cpu-data.info

Cobain Aplikasi Winamp di HP Android, Lebih Modern tapi Terasa "Jadul"

Pemutar musik Winamp kini tersedia di iOS dan Android.
Lihat Foto

- Aplikasi pemutar musik tahun 2000-an, Winamp kini hadir dalam versi mobile. Aplikasi Winamp versi mobile bisa diunduh di HP Android dan iOS (iPhone).

Llama Group (pengembang Winamp) sebenarnya telah merilis aplikasi Winamp ke publik untuk HP Android dan iPhone tahun lalu dalam tahap uji coba. 

Namun, di 2023 lalu aplikasi Winamp terbaru hanya dapat diakses melalui browser web. Kini pengguna bisa mencoba pengalaman terbarunya melalui aplikasi yang bisa diunduh di toko aplikasi Google Play Store atau App Store.

Nah, KompasTekno mencoba aplikasi Winamp versi mobile ini di HP Android dengan mengunduhnya di Play Store.

Impresi pertama saat membuka aplikasi Winamp ini adalah tampilannya yang jauh lebih modern dibanding versi lama di desktop. Aplikasi Winamp mobile didominasi gradiasi warna merah menyala, biru, dan putih.

Corak warna itu berbeda dengan tampilan Winamp lama yang lebih retro, kaku, dan minim warna.

Meskipun tampak modern, namun fitur Winamp versi mobile masih cukup terbatas. Apalagi jika dibandingkan aplikasi streaming music masa kini, seperti Spotify, YouTube Music, atau Apple Music.

Akan tetapi, Winamp versi modern membawa "DNA" leluhurnya, yakni memutar audio secara offline atau tanpa koneksi internet.

Berikut pengalaman mencoba Winamp versi mobile selengkapnya.

Baca juga: Winamp Meluncur di Android dan iOS, Download Gratis!

Tampilan aplikasi Winamp di HP Android dan iPhone

Baik diunduh di iOS maupun Android, aplikasi Winamp memiliki tampilan sederhana dibanding dengan aplikasi-aplikasi musik online lainnya. Winamp versi mobile bagian beranda memiliki beberapa fitur, yaitu Library, Fanzone, dan Setttings.

Pengguna juga bisa melihat bagian deretan fitur menu di atas yang ditandai dengan ikon-ikon tertentu. Dari kiri fitur pemutar musik reguler yang dapat dicek riwayat musik yang baru saja dimainkan atau ditambahkan.

Ilusrrasi fitur-fitur Winamp/soffyaranti Ilusrrasi fitur-fitur Winamp

Selanjutnya bagian ikon profil yang menampilkan artis-artis musik, bergeser sedikit sebelah kanan terdapat fitur “Playlist” yang berguna untuk menambahkan musik-musik tertentu. Selanjutnya fitur “Radio” berisi berbagai channel radio yang bisa didengarkan secar offline.

Menuju menu dengan ikon microphone, fitur ini berisi daftar saluran podcast yang bisa ditambahkan pengguna.

Kemudian disusul dengan fitur “Folder” yang bisa dihubungkan ke penyimpanan internal ponsel Anda agar terintegrasi dengan musik-musik yang tersimpan di galeri ponsel pribadi.

Menghubungkan Winamp ke drive musik di HP

Di Winamp, pengguna bisa memutar musik yang berasal dari penyimpanan lokal HP pengguna. Sehingga apabila pengguna memiliki daftar musik yang tersedia di HP maka dapat mengintegrasikannya dengan mudah di Winamp.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat