cpu-data.info

Tablet iPad Pro 2024 "Disiksa" dan Dibengkokkan, Ternyata Mudah Patah

YouTuber JerryRigEverything mencoba membengkokkan iPad Pro 2024 13 inci.
Lihat Foto

- YouTuber teknologi dari kanal YouTube JerryRigEverything, Zack Nelson gemar membuat video pengujian ketahanan perangkat elektronik, seperti smartphone hingga tablet dengan "menyiksa" dan membengkokkannya.

Dalam sebuah video terbaru, Zack menguji ketangguhan bodi tablet teranyar Apple, iPad Pro 2024 yang ditenagai dengan chip M4. Model iPad Pro 2024 yang ia "siksa" kali ini adalah model dengan layar 13 inci.

Pada awalnya, Zack mencoba membengkokkan tablet Apple yang diklaim tertipis tersebut dalam mode landscape berkali-kali. Hasilnya, tablet itu ternyata masih utuh dan tidak hancur.

Ketika dibengkokkan, layar tablet di bagian ujung kiri atas (dekat modul kamera belakang), sebenarnya sempat terlepas dari bingkainya. Namun, layar tersebut kembali menempel dengan sendirinya ketika tablet kembali diluruskan, dan iPad Pro 2024 masih bisa berjalan dengan normal.

Baca juga: Samsung Sindir Iklan Apple iPad Pro: Kreativitas Tak Bisa Dihancurin

"Lempengan yang menopang iPad Pro secara horizontal (ketika berada di posisi landscape) membuat tablet ini cukup kuat ketika dibengkokkan," ujar Zack, dikutip KompasTekno dari kanal YouTube JerryRigEverything, Senin (20/5/2024).

Meski demikian, ada kejadian berbeda ketika iPad Pro 2024 dibengkokkan dalam posisi portrait (vertikal). Di mode ini, Zack menyebut tablet tersebut mudah dibengkokkan dan patah, lantaran tidak ditopang oleh lempengan yang sama dengan posisi tablet horizontal tadi.

YouTuber JerryRigEverything mencoba membengkokkan iPad Pro 2024 13 inci.YouTube/JerryRigEverything YouTuber JerryRigEverything mencoba membengkokkan iPad Pro 2024 13 inci.

Zack menyebut bahwa titik yang menjadi tumpuan bengkok terletak pada komponen USB-C. Ketika iPad Pro 2024 patah, tablet ini tidak bisa terselamatkan, dan Zack bisa membongkar dan mempreteli "jeroan" perangkat teranyar Apple tersebut. 

"Jikalau Apple menaruh lempengan yang sama di dekat konektor USB-C, maka iPad Pro 2024 kemungkinan tidak akan patah ketika saya bengkokkan dalam mode vertikal," imbuh Zack. 

Sebelum membengkokkan dan mematahkan iPad Pro 2024, Zack juga menguji beberapa komponen luar tablet tersebut. 

Layar iPad Pro 2024 yang mengusung panel Ultra Retina Tandem OLED, diklaim cukup kuat karena mampu menahan goresan benda sehari-hari, seperti kunci, besi, dan lain sebagainya. 

Baca juga: Belum Banyak yang Tahu, Logo Apple di iPad Pro 2024 Punya Fungsi Tersembunyi

Zack selalu menggunakan ukuran tingkat kekerasan layar alias Mohs Scale of Hardness dengan skala 2 hingga 7. Jika layar berbahan plastik, maka ia akan tergores benda tajam di level 2-4.

Lalu apabila kaca, layar akan tergores di level 5-7. Sementara apabila layar berbahan safir, maka ia akan tergores di level 8-9.

"Layar iPad Pro 2024 tergores di level 6, sedangkan efek goresan akan semakin dalam di level 7. Layar ini juga akan tetap kuat dan tidak berubah menjadi hitam ketika dibakar," kata Zack, sembari memuji tingkat kemulusan lapisan layar tablet tersebut. 

Selain layar, Zack juga menguji ketangguhan bingkai dan punggung iPad Pro 2024 yang berbahan aluminum. Hasilnya, perangkat akan mudah digores apabila pengguna memakai benda-benda tajam, seperti pisau atau cutter.

Penasaran bagaimana Zack menyiksa dan membengkokkan iPad Pro 2024? Videonya bisa ditonton di jendela pemutar video berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat