cpu-data.info

Oppo A3 Resmi di Indonesia, HP Rp 2 Jutaan dengan Standar Militer

Oppo A3 resmi meluncur di Indonesia
Lihat Foto

- Vendor smartphone Oppo merilis ponsel kelas menengah (mid-range) terbarunya, Oppo A3 di Indonesia, Senin (2/9/2024). Sebelumnya, smartphone ini sudah dirilis di China pada Juli 2024 lalu.

Oppo A3 diklaim sebagai salah satu smartphone yang paling kuat di kelasnya. Oppo A3 lolos uji sertifikasi militer MIL-STD-810H untuk Ketahanan Benturan Tingkat Militer serta Sertifikasi Standar SGS.

MIL-STD-810H merupakan standar uji ketahanan yang menguji smartphone di suhu tinggi, tekanan rendah di ketinggian tertentu, suhu rendah, kontaminasi cairan, radiasi sinar matahari, hujan, getaran, guncangan, dan masih banyak lagi.

Smartphone teranyar Oppo ini juga sudah dilengkapi sertifikasi rating IP54 untuk ketahanan air dan debu. Ada pula fitur Splash Touch yang meningkatkan tingkat respons layar ponsel saat basah.

Baca juga: Oppo Pamer Konsep Ponsel Layar Lipat Tiga

Spesifikasi Oppo A3 Indonesia

Oppo A3 dibekali layar LCD berbentang 6,67 inci dengan resolusi HD Plus (1.604 x 720 piksel), refresh rate 90 Hz, touch sampling rate 180 Hz, rasio layar 89,9 persen, kerapatan piksel 264 ppi, dan tingkat kecerahan (brightness) maksimum 1.000 nits.

Layar ponsel tangguh ini sudah dilindungi dengan kaca China Southern dan Panda, sehingga tidak mudah tergores atau retak.

Di tengah atas layar, terdapat sebuah modul berupa lubang (punch hole) yang memuat kamera selfie 5 MP (f/2.2, bidang pandang 78 derajat).

Masih bicara soal kamera, punggung ponsel ini dibekali kamera utama 50 MP (f/1.8, bidang pandang 74 derajat), dan sensor flicker. Kamera belakang ini didukung oleh fitur AI Portrait Retouching, Dual View Video, dan Retouching Video.

Kedua kamera ini ditempatkan dalam modul persegi, bersama sebuah lampu LED flash untuk fotografi dalam kondisi minim cahaya.

Desain punggung ini berbeda dari Oppo A3 versi China, yang mana kamera belakangnya ditempatkan dalam modul lingkaran. 

Oppo A3 Indonesia ditenagai oleh System-on-Chip (SoC) Qualcomm Snapdragon 6S Gen 1. Chipset delapan inti (octa-core) ini mendukung konektivitas 4G, dan memiliki unit pengolah grafis (GPU) Adreno 610.

Chipset tersebut kemudian dipadankan dengan RAM LPDDR4X 8 GB dan media penyimpanan (storage) eMMC 5.1 128 GB.

Bila dirasa kurang, pengguna bisa memanfaatkan fitur RAM Expansion untuk memperluas kapasitas RAM hingga 8 GB, dan menggunakan kartu microSD untuk memperluas storage.

Oppo A3 resmi meluncur di IndonesiaOppo Oppo A3 resmi meluncur di Indonesia
Di sektor daya, Oppo A3 ditunjang oleh baterai berkapasitas 5.100 mAh. Ponsel ini telah lulus uji Perlindungan Kelancaran 50 Bulan Oppo, dengan performa baterai minimal 80 persen dari kapasitas baterai setelah lebih dari empat tahun penggunaan.

Hal ini dimungkinkan oleh teknologi Trinity Engine yang mampu mengatur sumber daya komputasi secara efisien, sehingga memberikan kinerja yang lancar untuk produktivitas dan hiburan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat