cpu-data.info

2 Cara Mengembalikan Foto WhatsApp yang Terhapus Tanpa Dicadangkan, Mudah

Cara mengembalikan foto WA yang hilang tanpa dicadangkan.
Lihat Foto

- Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa panduan dalam mengelola media yang terkirim di ruang obrolan WhatsApp atau biasa disingkat WA. Salah satunya seperti cara mengembalikan foto WA yang hilang tanpa dicadangkan.

Foto di WA kadang bersifat penting dan perlu disimpan. Akan tetapi, tak menutup kemungkinan pengguna secara tidak sengaja menghapus foto penting itu, sehingga hilang dari ruang obrolan WhatsApp.

Baca juga: Cara Membuat Scrolling Text WhatsApp buat Bikin Tulisan yang Panjang dan Unik

Agar foto di ruang obrolan WA tersedia lagi, pengguna sebenarnya bisa memulihkannya dengan data cadangan yang terdapat penyimpanan Cloud seperti Google Drive di Android atau iCloud di iPhone.

Namun, untuk memulihkan dengan Google Drive atau iCloud, pengguna perlu melakukan pencadangan atau backup dulu sebelum foto terhapus. Jika foto terhapus tanpa dicadangkan sebelumnya, pengguna tidak akan bisa memulihkan lewat penyimpanan Cloud di WhatsApp.

Akan tetapi, seandainya tidak dicadangkan, bukan berarti tak ada cara untuk mengembalikan foto WA yang hilang. Pengguna pada dasarnya masih bisa mengembalikan foto WA yang terhapus meski sebelumnya tidak dicadangkan di Cloud.

Lantas, bagaimana cara mengembalikan foto WhatsApp yang hilang tanpa dicadangkan? Jika mengalami masalah foto WA terhapus, tetapi tidak dicadangkan sebelumnya, pengguna tak usah bingung.

Artikel ini bakal menjelaskan soal cara mengembalikan foto WA yang terhapus tanpa dicadangkan. Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengembalikan foto WA yang terhapus tanpa dicadangkan dengan mudah.

Cara mengembalikan foto WA yang hilang tanpa dicadangkan

Cara mengembalikan foto WA yang hilang tanpa dicadangkan itu pada dasarnya cukup mudah. Dalam cara ini, pengguna tak perlu repot-repot memakai aplikasi tambahan buat mengembalikan foto WA yang hilang tanpa dicadangkan sebelumnya.

Cara mengembalikan foto WA yang terhapus tanpa dicadangkan dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur bawaan. Setidaknya, terdapat dua cara mengembalikan foto WA yang hilang tanpa dicadangkan yang bisa dilakukan pengguna.

Baca juga: 2 Cara Menghapus Akun WhatsApp yang Nomornya Sudah Tidak Aktif, Mudah

Pertama, pengguna bisa memanfaatkan fitur urungkan hapus pesan. Kemudian, pengguna bisa memeriksa galeri HP untuk mengembalikan foto WA yang hilang tanpa dicadangkan.

Adapun penjelasan dari masing-masing cara mengembalikan foto WA yang hilang tanpa dicadangkan itu adalah sebagai berikut.

1. Cara mengembalikan foto WA yang terhapus tanpa dicadangkan dengan cek galeri HP

Cara mengembalikan foto WA yang terhapus tanpa dicadangkan, yang pertama adalah dengan memeriksa atau cek galeri HP.

Sebagai informasi, WhatsApp menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna buat menyimpan foto yang terkirim di ruang obrolan ke galeri HP secara otomatis.

Dengan fitur itu, saat foto diterima di ruang obrolan, foto bakal secara otomatis terunduh dan tersimpan di galeri HP. Fitur ini akan otomatis aktif di WA Android. Jika di WA iPhone, fitur ini bisa diaktifkan di opsi “Save to Photos pada menu pengaturan chat.

Jika fitur aktif, foto yang terhapus di WhatsApp masih memiliki cadangan di galeri HP. Jadi, ketika foto di ruang obrolan WA tak sengaja terhapus, file foto masih tersedia di galeri HP dan pengguna bisa mengirimnya kembali ke WA.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat