cpu-data.info

9 Fitur AI di Xiaomi 14T Series, Hasil Kolab Bareng Google

Perbedaan desain belakang Xiaomi 14T (kiri) warna Titan Black dan Xiaomi 14T Pro (kanan) warna Titan Grey
Lihat Foto

BERLIN, - Xiaomi 14 series resmi dirilis secara global pada Kamis, (26/9/2024) di Berlin, Jerman. Ada dua model yang diperkenalkan yaitu Xiaomi 14T dan Xiaomi 14T Pro.

Jurnalis , Caroline Saskia berkesempatan meliput langsung acara peluncuran tersebut.

Xiaomi 14T dan 14T Pro membawa sejumlah fitur baru, salah satu penyegaran yang dihadirkan adalah membawa beragam fitur berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk meningkatkan produktivitas penggunanya.

Kehadiran beragam fitur Ai ini merupakan bentuk kolaborasi antara Xiaomi dan Google. Kolaborasi ini menghadirkan setidaknya sembilan fitur AI, mulai dari fitur produktivitas, sampai editing gambar.

Penasaran ada apa saja dan bagaimana cara kerjanya? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Google Gemini

llustrasi Google Gemini di Xiaomi 14T series/Caroline Saskia Tanoto llustrasi Google Gemini di Xiaomi 14T series

Google Gemini kini menjadi aplikasi bawaan di Xiaomi 14T series. Ketika mengaktifkan smartphone untuk pertama kalinya, sistem akan langsung mengunduh (download) Google Gemini. Saat KompasTekno mencoba menghapus aplikasi, tidak ada opsi uninstall.

Fitur ini masih membutuhkan koneksi internet untuk berkomunikasi dengan chatbot AI milik Google. Tampilannya sama seperti aplikasi Google Gemini versi Google di smartphone Android lainnya. Tidak ada tambahan fitur spesial yang dihadirkan Google Gemini di Xiaomi 14T series.

Yang jelas, dengan kehadiran aplikasi ini, pengguna tidak perlu download aplikasi secara mandiri atau mengakses Google Gemini via website.

Baca juga: Menjajal Xiaomi 14T Langsung di Berlin, Si Flat yang Nyaman Digenggam

2. Circle-to-Search

Ilustrasi fitur Circle-to-Search di Xiaomi 14T seriesXiaomi Ilustrasi fitur Circle-to-Search di Xiaomi 14T series

Fitur spesial lainnya ada Circle-to-Search. Fitur yang sebelumnya eksklusif di Samsung dan Google Pixel, juga dihadirkan ke smartphone Xiaomi 14T series.

Mekanismenya serupa, pengguna disuguhkan pengalaman browsing atau mencari informasi dengan cara yang lebih intuitif.

Misal, ketika ingin bermain media sosial, atau menonton video YouTube,  pengguna bisa langsung tekan dan tahan (tap and hold) tombol Home untuk mengaktifkan fitur Circle-to-Search. Apabila sudah aktif, lingkari objek yang ingin dicari informasinya.

Sistem AI bakal langsung memunculkan jendela dari bawah layar, menampilkan isi informasi yang dibutuhkan pengguna. Misal, harga barang yang dicari, lokasi sebuah bangunan atau tempat, dan informasi lainnya. 

Pengguna bisa pindah ke tabs lain, untuk menemukan informasi baru, sama seperti melakukan pencarian di Google Search.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat