cpu-data.info

Chat Gamer di Discord Kini Tidak Bisa Diintip Hacker

Ilustrasi Discord
Lihat Foto

- Aplikasi perpesanan yang biasa digunakan gamer, Discord, merilis fitur keamanan enkripsi ujung ke ujung (end to end encryption/E2EE) untuk Discord versi desktop dan mobile, pada Selasa (17/9/2024).

Sistem keamanan yang diberi nama "DAVE" ini, memastikan panggilan suara (voice chat) dan video (video call) di Discord tidak bisa diintip oleh pihak ketiga yang tak diinginkan.

Discord pun tidak akan mengetahui apa yang dibicarakan pengguna dalam voice chat dan video call.

Kehadiran fitur baru Discord yang mirip dengan enkripsi WhatsApp, iMessage, Facebook Messenger, dll ini sebelumnya diumumkan pada Agustus 2023 lalu.

Kini, Discord telah mengumumkan perilisan fitur tersebut lewat blog resminya.

Baca juga: Discord PHK 17 Persen Karyawan, Imbas Kebanyakan Merekrut Pegawai

"Hari ini, kami akan mulai melakukan migrasi panggilan suara dan video di direct message (DM), DM untuk grup, kanal suara, dan streaming Go Live menggunakan E2EE," tulis Stephen Birarda selaku Software Engineer on Audio/Video Infrastructure di Discord.

"Anda akan dapat mengonfirmasi bahwa panggilan video dan suara telah dienkripsi, dan melakukan verifikasi terhadap anggota lain dalam panggilan tersebut," sambung Birarda.

Birarda melanjutkan, pesan teks (private message) di Discord tidak akan dilindungi enkripsi.

Pesan di Discord akan terus mengikuti pendekatan moderasi aplikasi tersebut, misalnya menggunakan model machine learning untuk mendeteksi konten sensitif di chat.

Juru bicara Discord, Kellyn Stone menjelaskan bahwa aplikasi perpesanan instan tersebut, saat ini belum memiliki rencana untuk membawa fitur enkripsi ke direct message dan obrolan grup (group chat).

Bisa verifikasi

Discord menghadirkan fitur enkripsi ujung ke ujung untuk panggilan video dan suara.Discord Discord menghadirkan fitur enkripsi ujung ke ujung untuk panggilan video dan suara.
Secara teknis, Discord menggunakan teknologi WebRTC Encoded Transforms, Messaging Layer Security (MLS), dan kunci Elliptic Curve Digital Signature Algorithm (ECDSA) untuk fitur enkripsinya ini.

Fitur enkripsi ini nantinya akan memunculkan menu baru bernama "Privacy" di "Voice Details" aplikasi Discord.

Adapun "Voice Details" bisa diakses dengan bergabung di voice chat atau video call Discord, dan menekan tombol "Voice Connected" di sebelah kanan ikon sinyal. Menu "Privacy" akan muncul di sebelah kanan menu "Connection".

Di sini, pengguna akan melihat gembok berwarna hijau yang ditemani tulisan "End-to-end encrypted" alias terenkripsi dari ujung ke ujung.

Di bawahnya, terdapat teks "Hanya Anda dan teman Anda dalam panggilan ini yang bisa mendengar Anda. Tidak ada pihak lain, termasuk Wumpus (nama maskot Discord), yang bisa mendengar pembicaraan Anda."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat