cpu-data.info

Bing Search Kini Tampilkan Hasil Pencarian Buatan AI

Informasi rangkuman AI di Bing.
Lihat Foto

- Mesin pencari (search engine) buatan Microsoft, Bing kini mulai menyertakan informasi seputar hasil pencarian yang dirangkum menggunakan teknologi kecerdasan buatan (artificial intellgence/AI). 

Hal ini disampaikan Microsoft dalam pengumuman pembaruan (update) Bing di bulan Juli 2024 yang dirilis di blog resmi mereka.

Menurut Microsoft, berbagai fitur AI ini mulai hadir di Bing untuk mengurangi dampak berkurangnya jumlah kunjungan ke suatu website, sebagai akibat dari maraknya pengguna yang mencari jawaban lewat aplikasi atau produk AI.

"Rangkuman AI ini tetap melibatkan jumlah kunjungan atau klik (click) dan traffic ke sebuah website, sehingga ini mendukung ekosistem website di internet supaya mereka tetap sehat dan tidak sepi pengunjung," jelas Microsoft dalam blog resminya.

Baca juga: Chatbot AI Bing Ganti Nama Jadi Copilot, Punya Domain Sendiri Mirip ChatGPT

Raksasa teknologi yang dirintis Bill Gates itu melanjutkan bahwa nantinya, rangkuman yang dibuat menggunakan AI akan tampil di bagian paling atas laman hasil pencarian.

Di tampilan tersebut, Bing akan menyelipkan informasi bahwa teks ini adalah buatan AI. Apabila pengguna ingin mengetahui informasi atau fakta lebih lanjut seputar topik yang dicari, maka mereka bisa mengunjungi tautan yang disediakan di bawah rangkuman tersebut. 

"Rangkuman AI ini di hasil pencarian Bing ini akan mengandalkan model bahasa besar dan kecil (large language model/LLM dan small language model/SLM) milik Microsoft," jelas Microsoft.

Situs Bing Search yang kini menampilkan hasil pencarian yang dibuat dengan AI./BILL CLINTEN Situs Bing Search yang kini menampilkan hasil pencarian yang dibuat dengan AI.

"Dalam prosesnya, AI akan meninjau sejumlah informasi yang didapat, serta mencocokkannya dengan informasi lainnya seputar topik yang dicari pengguna, sebelum dapat merangkum informasi tersebut. Dengan begitu, hasil pencarian akan semakin efektif," tambah Microsoft.

Baca juga: Fitur Google Search Berbasis AI Kini Bisa Dicoba di Indonesia

Selain rangkuman AI, Bing juga akan menampilkan sejumlah topik serupa lainnya yang juga sering dicari pengguna, baik itu melalui fitur atau tampilan sidebar di sebelah kiri hingga kolom informasi tambahan yang terletak di bawah rangkuman buatan AI tadi.

Terkait pertanyaan atau kueri "Apa itu AI", misalnya, Bing akan menampilkan beberapa hasil pencarian soal cara kerja AI, fungsi AI di berbagai aspek, sosok yang berpengaruh penting dalam AI, dan lain sebagainya. 

Kemudian, AI di Bing juga akan menampilkan beberapa informasi mendalam soal topik yang dicari pengguna, serta beberapa format artikel atau video yang bisa pengguna lihat untuk mengetahui sudut pandang lain dari satu topik yang dicari. 

Nah, untuk ketersediaan, fitur rangkuman AI di Bing ini akan digelontorkan Microsoft secara bertahap ke sejumlah pengguna di seluruh dunia mulai pekan ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Bing.com, Jumat (26/7/2024). 

Pengguna yang belum mendapatkan fitur ini, termasuk pengguna di Indonesia, tampaknya harus bersabar sedikit. Sebab, fitur baru Bing biasanya disebar secara perlahan dalam beberapa waktu ke depan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat