cpu-data.info

8 Fitur Tersembunyi iOS 18 di iPhone yang Jarang Diketahui

Ilustrasi fitur tersembunyi iOS 18 di iPhone.
Lihat Foto

- iOS 18 sudah dirilis dan pengguna iPhone bisa mulai memperbaruinya. Sistem operasi terbaru untuk smartphone Apple itu membawa sejumlah pembaruan dan peningkatan fitur yang cukup menarik.

Sebagian pengguna yang telah update iOS 18 mungkin sudah mengetahui beberapa fitur itu. Salah satu pembaruan utama dan cukup banyak diketahui adalah iOS 18 memungkinkan pengguna buat memodifikasi tampilan Control Center dan ikon aplikasi.

Baca juga: iOS 18 Sudah Tersedia, Apakah iPhone 11 Bisa Update?

Selain itu, iOS 18 sebenarnya membawa fitur-fitur lain yang tak kalah menarik, tetapi jarang diketahui banyak pengguna. Dalam hal ini, pengguna mungkin bakal tertarik untuk mengetahui apa saja fitur tersembunyi iOS 18.

Jika penasaran ingin mencobanya, silakan simak ulasan di bawah ini mengenai fitur tersembunyi iOS 18 yang menarik buat dicoba.

Daftar fitur tersembunyi iOS 18 yang menarik buat dicoba

Selain membawa pembaruan fitur skala besar, seperti kustomisasi tampilan di beberapa bidang, Apple juga membekali detail - detail kecil pada fitur iOS 18 yang mungkin jarang diketahui beberapa pengguna.

Salah satu contoh fitur tersembunyi iOS 18 yang menarik adalah share password WiFi dengan kode QR. Fitur ini telah lama tersedia di kebanyakan HP Android. Namun, fitur tersebut baru ditambahkan di iPhone lewat iOS 18 berkat kehadiran aplikasi Password.

Selain itu, masih ada beberapa fitur tersembunyi iOS 18 yang menarik buat dicoba. Adapun daftar beberapa fitur tersembunyi iOS 18 adalah sebagai berikut.

1. Share password WiFi dengan kode QR

Fitur tersembunyi iOS 18 yang pertama dan telah disebut di atas adalah share password WiFi dengan kode QR. Sebelum iOS 18 hadir, pengguna iPhone dulu hanya bisa berbagi password WiFi dengan kontak yang juga hendak bergabung ke WiFi yang sama.

Kini, berbagi WiFi dipermudah berkat adanya aplikasi Password. iOS 18 membawa aplikasi Password yang berfungsi untuk mengelola semua password yang dipakai pengguna buat mengakses berbagai platform, termasuk WiFi.

Di aplikasi Password, pengguna dapat membuka dan melihat kembali password WiFi yang pernah terhubung ke iPhone. Setelah itu, pengguna dapat membagikannya ke pengguna lain lewat kode QR. Cara share password WiFi dengan kode QR di iPhone adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Password di iPhone iOS 18.
  • Kemudian, pilih menu “WiFi”.
  • Setelah itu, pilih nama WiFi yang hendak dibagikan kata sandinya ke kontak lain lewat kode QR.
  • Selanjutnya, pilih opsi “Show Network QR Code” dan kode QR untuk WiFi tersebut bakal ditampilkan.
  • Pengguna bisa menunjukkan kode QR itu ke pengguna lain agar dipindai dan bisa terhubung ke jaringan WiFi.

Fitur share password WiFi dengan kode QR di iPhone iOS 18./Zulfikar Hardiansyah Fitur share password WiFi dengan kode QR di iPhone iOS 18.

2. Tombol power di Control Center

Berikutnya, terdapat fitur tombol power di jendela Control Center atau Pusat Kontrol. Di iOS 18, jendela Control Center mendapatkan pembaruan yang cukup signifikan dengan memungkinkan pengguna buat memodifikasi tampilannya.

Tampilan tombol power pada Control Center di iPhone iOS 18./Zulfikar Hardiansyah Tampilan tombol power pada Control Center di iPhone iOS 18.

Selain itu, jendela Control Center sekarang ketambahan tombol power yang berfungsi untuk mematikan daya iPhone. Dengan tombol virtual ini, pengguna tak perlu menekan tombol power fisik untuk mematikan iPhone.

3. Riwayat hitungan di kalkulator

Aplikasi kalkulator di iOS 18 juga mendapat banyak pembaruan. Salah satunya yang utama adalah aplikasi kalkulator sekarang memiliki beberapa mode yang bisa diganti, seperti mode dasar, mode saintifik, Math Note, dan mode konversi nilai mata uang.

Tampilan fitur riwayat hitungan di kalkulator iPhone iOS 18./Zulfikar Hardiansyah Tampilan fitur riwayat hitungan di kalkulator iPhone iOS 18.

Selain pembaruan besar, aplikasi kalkulator di iOS 18 juga memiliki fitur tersembunyi, yaitu pengguna sekarang bisa melihat riwayat hitung yang pernah dilakukan. Untuk melihat riwayat hitungan itu, pengguna tinggal klik ikon garis tiga di pojok kiri atas layar aplikasi kalkulator.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat