cpu-data.info

Terkunci 10 Tahun, iPhone 4s Ini Akhirnya Bisa Dibuka Lagi

iPhone 4S
Lihat Foto

- Sebuah iPhone 4s yang terkunci hampir satu dekade alias 10 tahun, akhirnya bisa dibuka kembali. Hal itu dialami oleh seorang wanita muda asal Provinsi Jiangsu, China.

Ia membagikan kisahnya itu dalam sebuah video yang diunggah ke media sosial di Negeri Tirai Bambu.

Dalam sebuah video, ia menjelaskan bagaimana ia akhirnya mendapatkan kembali akses ke ponselnya yang telah terkunci selama 80.000 jam atau hampir 10 tahun.

“Saya tidak tahu siapa yang mengunci ponsel saya pada tahun 2015,” ujarnya.

Pada tahun tersebut, ponselnya menampilkan pesan bahwa akan terbuka setelah 80.000 jam.

"Saya pikir, bukan kah itu sepuluh tahun? Jadi saya mengganti ponsel saya saat itu. Namun, baru-baru ini saya teringat kembali akan ponsel itu," katanya.

Baca juga: iPhone Jatuh dari Insiden Pintu Pesawat Alaska Airlines Terlepas, Masih Nyala dan Normal

Ia pun akhirnya membeli charger untuk mengisi daya ponsel lawasnya itu agar bisa diaktifkan kembali. Setelah berhasil diaktifkan, muncul pesan bahwa ponselnya dapat dibuka dalam 288 menit atau sekitar 4 jam.

Beruntung, dia mulai ingat kode sandi iPhone 4s itu, dan ponselnya pun berhasil terbuka kembali. Tampak ponsel itu berfungsi dengan normal, lengkap dengan tampilan antarmuka (UI) iOS dan aplikasi versi lama.

Seorang wanita di China berhasil membuka iPhone 4s yang terkunci hampir 10 tahun. Setelah dibuka, ponsel berfungsi normal. Tampak tampilan iOS dan aplikasi versi lama.Gizmo China Seorang wanita di China berhasil membuka iPhone 4s yang terkunci hampir 10 tahun. Setelah dibuka, ponsel berfungsi normal. Tampak tampilan iOS dan aplikasi versi lama.

Masalah in sebenarnya cukup lumrah. sistem keamanan di iPhone model lama biasanya akan mengunci perangkat dalam waktu lama apabila pengguna mencoba memasukkan kata sandi yang salah berulang kali.  Hal ini bertujuan untuk melindungi data pribadi.

Bahkan, pengguna lain pernah mengeluhkan masalah yang sama pada Apple bahwa iPhone mereka telah terkunci selama 50 tahun, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmo China, Senin (30/9/2024).

Di forum online outlet media 9to5Mac, seorang pengguna juga mengatakan ada iPhone yang dinonaktifkan selama 23.614.974 menit, atau sekitar 45 tahun.

Baca juga: Toko Apple Dirampok, 26 Gadget Senilai Rp 390 Juta Raib dalam 30 Detik

Dalam kasus seperti itu, salah satu solusi yang kerap dilakukan adalah melakukan pengaturan ulang pabrik (reset), yang akan menghapus semua data ponsel. Solusi lainnya adalah menunggu sampai batas waktu penguncian, seperti yang dilakukan wanita asal China tadi.

Wanita tersebut memilih untuk tidak me-reset perangkat.

“Alasan saya tidak me-reset ulang ponsel dan rela menunggu selama ini adalah karena saya tidak tega kehilangan data itu. Sepuluh tahun! Ya Tuhan!” ujarnya.

Salah satu data yang tersimpan di ponsel itu adalah video kucingnya yang kini telah tiada. Ia mengaku tak ingin kehilangan video kenangan kucingnya tersebut.

Dalam video yang sama, ia juga menunjukkan video kucing bewarna kelabu yang masih tersimpan di dalamnya.

Baca juga: Dioprek Anak, iPad pun Terkunci 48 Tahun

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat