cpu-data.info

Cara Memindahkan WhatsApp ke HP Baru dengan Nomor Berbeda Tanpa Kehilangan Chat

Cara memindahkan WhatsApp ke HP baru yang nomornya sudah tidak aktif.
Lihat Foto

- Terdapat beberapa panduan pengelolaan akun WhatsApp yang perlu diketahui pengguna. Salah satu panduan itu seperti cara memindahkan WhatsApp ke HP baru dengan nomor berbeda tanpa kehilangan chat dan semua data lainnya.

Transfer atau memindahkan WhatsApp ke HP baru pada dasarnya bisa menggunakan nomor telepon yang sama. Akan tetapi, hal itu bakal sulit dilakukan jika nomor telepon yang jadi akun WhatsApp dalam kondisi masa aktif habis atau sudah hangus.

Baca juga: 4 Cara Memindahkan WhatsApp ke HP Baru Tanpa Menghilangkan Chat

Memindahkan WhatsApp ke HP baru memerlukan nomor telepon yang aktif. Fungsinya agar pengguna dapat menerima kode verifikasi untuk login di WhatsApp HP baru. Jika nomornya sudah tak aktif, pengguna tak akan bisa login di WhatsApp HP baru.

Agar bisa login WhatsApp di HP baru saat dipindah, pengguna perlu mengganti nomor yang sudah tidak aktif dengan nomor baru yang berbeda. Namun, menggantinya tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Pasalnya, jika pengguna mengganti nomor dengan menggunakan nomor baru untuk registrasi akun WhatsApp baru, semua data di WhatsApp HP lama, seperti chat, grup, kontak, dan lainnya, tidak bakal bisa dipulihkan di WhatsApp HP baru.

Untuk itu, pengguna perlu mengetahui cara memindahkan WhatsApp ke HP baru dengan nomor berbeda tanpa kehilangan chat. Lantas, bagaimana cara memindahkan WhatsApp ke HP baru dengan nomor berbeda tanpa kehilangan chat?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara memindahkan WhatsApp ke HP baru dengan nomor berbeda tanpa kehilangan chat.

Cara memindahkan WhatsApp ke HP baru dengan nomor berbeda

Cara memindahkan WhatsApp ke HP baru dengan nomor berbeda karena nomor lama tak aktif itu cukup mudah. Setidaknya, terdapat dua langkah untuk bisa memindahkan WhatsApp ke HP baru dengan nomor berbeda tanpa kehilangan chat.

Pertama, pengguna perlu mengganti nomor WhatsApp yang sudah tidak aktif di HP lama. Pergantian nomor ini tidak akan menghapus data WhatsApp pengguna. Setelah diganti, pengguna bisa memindahkan WhatsApp ke HP baru dengan nomor baru.

Baca juga: 3 Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus, Mudah dan Praktis

Adapun penjelasan yang lebih detail soal dua langkah dalam cara memindahkan WhatsApp ke HP baru dengan nomor berbeda itu adalah sebagai berikut.

Mengganti nomor WhatsApp yang tidak aktif di HP lama

Dalam cara ini, langkah pertama yang harus dilakukan pengguna adalah mengganti nomor WhatsApp yang tidak aktif di HP lama. Langkah ini diperlukan agar pengguna nanti dapat menerima kode verifikasi buat login WhatsApp di HP baru.

Pergantian nomor ini tidak akan menghapus data WhatsApp pengguna. Ketika nomor diganti, data chat, kontak, grup, dan lainnya, bakal tetap tersedia. Data itu bakal bisa ikut berpindah ke WhatsApp HP baru.

Pergantian nomor WhatsApp hanya dilakukan buat bisa menerima kode verifikasi untuk login di WhatsApp HP baru tanpa kehilangan data. Sebelum mengganti nomor WhatsApp, ada beberapa syarat yang perlu diketahui sebagai berikut:

  • Pastikan nomor telepon baru telah aktif, sehingga dapat menerima SMS dan telepon.
  • Pastikan nomor lama yang hendak diganti masih terdaftar atau dipakai login di WhatsApp HP lama.
  • Pergantian nomor harus dilakukan sebelum memindahkan WhatsApp ke HP baru.
  • Pergantian nomor WhatsApp harus dilakukan di HP lama.

Setelah memahami syaratnya, adapun cara mengganti nomor WhatsApp yang tidak aktif agar nanti bisa memindahkan data dan akun WhatsApp ke HP baru adalah sebagai berikut:

  • Pasang nomor baru yang aktif di HP lama.
  • Buka aplikasi WhatsApp di HP lama yang nomornya tidak aktif dan hendak diganti dengan nomor baru.
  • Setelah itu, pilih menu “Settings” atau “Setelan”.
  • Kemudian, pilih menu pengaturan “Account”.
  • Klik opsi “Change number” atau “Ganti Nomor dan tekan “Lanjut”.
    Ilustrasi cara memindahkan WhatsApp ke HP baru dengan nomor berbeda tanpa kehilangan chat, dengan mengganti nomor./Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara memindahkan WhatsApp ke HP baru dengan nomor berbeda tanpa kehilangan chat, dengan mengganti nomor.
  • Masukkan nomor telepon laman dan nomor telepon baru, lalu tekan “Lanjut”.
  • Berikutnya, pengguna bisa mengaktifkan opsi “Beri tahu kontak” untuk memberi notifikasi ke kontak saat nomor telepon berganti.
  • Pengguna bisa memilih memberi tahu semua kontak, kontak yang ada di daftar chat, atau kontak tertentu. Semua grup yang diikuti akan otomatis diberi tahu.
  • Setelah mengatur pemberitahuan pergantian nomor, klik opsi “Selesai”.
  • Terakhir, masukkan kode verifikasi atau kode OTP yang dikirim WhatsApp ke nomor telepon baru dan nomor akan berhasil diganti dengan yang baru. Semua data WhatsApp di akun nomor lama bakal tetap tersedia di akun nomor baru.

Ilustrasi cara memindahkan WhatsApp ke HP baru dengan nomor berbeda tanpa kehilangan chat, dengan mengganti nomor./Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara memindahkan WhatsApp ke HP baru dengan nomor berbeda tanpa kehilangan chat, dengan mengganti nomor.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat