cpu-data.info

Qualcomm Disebut Siapkan Chip Snapdragon X Versi Murah

Ilustrasi chip Qualcomm Snapdragon X Plus
Lihat Foto

- Qualcomm sejauh ini sudah merilis dua model chip Snapdragon X berbasis ARM untuk laptop Windows, yakni Snapdragon X Elite yang memiliki 12 inci CPU dan Snapdragon X Plus dengan CPU 10-core.

Produk-produk laptop yang ditenagai kedua chip tersebut masih dihargai relatif mahal, yakni mulai di kisaran 900 dollar AS (Rp 14 juta) atau lebih.

Namun, keadaan itu boleh jadi akan berubah di masa mendatang karena Qualcomm dikabarkan sedang menyiapkan Snapdragon X versi murah.

Chip tersebut disinyalir memiliki inti CPU berjumlah lebih sedikit dibandingkan saudaranya, hanya 8 buah, dan unit pengolah grafisnya (GPU) juga berkinerja lebih rendah.

Baca juga: Qualcomm Rilis Chip Snapdragon 6 Gen 3, Bawa AI untuk HP Menengah

Dugaan ini disasarkan pada bocoran gambar berisi keterangan spesifikasi chip dimaksud yang diunggah oleh leaker gadget Evan Blass.

Menurut bocoran gambar, meskipun aspek CPU dan GPU dari calon Snapdragon X versi baru tersebut lebih rendah dari versi Elite dan Plus, unit NPU-nya memiliki kinerja yang setara sebesar 45 TOPS sehingga mampu menjalankan fitur-fitur Copilot Plus.

Bocoran gambar berisi keterangan spesifikasi calon chip Snapdragon X baru dari QualcommTwitter/ Evan Blass Bocoran gambar berisi keterangan spesifikasi calon chip Snapdragon X baru dari Qualcomm

Selain itu, turut disebutkan bahwa chip dimaksud juga memiliki dukungan keluaran display ke tiga monitor 4K 60 Hz sekaligus, dibekali kapabilitas 5G dan WiFi 7, serta diproduksi dengan proses fabrikasi 4 nm.

Calon chip Snapdragon X baru ini juga tertulis memiliki jumlah cache total sebesar 30 MB dan kinerja GPU sebesar 1,7 teraflop. Sebagai perbandingan Snapdragon X Plus datang dengan 10 inci CPU, cache 42 MB, serta GPU 3,8 teraflop.

Baca juga: Laptop Lenovo Ini Punya Prosesor Intel dan Snapdragon Sekaligus

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Authority, Senin (2/9/2024) laptop Windows yang ditenagai chip baru itu pun disinyalir bakal dibanderol lebih murah dibanding yang berbasis Snapdragon X Elite atau Plus.

Sayangnya, Blass menyebutkan bahwa penurunan harganya tak akan teralalu jauh, yakni hanya lebih murah 100 dollar AS mulai di kisaran 800 dollar AS (Rp 12,5 juta).

Qualcomm diprediksi bakal mengumumkan chip Snapdragon X baru ini dalam ajang pameran consumer electronics dan home appliances IFA 2024 di Berlin, Jerman, pada 6-10 September 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat