cpu-data.info

Awas! iPad Jangan Update ke iPadOS 18 Dulu, Bisa "Freeze"

Apple resmi meluncurkan iPad Pro 2024 di acara Apple Event, Selasa (7/6/2024).
Lihat Foto

- Selain iOS 18, Apple juga menggulirkan pembaruan sistem operasi iPad 18 ke pengguna iPad mulai Senin (16/9/2024).

Namun sejumlah pengguna yang segera mengupdate ke sistem operasi terbaru itu, mengeluhkan bahwa iPad mereka berhenti berfungsi alias freeze mendadak.

Masalah ini dialami oleh sejumlah pengguna seperti pengguna iPad Pro termasuk iPad Pro terbaru dengan chip M4.

Masalahnya serupa, tetapi dampaknya bervariasi. Salah seorang pengguna iPad Pro yang merupakan jurnalis Forbes bercerita bahwa tablet miliknya juga nge-freeze. Namun setelah beberapa waktu iPad Pro tersebut kembali normal dan berfungsi semestinya.

Dia juga memperbarui iPad Air miliknya, dan berjalan mulus tanpa kendala.

Baca juga: Daftar iPad yang Kebagian iPadOS 18 dan Jadwal Rilisnya

Sementara seorang pengguna iPad Pro M4 13 inci bercerita lewat forum online Reddit bahwa tablet miliknya mati saat sedang memproses update iPadOS 18. Sayangnya tablet itu juga tidak dapat dinyalakan lagi, walaupun disambungkan ke komputer.

iPad Pro 2024 terdiri dari dua model, yakni 11 inci dan 13 inci.Apple iPad Pro 2024 terdiri dari dua model, yakni 11 inci dan 13 inci.

Walhasil, pengguna iPad Pro M4 itu membawa tabletnya ke Apple Store. Staf Apple Store kemudian menyatakan bahwa pengguna akan dipesankan tablet pengganti.

Belum diketahui apa penyebab masalah itu terjadi, atau apa bug yang mungkin ada di update iPadOS sehingga membuat iPad berhenti berfungsi.

Menurut outlet media MacRumors, masalah itu tampaknya terkait dengan pembaruan iPadOS 17.7 yang dipasang sebelum iPadOS 18. Kendati begitu, jurnalis Forbes menyatakan dirinya bahkan tidak menginstal iPadOS 17.7, melainkan langsung ke iPadOS 18, tetapi tetap terdampak bug.

Baca juga: Tablet iPad Pro 2024 Disiksa dan Dibengkokkan, Ternyata Mudah Patah

Adapun Apple belum memberikan keterangan apapun perihal musabab yang membuat iPad nge-freeze setelah update.

Apple tarik update iPadOS 18

Walaupun masalah ini tidak dialami oleh seluruh pengguna iPad Pro, Apple pada akhirnya menarik update iPadOS 18. Artinya, tidak lagi tersedia update iPadOS 18, utamanya untuk iPad Pro M4 karena menjadi perangkat yang dampaknya paling signifikan.

"Kami telah menghapus update iPadOS 18 untuk iPad Pad M4 sementara, karena kami berupaya mengatasi masalah yang memengaruhi sejumlah perangkat," demikian pernyataan Apple dikutip dari MacRumors, Rabu (18/9/2024).

Perusahaan berlogo buah apel ini juga menerangkan pihaknya akan menyediakan lagi update, setelah masalahnya teratasi. Namun tanpa membagikan rincian tanggal update baru tersedia nanti.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat