cpu-data.info

Laptop AI Lenovo Yoga Slim 7x Sudah Bisa Dibeli di Indonesia, Ini Harganya

Laptop Copilot Plus PC Lenovo pertama di Indonesia, Lenovo Yoga Slim 7x sudah bisa dibeli lewat toko offline dan online rekanan resmi Lenovo.
Lihat Foto

JAKARTA, - Laptop Lenovo Yoga Slim 7x kini sudah bisa dibeli di Indonesia. Yoga Slim 7X merupakan laptop Lenovo pertama di Indonesia yang masuk dalam kategori Copilot Plus PC atau laptop AI. 

Lenovo sebelumnya sudah membuka sesi pre-order laptop Yoga Slim 7x dari 21 Juni hingga 30 Juni lalu.

Sebagai Laptop/PC AI, pemrosesan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) di laptop ini sudah terjamin performanya oleh Microsoft. Ini berkat penggunaan chip ARM bikinan Qualcomm yakni Snapdragon X Elite.

System-on-Chip (SoC) ini memiliki prosesor (CPU) Qualcomm Oryon dengan jumlah inti mencapai 12 unit (12 core), unit pengolah grafis (GPU) Adreno, serta chip Neural Processing Unit (NPU) Qualcomm Hexagon yang mampu menopang kinerja AI.

Chip NPU ini diklaim dapat menjalankan proses AI dan mengakses model bahasa besar (LLM) hingga 45 triliun operasi per detik (TOPS). Performa NPU ini disebut dapat digunakan untuk memproses kegiatan AI di segala kondisi, baik offline maupun online.

Baca juga: Asus Zenbook S13 OLED Generasi Baru Resmi di Indonesia, Laptop AI yang Ramping

Kinerja AI yang dimaksud misalnya chatbot Microsoft Copilot yang bisa menjawab pertanyaan pengguna dan menghasilkan (generate) gambar, Live Captions untuk menerjemahkan video secara real-time, serta fitur Cocreator di software Paint untuk menggambar sesuai sketsa pengguna.

"Ada dua versi laptop yang mendukung AI, yaitu Copilot PC dan Copilot Plus PC. Nah, Copilot Plus PC ini hanya berlaku untuk laptop dengan NPU 45 TOPS," kata Hendry Lim selaku Consumer Product Manager - Premium Category Lenovo Indonesia dalam acara hands-on Lenovo Yoga Slim 7x  di Wisma BNI 46, Jakarta Pusat, Selasa (9/7/2024).

Meski memiliki performa AI yang mumpuni, laptop Lenovo Yoga Slim 7x disebut tetap hemat daya.

Dominikus Susanto selaku Senior Manager Business Development Qualcomm (kiri) dan Hendry Lim selaku Consumer Product Manager - Premium Category Lenovo Indonesia (kanan) di acara hands-on laptop Lenovo Yoga Slim 7x di Wisma BNI 46, Jakarta Pusat, Selasa (9/7/2024)/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Dominikus Susanto selaku Senior Manager Business Development Qualcomm (kiri) dan Hendry Lim selaku Consumer Product Manager - Premium Category Lenovo Indonesia (kanan) di acara hands-on laptop Lenovo Yoga Slim 7x di Wisma BNI 46, Jakarta Pusat, Selasa (9/7/2024)

Adapun laptop ini ditopang baterai 70 Whr yang bisa bertahan hingga 22,8 jam untuk pemutaran video, dan 15,1 jam untuk browsing internet. Baterai ini bisa bertahan empat jam setelah diisi dayanya selama 15 menit.

Masih soal jeroan, chipset Snapdragon X Elite ini didampingi RAM LPDDR5X 32 GB dan media penyimpanan (storage) 1 TB.

Lenovo Yoga Slim 7x juga diklaim bisa lancar digunakan untuk bermain game, meski laptop ini sebenarnya bukan dirancang untuk aktivitas gaming. Lenovo tidak merincikan game apa saja yang bisa dijalankan di laptop Copilot Plus-nya itu.

Lenovo Yoga Slim 7x juga mengunggulkan aspek desainnya yang ringkas. Laptop AI ini memiliki dimensi 325 x 225,15 x 12,9 mm dengam bobot 1,28 kilogram.

Laptop ini memiliki layar dengan panel PureSight OLED Touch berukuran 14,5 inci, resolusi 3K (2.944 x 1.840 piksel), refresh rate 90 Hz, rasio layar 16:10, dan tingkat kecerahan (brightness) mencapai 1.000 nits.

Baca juga: Lenovo Rilis 2 Laptop Copilot Plus PC di Indonesia, Seri Yoga dan ThinkPad

Layar ini turut dibekali VESA Certified Display HDR, True Black 600, Dolby Vision, dan TUV Low Blue Light Certification. Ada pula dukungan cakupan 100 persen untuk semua gamut warna, kedalaman warna 10-bit, serta rasio kontras 1.000.000:1.

"Jadi laptop ini cocok bagi para kreator konten dan para pengguna yang hobi merancang desain," jelas Hendry kepada KompasTekno.

Untuk konektor, Lenovo Yoga Slim 7x dilengkapi tiga buah konektor USB-C yang mendukung transfer data hingga 40 Gbps, PowerDelivery 3.1, dan Display Port 1.4. 

Sistem operasi (OS) yang dijalankan adalah Windows 11. Spesifikasi lain Lenovo Yoga Slim 7x mencakup FHD MIPI Webcam, IR Camera, penutup webcam, empat mikrofon, empat speaker, Dolby Atmos, Wi-Fi 7, dan Bluetooth 5.3.

Harga Lenovo Yoga Slim 7x di Indonesia

Lenovo Yoga Slim 7x tersedia di Indonesia dalam opsi warna tunggal biru (Cosmic Blue). Laptop ini sudah dapat dibeli di Indonesia lewat toko offline dan online rekanan resmi Lenovo.

Berikut ini harga Lenovo Yoga Slim 7x di Indonesia:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat