cpu-data.info

Counterpoint: Xiaomi Ungguli Apple, Samsung Tetap Teratas

Ilustrasi smartphone.
Lihat Foto

- Firma riset pasar Counterpoint Research merilis daftar tiga besar vendor smartphone yang menguasai pasar ponsel global untuk bulan Agustus 2024.

Pada periode bulan ke-8 ini, Samsung masih bertakhta sebagai raja pasar smartphone global dalam hal volume penjualan bulanan.

Yang menarik, pada periode Agustus, Xiaomi berhasil menyalip Apple ke posisi nomor dua. Menurut Counterpoint, ini pertama kalinya Xiaomi menempati posisi ke-2 setelah Agustus 2021.

Dengan begitu, Apple otomatis harus "legowo" terdepak ke peringkat ketiga. Sayangnya, Counterpoint tidak merinci volume penjualan bulan Agusuts untuk masing-masing vendor di daftar tiga besar ini.

Baca juga: Samsung Galaxy A15 5G jadi Smartphone Android Terlaris di Dunia Versi Counterpoint

Grafik pertumbuhan volume penjualan bulanan Samsung, Apple, dan Xiaomi dari 2021 hingga 2024 bisa dilihat lewat gambar di bawah. Di ujung garis grafik, terlihat Samsung tetap teratas, sedangkan Xiaomi berhasil menyalip Apple pada Agustus 2024.

Grafik pertumbuhan volume penjualan bulanan Samsung, Apple, dan Xiaomi dari 2021 hingga 2024. Pada Agustus 2024, Samsung tetap teratas, sedangkan Xiaomi berhasil menyalip Apple.Counterpoint Research Grafik pertumbuhan volume penjualan bulanan Samsung, Apple, dan Xiaomi dari 2021 hingga 2024. Pada Agustus 2024, Samsung tetap teratas, sedangkan Xiaomi berhasil menyalip Apple.
Pertumbuhan tercepat di 2024

Counterpoint mencatat, Xiaomi menjadi salah satu merek smartphone dengan pertumbuhan tercepat pada semester I-2024, yakni dengan pertumbuhan volume penjualan sebesar 22 persen dari tahun ke tahun.

Baca juga: Huawei Rajai Pasar Smartphone Lipat di China

Pertumbuhan Xiaomi ini, kata Counterpoint, membantu pemulihan pasar smartphone dunia.

Xiaomi tercatat sangat kuat di kisaran harga yang lebih rendah, yaitu kurang dari 200 dollar AS (sekitar Rp 3 jutaan), terlebih lagi setelah peluncuran perangkat seri Redmi 13 dan Redmi Note 13.

Perangkat Redmi membantu Xiaomi mendapatkan pangsa di semua pasar utamanya, terutama di India, Amerika Latin, Asia Tenggara, serta Timur Tengah dan Afrika.

Selain smartphone entry-level dan mid-range, Xiaomi juga telah merambah segmen premium dengan perangkat yang dapat dilipat dan model "Ultra".

Xiaomi Redmi Note 13 Pro seriesXiaomi Xiaomi Redmi Note 13 Pro series
Sebenarnya, penjualan Xiaomi dilaporkan datar atau tidak mengalami peningkatan bulanan pada Agustus 2024 ini. Penurunan musiman Apple-lah yang mendongkrak Xiaomi mencapai posisi kedua tersebut.

Menurut Counterpoint, Agustus cenderung menjadi bulan terlemah Apple dalam satu tahun kalender. Pasalnya, iPhone generasi baru biasanya baru akan diumumkan pada bulan September.

Dengan peluncuran seri iPhone 16 belum lama ini, Counterpoint meramalkan Apple akan merebut kembali posisi ke-2 atau bahkan posisi pertama sebagai penguasa smartphone global.

Hal ini bisa terjadi dalam beberapa bulan mendatang seiring dengan peningkatan penjualan iPhone 16 series, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman Counterpoint Research, Sabtu (21/9/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat