cpu-data.info

Intel Janjikan CPU Lunar Lake dan Arrow Lake Tak Terdampak Masalah Ketidakstabilan

Ilustrasi prosesor Intel Core
Lihat Foto

- Prosesor Intel Generasi ke-13 (Raptor Lake) dan ke-14 (Raptor Lake Refresh) dirundung masalah ketidakstabilan berkaitan dengan pasokan voltase yang terlalu tinggi.

Akibat problem yang disebut sebagai "Vmin Shift" itu prosesor-prosesor terdampak rawan mengalami crash, misalnya ketika bermain game, sehingga mengganggu pengguna. Kestabilan produk-produk mendatang dari Intel pun menjadi dipertanyakan.

Berkenaan dengan hal tersebut, Intel pekan lalu mengunggah keterangan yang isinya menjamin bahwa dua keluarga prosesor next-gen besutannya, Lunar Lake dan Arrow Lake, bebas dari masalah ketidakstabilan.

Baca juga: Intel Jelaskan Penyebab Prosesor Gen 13 dan Gen 14 Tidak Stabil

Alasannya, menurut Intel, adalah karena Lunar Lake dan Arrow Lake mengunakan arsitektur baru yang tak terdampak problem dimaksud. "Intel turut memastikan bahwa keluarga produk-produk berikutnya terlindungi darti isu ketidakstabilan Vmin Shift," sebut Intel di situsnya.

Lunar Lake (Core Ultra 200) adalah keluarga prosesor mobile untuk produk laptop tipis dan ringan. Lunar Lake dijanjikan bakal menghadirkan kinerja CPU lebih tinggi dibandingkan pendahulunya, Meteor Lake.

Sementara, keluarga Arrow Lake dioptimalkan untuk kinerja tinggi sebagai penerus Raptor Lake Refresh. Arrow Lake bakal berupa produk prosesor untuk desktop dan laptop high-performance.

Baca juga: Prosesor Menengah Intel Ternyata Juga Terdampak Masalah Rawan Crash

Dihimpun KompasTekno dari Tom's Hardware, Senin (2/9/2024), Intel akan mengumumkan Lunar Lake pada 3 September 2024. Belum ada tanggal resmi untuk Arrow Lake, tapi keluarga prosesor ini diprediksi akan meluncur pada 17 Oktober mendatang.

Daftar prosesor tidak terdampak Vmin Shift

Intel telah merilis update micro code untuk mengatasi masalah Vmin Shift untuk prosesor-prosesor yang terdampak masalah ketidakstabilan. Perbaikan tersebut disalurkan lewat update BIOS oleh masing-masing pabrikan motherboard.

Baca juga: Intel Perpanjang Garansi Prosesor Core Gen-13 dan 14 yang Bermasalah

Meski ada banyak model CPU dari keluarga Raptor Lake dan Raptor Lake Refresh yang rawan crash, tak semua prosesor Intel mengalami masalah ketidakstabilan karena Vmin Shift.

Pabrikan itu ikut merilis daftar prosesor yang tidak terdampak problem Vmin Shift. Selengkapnya sebagai berikut.

- Prosesor desktop dan mobile Intel Core Generasi ke-12
- Prosesor desktop Intel Core i5 dan i3 Generasi ke-13 dan 14 (non-K)
- Prosesor mobile Intel Core Generasi ke-13 dan 14, termasuk seri HX
- Prosesor Intel Xeon, termasuk CPU server dan workstation
- Prosesor Intel Core Ultra (Series 1)

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat