewat bantuan prompt (perintah) untuk memberi grading pada video. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat