cpu-data.info

Vendor Smartphone di India Tersandung Masalah Hukum gara-gara Amazon

Ilustrasi smartphone
Lihat Foto

- Sejumlah vendor smartphone kenamaan tersandung masalah hukum di India. Beberapa brand ini terbukti melanggar undang-undang antimonopoli setempat.

Kasus ini bermula dari temuan Komisi Persaingan Usaha India (Competition Commission of India/CCI), yang menemukan bahwa Amazon dan Flipkart melanggar undang-undang persaingan usaha India.

Kedua marketplace ini dinilai mengarahkan konsumen ke merek smartphone tertentu, sehingga dinilai merugikan perusahaan lain.

Selain itu, keduanya juga memprioritaskan daftar tertentu hingga mamasang diskon besar untuk produk tertentu.

Menurut CCI, Samsung, Xiaomi, Motorola, Realme dan OnePlus adalah beberapa merek yang berkomunikasi dengan Amazon untuk meluncurkan smartphone secara eksklusif di toko online tersebut.

Baca juga: Google Dinyatakan Bersalah soal Gugatan Monopoli Mesin Pencari

 Praktik yang sama dilakukan Flipkart bersama Samsung, Xiaomi, Motorola, Vivo, Lenovo hingga Realme.

Padahal praktik itu melanggar hukum persaingan usaha di India. Direktur CCI, G.V. Siva Prasad juga menegaskan bahwa eksklusivitas dalam bisnis adalah hal yang tidak etis dan bertentangan dengan prinsip persaingan yang adil serta kepentingan konsumen.

CCI menemukan pula bahwa Amazon dan Flipkart memanfaatkan dana investasi untuk memberikan subsidi pada layanan seperti pergudangan hingga investasi ke sejumlah penjual tertentu.

Menyusul temuan itu, CCI meminta berbagai vendor smartphone seperti disebutkan di atas untuk menyetorkan laporan keuangan mereka selama tiga tahun fiskal hingga 2024, yang sudah disertifikasi oleh auditor.

Selanjutnya, CCI akan melakukan peninjauan termasuk bila terdapat argumen yang keberatan atas temuannya.

Menurut sumber dalam, CCI juga bisa saja menjatuhkan denda hingga mewajibkan perusahaan terkait untuk mengubah praktik bisnis mereka.

Namun, baik Flipkart, Amazon, maupun berbagai vendor smartphone yang tercatatut pada laporan CCI belum memberikan tanggapan. Hanya Xiaomi yang memilih menolak berkomentar.

Persaingan bisnis online dan offline

Penyelidikan bisnis Amazon dan Flipkart di India sebenarnya sudah berlangsung pada tahun 2020.

Saat itu, asosiasi peritel terbesar India atau disebut Confederation of All India Traders yang menghimpun sekitar 80 juta anggota, melaporkan kedua marketplace populer itu dan vendor smartphone ke CCI.

Baca juga: Amazon Jadi Perusahaan 2 Triliun Dollar AS

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat