cpu-data.info

Office LTSC 2024 Resmi, Tanpa Internet dan Tak Perlu Berlangganan

Office LTSC 2024
Lihat Foto

- Setelah diperkenalkan pada Maret lalu, Microsoft akhirnya resmi merilis perangkat lunak (software) produktivitas baru bernama Office Long Term Servicing Channel (LTSC) 2024 pekan ini. 

Office LTSC 2024 merupakan versi Microsoft Office yang tak memerlukan biaya berlangganan, tidak seperti berbagai aplikasi Microsoft Office yang sudah tergabung ke dalam layanan Microsoft 365. 

Artinya, para perusahaan atau pelanggan bisnis bisa membeli lisensi Office LTSC 2024 hanya satu kali dan memilikinya secara permanen.

Selain itu, Office LTSC 2024 juga tidak memerlukan koneksi internet ketika dipakai, serta tidak membutuhkan pembaruan (update) secara berkala. Sebab, software ini memang dirancang supaya tidak mendapatkan fitur baru hingga lima tahun ke depan. 

Baca juga: Microsoft Pisahkan Langganan Office 365 dan Teams

Menurut Microsoft, Office LTSC 2024 merupakan software yang tepat bagi para pelanggan bisnis di beberapa industri, terutama mereka yang tak ingin pembaruan Microsoft Office mengganggu sistem komputer mereka.

"Office LTSC 2024 juga hadir untuk perangkat yang memang dirancang supaya tetap aman dan tak terhubung dengan internet, atau perangkat di sebuah layanan publik yang tak memerlukan pembaruan secara berkala," kata perwakilan Microsoft dalam blog resmi mereka.

Karena tak terhubung dengan internet, maka Office LTSC 2024, lanjut Microsoft, juga opsi tepat bagi para perusahaan yang tidak ingin dihantui dengan berbagai peretas (hacker) yang berkeliaran di dunia maya, lantaran memang tak memerlukan koneksi internet.

Ada Word, Excel, PowerPoint, dkk

Nah, di dalam Office LTSC 2024, pengguna akan bisa menggunakan sejumlah aplikasi esensial yang biasa ditemui di Microsoft Office dan Microsoft 365. Beberapa di antaranya seperti Microsoft Word, Excel, PowerPoint, Outlook, OneDrive, OneNote, hingga Access. 

Meski demikian, di aplikasi ini, pengguna tidak bisa mengedit dokumen mereka di beberapa perangkat lainnya, seperti aplikasi Office di smartphone, secara langsung. Sebab, dokumen pengguna hanya akan tersimpan di perangkat, tidak di internet (cloud) seperti Microsoft 365.

Baca juga: Microsoft Akan Hapus Control Panel Windows, Ini Gantinya

Seperti disebutkan di atas, Office LTSC 2024 tidak akan mendapatkan pembaruan fitur, namun Microsoft akan tetap mengirimkan sejumlah pembaruan fitur keamanan apabila diperlukan.

Selain itu, Microsoft juga memberikan dukungan pemakaian (support) untuk software ini selama lima tahun ke depan lewat kebijakan Fixed Lifecycle Policy. Artinya, pelanggan tak perlu khawatir apabila ada masalah terkait pemakaian software produktivitas Microsoft tersebut.

Untuk ketersediaan, Office LTSC 2024 sudah bisa dijajal para pelanggan bisnis, komersil, dan pemerintahan berstatus "volume licensed" atau yang sudah membeli lisensi Office untuk satu perusahaan mulai hari ini.

Rencananya, Office LTSC 2024 bagi pengguna umum dan bisnis baru akan tersedia pada 1 Oktober 2024 mendatang. 

Informasi mengenai ketersediaan Office LTSC 2024 untuk pengguna umum (consumer) akan disampaikan Microsoft dalam beberapa minggu ke depan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Microsoft.com, Rabu (18/9/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat