cpu-data.info

Nvidia Punya Slogan Baru untuk Kartu Grafis GeForce RTX

Ilustrasi kartu grafis berbasis GPU Nvidia GeForce RTX 4070
Lihat Foto

- Nvidia memiliki badge atau logo khusus untuk produk-produk kartu grafis berbasis GPU RTX besutannya. Logo ini mengalami perubahan darri tahun ke tahun, terakhir pada 2018 bersama dengan peralihan dari brand GeForce GTX ke GeForce RTX.

Belakangan, pabrikan tersebut kembali melakukan perubahan dengan menambah slogan berbunyi "Powering Advanced AI". Tagline itu ditambahkan di bawah logo GeForce RTX yang sudah ada sebelumnya.

Alasan Nvidia menambahkan slogan tersebut tidak diketahui dengan jelas. Namun, Nvidia memang kerap menyuarakan keunggulan produk-produk kartu grafisnya dalam menangani pemrosesan AI.

Baca juga: Nvidia Kritik AI PC, Sebut GPU Buatannya Lebih Bertenaga

Logo baru Nvidia GeForce RTX dengan tambahan slogan Powering Advanced AINvidia Logo baru Nvidia GeForce RTX dengan tambahan slogan Powering Advanced AI
Kartu-kartu grafis Nvidia memang menawarkan kinerja pengolahan AI mencapai ratusan, bahkan ribuan TOPS (Tera Operations per Second). Jauh lebih tinggi dibandingkan NPU terintegrasi di prosesor yang memiliki kinerja di kisaran 50-60 TOPS.

Kartu-kartu grafis GeForce RTX dari Nvidia memang dibekali tensor core untuk pengolahan AI. Bahkan model termurah, RTX 4050 Mobile, memiliki 120 tensor core dengan tuning khusus untuk machine learning.

Di luar kemampunan raw power untuk pengolahan AI itu, Nvidia turut mengembangkan dan mendorong fitur-fitur berbasis AI seperti tennologi upscaling DLSS, DLSS Frame Gen, dan DLSS Ray Reconstruction.

Perubahan logo GPU Nvidia dari tahun ke tahunNvidia Perubahan logo GPU Nvidia dari tahun ke tahun
Salah satu fitur AI terbaru di kartu grafis Nvidia adalah ChatRTX, berupa chatbot generative AI yang diproses secara lokal (offline) oleh GPU GeForce RTX. Chat RTX antara lain memungkinkan gamer untuk bertanya soal hal-hal sepeutar game yang dimainkan.

Baca juga: Nvidia Rilis Chatbot AI Chat with RTX, Bekerja Lokal di PC

Nvidia sendiri masih belum mengumumkan slogan "Powering Advanced AI" secara resmi. Namun, sejumlah rekanannya seperti PNY sudah memperbarui branding secara online dengan menyertakan badge baru tersebut.

Pabrikan laptop dan desktop dengan GPU Nvidia kemungkinan akan segera menyusul membubuhkan slogan serupa di produk masing-masing, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tom's Hardware, Rabu (4/9/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat