cpu-data.info

Xiaomi Juga Bikin Smartphone Layar Lipat Tiga seperti Huawei dan Oppo?

Xiaomi Mix Fold 4
Lihat Foto

- Xiaomi dilaporkan mengikuti tren ponsel lipat tiga, seperti vendor smartphone lainnya termasuk Huawei hingga Tecno. Kabar ini mencuat setelah seorang tipster China membagikan rumor tersebut lewat media sosial Weibo.

Menurut tipster dengan nama akun Smart Pikachu di jejaring Weibo, Xiaomi sedang mengembangkan ponsel layar lipat tiga. Klaim ini diunggah tipster tersebut di Weibo pada akhir Agustus lalu.

Berbeda dari ponsel lipat yang beredar di pasaran saat ini, ponsel tiga lipatan memiliki tiga bagian yang terlipat. Karena lipatannya lebih banyak, ukuran layarnya juga lebih besar dibanding ponsel lipat yang ada, khususnya ketika layar dibentangkan sepenuhnya.

Baca juga: Wujud Asli HP Lipat Tri-Fold Huawei Tertangkap Kamera

Rumor soal ponsel tiga lipatan Xiaomi ini masih cukup minim. Tidak ada informasi lainnya yang disebutkan oleh tipster itu. Walhasil, desain maupun spesifikasi ponsellipat tiga Xiaomi masih misterius.

Ponsel lipat sendiri tergolong smartphone flagship, termasuk bagi Xiaomi. Oleh karena itu outlet media Gizmochina menilai, ada kemungkinan smartphone lipat tiga Xiaomi dilengkapi dengan chipset premium Snapdragon, kamera Leica sebagaimana ponsel flagship Xiaomi lainnya.

Smartphone ini konon dilengkapi antarmuka HyperOS 2.0 dan ditaksir bakal rilis tahun 2025.

Adapun sejauh ini Xiaomi sudah menelurkan ponsel lipat dengan konsep lipat seperti buku seperti Mix Fold 4 dan Mix Flip dengan konsep lipat seperti cangkang kerang alias clamshell.

Bila bocoran dari tipster di atas akurat, maka ini akan memperluas katalog ponsel lipat Xiaomi di waktu mendatang.

Huawei, Oppo dan Tecno kembangkan ponsel lipat tiga

Diwartakan sebelumnya, vendor smartphone Huawei dan Oppo juga dilaporkan mengembangkan ponsel lipat tiga. CEO Consumer Business Group Huawei, Yu Richard bahkan kedapatan memakai ponsel itu dengan layar dibentangkan sepenuhnya hingga menyerupai tablet.

CEO Huawei untuk Consumer Business Group, Richard Yu, tengah memegang sebuah ponsel dengan layar besar, mirip seperti tablet. Ponsel ini dipercaya sebagai smartphone lipat tiga (tri-foldable) pertama Huawei.TechRadar CEO Huawei untuk Consumer Business Group, Richard Yu, tengah memegang sebuah ponsel dengan layar besar, mirip seperti tablet. Ponsel ini dipercaya sebagai smartphone lipat tiga (tri-foldable) pertama Huawei.

Tipster gadget di forum Weibo, Digital Chat Station, mengeklaim bahwa ponsel yang digunakan Yu itu, sama seperti purwarupa (prototype) yang pernah digunakannya dalam tahap penelitian dan pengembangan (R&D) gawai lipat itu.

Tipster itu mengatakan bahwa perangkat ini memiliki fitur lipatan ke dalam dan keluar dengan mekanisme engsel ganda (dual hinge mechanism).

Ukuran layar gawai ini diperkirakan sekitar 10 inci, dan bekas lipatan layar dibuat sesamar mungkin.

Baca juga: Oppo Pamer Konsep Ponsel Layar Lipat Tiga

Sebagai perbandingan, ponsel lipat Samsung Galaxy Z Fold 6 mengusung layar utama berukuran 7,6 inci, sedangkan Vivo X Fold 3 Pro memiliki layar utama berbentang 8,03 inci.

Artinya, ponsel tri-foldable Huawei ini punya layar lebih besar dibanding dua ponsel lipat itu, apabila bocoran ini benar.

Selain Huawei, Oppo juga ikut mengembangkan ponsel lipat tiga. Render tiga dimensi (3D) ponsel lipat tiga Oppo juga sudah dibagikan oleh Product Manager Oppo Find series, Zhou Yibao di forum Weibo. Oppo Find sendiri merupakan nama yang diberikan untuk smartphone foldable bikinan perusahaan itu.

Konsep ponsel lipat tiga yang dipamerkan OppoGSMArena Konsep ponsel lipat tiga yang dipamerkan Oppo

Begitu pula dengan Tecno yang sudah memamerkan ponsel konsep lipat tiga bertajuk Phantom Ultimate 2. Ponsel lipat tiga dengan mekanisme lipatan buku ini memiliki layar yang bisa menyaingi layar tablet.

Tecno mengeklaim ponsel lipat tiga ini menjadi smartphone foldable pertama yang menggunakan teknologi TDDI, yang menempatkan driver display dan sensor sentuh dalam satu chip.

Tecno pamer ponsel lipat tiga Phantom Ultimate 2. Ponsel ini masih berupa ponsel konsep. Tecno Tecno pamer ponsel lipat tiga Phantom Ultimate 2. Ponsel ini masih berupa ponsel konsep.

Ponsel lipat ini juga tipis, dengan ketebalan 11 mm ketika dilipat. Lipatan ini sudah diuji hingga 300.000 kali, sehingga bisa dibilang tangguh, sebagaimana dikutip KompasTekno dari GSMArena, Sabtu (7/9/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat