cpu-data.info

Pionir Semikonduktor Modern Sehat Sutardja Meninggal Dunia

Pendiri dan mantan CEO Marvell Technology, Sehat Sutardja meninggal dunia di usia 63 tahun.
Lihat Foto

- Pendiri dan mantan CEO Marvell Technology, Sehat Sutardja, meninggal dunia di usia 63 tahun.

Kabar duka ini disampaikan oleh perwakilan dari perusahaan Alphaware IP Group, di mana ia menjabat sebagai Direktur Eksekutif.

"Demi menghormati keluarga, tidak ada rincian lebih lanjut yang bisa diberikan untuk saat ini, dan media tidak diperkenankan untuk menghubungi langsung keluarga selama masa duka," terang perwakilan Alphaware, dirangkum KompasTekno dari London South East, Kamis (19/9/2024).

Pihak Alphaware melanjutkan, posisi yang ditinggalkan mendiang, akan diisi oleh Weili Dai, istri Sehat Sutardja.

"(Weili Dai) akan mengabdikan sisa hidupnya untuk meneruskan warisan luar biasa suaminya bersama anak-anaknya, dan tim-tim hebatnya untuk melanjutkan inovasi karya-karyanya," imbuh pewakilan Alphaware.

Baca juga: Infineon Bangun Pabrik Semikonduktor di Malaysia, Terbesar di Dunia

Profil Sehat Sutardja

Selama ini, Sehat Sutardja dikenal sebagai salah satu pionir semikonduktor modern asal Indonesia. Sehat Sutardja lahir di Jakarta tahun 1961.

Ia pernah mengenyam pendidikan teknik elektro di Iowa State University. Ia juga mendapat gelar Master of Science dan Doktor dalam bidang teknik elektro dan ilmu komputer, dari University of California, Berkeley.

Di universitas kenamaan itu juga, ia bertemu dengan Waili Dai, yang kemudian menjadi istrinya.

Tahun 1995, Sehat membangun Marvell Technology dengan saudaranya Pantas Sutardja. Perusahaan ini menjadi salah satu produsen chip terbesar di dunia.

Pertumbuhan perusahaan ini didorong oleh adopsi internet global yang terus melesat. Pada tahun 2000, Marvell Technology melantai di bursa saham Nasdaq.

Baca juga: 15 Perusahaan Semikonduktor Terbesar di Dunia, Ada Intel dan Qualcomm

Kemudian, pada tahun 2021, Sehat mendirikan perusahaan pembuat chip baru yang berpusat di Singapura, bernama Silicon Box.

Menurut Forbes, kekayaan bersih Sehat Sutardja ditaksir mencapai 1,3 miliar dollar AS (sekitar Rp 19,8 triliun).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat