cpu-data.info

Berapa VRAM yang Diperlukan untuk Main Game PC di 2024?

Ilustrasi kartu grafis berbasis GPU AMD Radeon
Lihat Foto

- Kartu grafis PC modern datang dengan konfigurasi memori beragam (VRAM, video RAM), mulai dari 8 GB yang paling banyak tersedia, 12 GB, 16 GB, bahkan hingga 24 GB untuk model-model teratas.

Terkadang ada sebuah kartu grafis yang memiliki chip pengolah grafis (GPU, graphics processing unit) sama, tapi kapasitas memorinya berbeda. Misalnya saja GeForce RTX 4060 Ti yang tersedia dalam varian 8 GB dan 16 GB.

Pilihan-pilihan kapasitas VRAM ini mungkin bisa membuat bingung calon konsumen yang berniat membeli kartu grafis baru untuk main game di PC. Sebenarnya berapa kapasitas VRAM yang diperlukan untuk bermain game di 2024?

Apa itu VRAM?

Selain memori utama (RAM, Random Access Memory) kartu grafis di PC juga memiliki memorinya sendiri yang biasa disebut sebagai VRAM. Jenis memori yang umum dipakai sebagai VRAM adalah Graphics Double Data Rate (GDDR) yang sekarang sudah mencapai generasi keenam.

Chip memori VRAM ditempatkan mengelilingi chip GPU di kartu grafis (ditandai kotak merah dalam gambar ini). Penampang PCB ini biasanya tak terlihat karena tersembunyi di balik cooler berukuran besar atau lempengan pendingin di laptop. Untuk kartu grafis dalam gambar, kapasitas VRAM-nya adalah 8 GB, terdiri dari 8 chip memori yang masing-masing berkapasitas 1 GB.TechPowerUp Chip memori VRAM ditempatkan mengelilingi chip GPU di kartu grafis (ditandai kotak merah dalam gambar ini). Penampang PCB ini biasanya tak terlihat karena tersembunyi di balik cooler berukuran besar atau lempengan pendingin di laptop. Untuk kartu grafis dalam gambar, kapasitas VRAM-nya adalah 8 GB, terdiri dari 8 chip memori yang masing-masing berkapasitas 1 GB.

VRAM bertugas menampung data grafis -misalnya tekstur di game- untuk diproses oleh GPU. Jumlah VRAM yang diperlukan tergantung banyak faktor seperti resolusi, setting kualitas grafis di game, hingga efek-efek khusus seperti ray tracing yang ikut menyita memori.

Baca juga: Mengenal VRAM yang Penting untuk Game di PC dan Cara Mengoptimalkannya

Jika VRAM di kartu grafis tidak cukup untuk menampung data grafis, maka bisa terjadi sejumlah kendala yang berpotensi mengganggu kenyamanan bermain. Dari sisi kualitas tampilan, misalnya, VRAM yang cekak bisa membuat anomali grafis seperti tekstur yang hilang atau buram.

Dari sisi kinerja, efek yang umum muncul adalah stuttering alias frame rate yang turun mendadak saat GPU berusaha mengambil data yang tidak tertampung di RAM.

Cara mengecek kapasitas VRAM di kartu grafis komputer

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek kapasitas VRAM yang tersedia di kartu grafis. Pengguna bisa menjalankan tool DxDiag (DirectX Diagnostic) bawaan Windows dengan mencari "dxdiag" di taskbar.

Setelah tool DxDiag dijalankan, klik tab "Display" atau "Display 2" untuk melihat properties dari kartu grafis discrete. Angka kapasitas VRAM dalam satuan megabyte akan tertera di keterangan "Display Memory".

Keterangan kapasitas VRAM kartu grafis di tool DxDiag/ OIK YUSUF Keterangan kapasitas VRAM kartu grafis di tool DxDiag

Baca juga: Apa Itu VRAM Kartu Grafis dan Berapa yang Dibutuhkan untuk Game PC?

Cara lainnya adalah dengan menggunakan tool pihak ketiga. Salah satunya yang paling banyak dipakai adalah GPU-Z dari TechPowerUp yang bisa diunduh dari tautan ini.

Setelah dibuka, GPU-Z akan menampilkan informasi kapasitas VRAM kartu grafis di tab utama (Graphics Card) di samping keterangan "Memory Size".

8 GB sudah mepet

Lantaran besarnya VRAM yang terpakai ditentukan oleh setting grafis, kapasitas yang diperlukan pun tergantung konfigurasi hardware dan preferensi pengguna. Apakah menggunakan monitor 1080p atau 4K? Setting grafis "mentok kanan" atau low?

Pengujian game The Last of Us Part 1 menggunakan setting Ultra di 1080p oleh Hardware Unboxed menunjukkan bahwa GeForce RTX 3070 yang memiliki VRAM hanya 8 GB mengalami masalah kinerja sehingga jauh tertinggal dari Radeon RX 6800 yang dibekali RAM 16 GB. YouTube/@Hardwareunboxed Pengujian game The Last of Us Part 1 menggunakan setting Ultra di 1080p oleh Hardware Unboxed menunjukkan bahwa GeForce RTX 3070 yang memiliki VRAM hanya 8 GB mengalami masalah kinerja sehingga jauh tertinggal dari Radeon RX 6800 yang dibekali RAM 16 GB.

Namun, secara umum, seperti dihimpun KompasTekno dari XDA Developers, Rabu (24/7/2024), kapasitas VRAM 8 GB saat ini bisa dibilang sudah mepet dan tidak lagi memadai, kecuali untuk menjalankan game lawas atau setting grafis rendah di resolusi rendah pula.

Baca juga: Samsung Resmikan Memori GDDR7 untuk Kartu Grafis Next-gen

Beberapa game anyar seperti The Last of Us Part 1 dan Hogwarts Legacy rawan mengalami masalah kinerja dengan VRAM 8 GB apabila mengaktifkan ray-tracing, bahkan di resolusi 1080p.

Pengujian oleh TechSpot dengan GeForce RTX 4060 Ti 16 GB dan 8 GB menunjukkan bahwa VRAM 8 GB bisa sangat mencekik GPU tersebut di aneka game modern, terutama ketika dijajal dengan setting grafis tinggi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat