cpu-data.info

Menjajal Xiaomi 14T Langsung di Berlin, Si "Flat" yang Nyaman Digenggam

Hands-on Xiaomi 14T langsung di Berlin. Smartphone ini mengandalkan kamera Leica Summilux dan deretan fitur AI.
Lihat Foto

BERLIN, - Xiaomi resmi memboyong smartphone barunya dari keluarga T-series, yakni Xiaomi 14T secara global pada Kamis (26/9/2024) di Berlin, Jerman.

Jurnalis Caroline Saskia yang turut hadir dalam acara peluncuran Xiaomi Event 2024 kali ini berkesempatan menjajal, menggenggam, serta menggunakan Xiaomi 14T lebih awal, bahkan sebelum resmi dirilis.

Kami kebagian model “reguler” warna Titan Black dan mencobanya selama seharian di kota Berlin, Jerman. Ini kesan pertama yang kami tangkap setelah mencoba smartphone mid-range anyar ini.

Baca juga: Xiaomi 14T Resmi Meluncur, HP Dimensity 8300 Ultra dan Kamera Leica Summilux

Bodi tipis, ringan, dan minimalis

Xiaomi 14T punya bodi yang tipis dan ringan sehingga tetap nyaman dipegang dalam satu telapak tangan wanita dewasa.

Di atas kertas, smartphone ini datang dengan dimensi ukuran 160,5 mm (tinggi), 75,1 mm (lebar), 7,80 mm (ketebalan), dan bobot 195 gram.

Desain bodinya juga serba datar. Di bagian punggung, misalnya, Xiaomi 14T tidak lagi mengusung model 3D curved di bagian sisi kanan-kiri seperti Xiaomi 13T.

Xiaomi 14T membawa bodi yang flat, tidak curved (melengkung) seperti pendahulunya atau versi Pro./Caroline Saskia Xiaomi 14T membawa bodi yang flat, tidak curved (melengkung) seperti pendahulunya atau versi Pro.

Sementara itu, modul kameranya juga kini dibuat lebih tipis, dan tidak terlalu menonjol dari punggung.

Penyegaran desain ini membuat tampilan dari Xiaomi 14T tampak semakin ramping. Bahan material punggungnya juga tidak lagi berbahan leather (kulit sintetis), tetapi menggunakan polikarbonat dengan finisihing matte.

Ketika terkena pantulan sinar matahari atau lampu ruangan, akan tampak glitter di seluruh punggung.

Baca juga: Xiaomi 14T Pro Resmi Rilis, Bawa Lensa Leica Light Fusion 900

Walau tidak lagi menggunakan bahan kulit, Xiaomi 14T bisa tetap mempertahankan tampangnya yang terkesan mewah dan minimalis. Pada bagian modul, terdapat tiga sensor kamera dan satu lampu kilat yang diposisikan 2x2.

Xiaomi 14T dibekali kamera Leica Summilux. Kamera ini mengandalkan sensor Sony IMX906 dengan ukuran 2 mikrometer per pikselnya. Tiga kamera belakang ponsel ini terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.9), telefoto 50 MP (f/1.9), dan ultrawide 12 MP (f/2.2)./Caroline Saskia Xiaomi 14T dibekali kamera Leica Summilux. Kamera ini mengandalkan sensor Sony IMX906 dengan ukuran 2 mikrometer per pikselnya. Tiga kamera belakang ponsel ini terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.9), telefoto 50 MP (f/1.9), dan ultrawide 12 MP (f/2.2).

Di bagian tengah modul kameranya, terdapat logo “Leica” berwarna hitam. Lalu, bagian bawah logo terdapat informasi lensa Leica, seperti “VARIO-SIMMILUX 1:1.7-2.2/15-50 ASPH”.

Logo dan informasi menandakan teknologi kamera Xiaomi 14T dirancang bersama (co-engineering) dengan Leica, pabrikan kamera dari Jerman. 

Konfigurasi dari masing-masing kamera ini terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.7, Sony IMX906), telefoto 50 MP (f/1.9, zoom optik 1x, 2x, 4x), dan kamera ultrawide 12 MP (f/2.2).

Fitur pendukung kameranya mencakup Ultra HD, Master Portrait, Movie Mode, Master Cinema, dan Director mode.

Bodi kanannya terdapat desain tombol daya dengan motif baru. Dikatakan demikian karena tombol tersebut memiliki tekstur dengan pola garis.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat