cpu-data.info

Fitur Tak Terduga di Speaker Apple HomePod Selamatkan Keluarga dari Kebakaran

Ilustrasi HomePod generasi kedua.
Lihat Foto

- Arloji pintar Apple Watch dan fitur komunikasi satelit di iPhone generasi baru, kerap dilaporkan menjadi "penyelamat" penggunanya di tengah keadaan darurat, seperti tersesat, jatuh, atau terkena serangan jantung.

Rupanya, produk pintar Apple lain juga bisa menjadi "pahlawan" penggunanya. Adalah HomePod, speaker pintar Apple yang baru-baru ini menyelamatkan satu keluarga di Colorado, Amerika Serikat (AS).

Video rekaman kejadian itu diunggah Pemadam Kebakaran Kota Colorado Springs di Facebook.

Peristiwa ini terjadi pada Rabu, 26 Juni lalu pukul 4.43 pagi waktu setempat. Saat penghuni rumah masih terlelap, seekor anjing milik mereka tampak tak sengaja memutar kenop kompor, sehingga api menyala.

Baca juga: Apple HomePod Generasi Kedua Meluncur Setelah 2 Tahun Diskontinyu

Padahal, di atas tungku terdapat beberapa kardus, yang membuat api semakin cepat menjalar. Tampak dari video, api menyambar hingga ke piranti dapur di sisi atas.

Tak berapa lama, penghuni rumah terbangun setelah mendapat notifikasi "panas tinggi" di iPhone mereka, yang berasal dari HomePod.

Menariknya, HomePod sebetulnya tak memiliki fitur untuk mendeteksi panas sehingga bisa mengirimkan notifikasi adanya potensi suhu tinggi. Kemungkinan, notifikasi itu dikirimkan berkat fitur Sound Recognition.

Fitur tak terduga ini mungkin saja mendeteksi suara alarm kebakaran yang menyala saat kebakaran terjadi. Alarm itu kemudian "didengar" oleh HomePod yang kemudian mengirimkan notifikasi ke iPhone, iPad, atau Apple Watch milik penghuni rumah.

Baca juga: Apple Watch Selamatkan Pria dengan Denyut Jantung Tak Wajar

Belum diketahui, mengapa tidak ada satu pun penghuni rumah yang mendengar suara alarm kebakaran yang dideteksi oleh HomePod itu.

Untungnya, api berhasil dipadamkan sebelum pemadam kebakaran tiba. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, beberapa orang menghirup asap akibat kebakaran, sebagaimana dilaporkan Apple Insider, Kamis (11/7/2024).

Adapun fitur Sound Recognition di HomePod bisa diaktifkan dengan membuka menu Setting > Safety and Security > lalu geser opsi Smoke and CO Alarm di bawah Sound Recognition.

Apple belum memberikan tanggapan terkait peristiwa ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat