cpu-data.info

Trik Upload Feed ke IG Stories, Foto Jadi Background biar Lebih Estetik

Trik Bagikan Feed ke Instagram Stories, Pakai Foto sebagai Background Biar Lebih Estetik. Caranya pakai fitur Instagram Layer.
Lihat Foto

- Kreator konten biasanya membagikan posting carousel foto di feed (linimasa) ke Instagram Stories juga, dengan fitur "Add to Story".

Tujuannya untuk menjangkau audiens yang lebih luas atau sekadar mengabarkan pengikutnya (follower) terkait posting feed baru.

Ketika membagikan carousel, secara bawaan, tampilan Instagram Stories akan terlihat sangat biasa dan standar.

Secara bawaan, feed hanya akan ditampilkan di atas latar belakang (background) yang mengikuti warna dominan di posting feed yang dibagikan.

Ada satu trik yang bisa membuat konten carousel yang dibagikan lewat Instagram Stories menjadi lebih estetik. Caranya adalah dengan menambahkan foto sebagai background dengan fitur Instagram Layer.

Baca juga: Pengguna Instagram Kini Bisa Kirim Komentar di IG Stories, Beda dengan DM

Pengguna cukup membagikan posting feed seperti biasa. Klik ikon panah, kemudian pilih opsi "Add to story".

Selanjutnya, pengguna akan dialihkan ke Instagram Stories.

Di sana, tambahkan foto dengan klik ikon stiker, kemudian pilih foto. Pilih foto dari galeri untuk dijadikan background.

Pengguna tinggal zoom in foto supaya memenuhi layar. Pada posisi ini, feed pengguna tertutup oleh foto background yang baru ditambahkan. Pengguna cukup tekan foto background, lalu geser ke bawah.

Nanti, foto background akan otomatis berada di belakang posting feed yang dibagikan. Hasilnya seperti gambar berikut ini.

Berkat fitur Instagram Layer

Perbedaan feed yang dibagikan ke Instagram Stories tanpa foto background vs dengan foto background./ Galuh Putri Riyanto Perbedaan feed yang dibagikan ke Instagram Stories tanpa foto background vs dengan foto background.
Kemampuan ini ada berkat fitur Instagram Layer. Sesuai namanya, fitur Instagram Layer memungkinkan pengguna mengatur layer (lapisan) elemen teks dan visual (stiker, emoji, countdown, hastag, foto, dll) di Instagram Stories.

Sebelum ada fitur ini, pengguna harus susah payah mengatur posisi elemen teks dan visual yang tumpang tindih di Instagram Stories.

Jika salah pencet, teks atau stiker justru tersembunyi di balik foto.

Nah, dengan fitur layer Instagram, pengguna bisa mengatur layer untuk berada di atas/di bawah elemen lain. Dalam kasus ini, kita membuat foto background menjadi berada di belakang posting feed.

Susunan layer bisa dilihat di ikon garis-garis yang ada di sebelah kiri layer (lihat lingkaran kuning di gambar atas). Semakin banyak elemen teks atau visual, maka akan semakin banyak pula layer yang bisa diatur.

Tak hanya itu, Instagram Layer juga punya opsi kunci posisi elemen visual, diwakilkan dengan ikon gembok (lihat lingkaran kuning di gambar atas).

Baca juga: Cara Membatasi Komentar-komentar di Posting Instagram

 

Jika elemen visual dikunci, maka ukuran dan posisinya tidak bisa dipindahkan, tapi layer-nya tetap bisa diatur.

Menurut pantauan KompasTekno, untuk saat ini, fitur Instagram Layer ini berfungsi optimal untuk membagikan carousel foto ke Instagram Stories.

Itu dia trik bagikan Feed ke Instagram Stories dengan lebih estetik. Selamat mencoba!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat