cpu-data.info

WhatsApp Siapkan Fitur Sinkronisasi Kontak, Fungsinya?

Cara mengatasi status WA tidak ada suara.
Lihat Foto

- WhatsApp (WA) dilaporkan tengah menyiapkan fitur baru, yakni "sinkronisasi kontak" yang bakal memudahkan pengguna mengelola kontak WhatsApp.

Saat ini, pengguna WhatsApp bisa menggunakan dua nomor WhatsApp berbeda di satu aplikasi WhatsApp mobile. Ini berkat fitur Multiple Accounts yang dirilis pada akhir 2023 lalu.

Karena login di satu ponsel yang sama, dua akun WA ini memiliki beberapa kontak yang sama. Nah, dengan fitur sinkronisasi kontak ini, pengguna akan dapat mengontrol bagaimana kontak disinkronkan untuk setiap akun secara independen.

Pada skenario pertama, pengguna bisa mengaktifkan sinkronisasi kontak di kedua akun. Nanti, WhatsApp akan otomatis menyalin kontak di akun WA pertama ke akun WA kedua, begitu sebaliknya. Jadi, dua nomor WA pengguna punya daftar kontak yang sama.

Baca juga: Cara Memindahkan WhatsApp ke HP Baru dengan Nomor Berbeda Tanpa Kehilangan Chat

Skenario kedua, pengguna bisa menonaktifkan sinkronisasi kontak di akun WA keduanya. Ini berguna bagi pengguna yang ingin memisahkan kontak kantor dan pribadi.

WhatsApp dilaporkan tengah menyiapkan fitur baru sinkronisasi kontak yang bakal memudahkan pengguna mengelola kontak WhatsApp di dua akun berbeda, secara independen. WABetaInfo WhatsApp dilaporkan tengah menyiapkan fitur baru sinkronisasi kontak yang bakal memudahkan pengguna mengelola kontak WhatsApp di dua akun berbeda, secara independen.
Menurut WABetaInfo, situs yang kerap membocorkan fitur baru WA, WhatsApp juga menyediakan opsi sinkronisasi manual untuk setiap kontak. Dengan ini, pengguna tetap dapat memilih untuk menyinkronkan kontak tertentu dari akun mereka sesuai kebutuhan, tanpa harus menyinkronkan seluruh kontak.

Menyinkronkan kontak secara manual juga akan memastikan bahwa kontak tersebut tersedia di semua perangkat yang terhubung (misal HP kedua, laptop kantor, dll), sehingga pengguna dapat mengakses kontak tersebut secara permanen.

Selain itu, pengguna akan dapat membatalkan sinkronisasi kontak yang sebelumnya disinkronkan jika mereka tidak lagi menginginkan kontak itu tersedia di perangkat yang terhubung.

Baca juga: 2 Cara Mengembalikan Foto WhatsApp yang Terhapus Tanpa Dicadangkan, Mudah

WABetaInfo menyebut, kontak yang disinkronkan pengguna ke akun mereka akan dicadangkan dengan aman jika mereka memilih untuk mengaktifkan opsi pencadangan kontak baru dari pengaturan privasi.

Dengan pencadangan, pengguna bisa dengan mudah memulihkan daftar kontak jika pengguna menautkan akun mereka ke perangkat baru atau menginstal ulang aplikasi.

Fitur privasi untuk mengelola sinkronisasi kontak sedang dalam pengembangan. Jadi, belum ada informasi kapan fitur ini akan bisa dinikmati pengguna WhatsApp secara luas, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari WABetaInfo, Jumat (6/9/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat