cpu-data.info

Samsung Galaxy Z Flip 6 Resmi, Kamera Naik Kelas dan Update Android 7 Generasi

Samsung Galaxy Z Flip 6.
Lihat Foto

PARIS, - Selain meluncurkan Galaxy Z Fold 6, Samsung juga merilis ponsel lipat Galaxy Z Flip 6 dalam hajatan Galaxy Unpacked, yang digelar pada Rabu (10/7/2024) siang di Paris, Prancis.

Jurnalis KompasTekno, Galuh Putri Riyanto berkesempatan untuk hadir langsung dalam acara peluncuran Samsung Galaxy z Flip 6 ini. 

Ponsel dengan skema lipat clamshell ini membawa segudang peningkatan dari pendahulunya, Galaxy Z Flip 5.

Adapun peningkatan utamanya meliputi kamera utama yang naik kelas menjadi 50 MP, fitur Galaxy AI lebih canggih, baterai lebih besar, chipset lebih baru, dibekali sistem pendingin vapor chamber, serta pembaruan sistem operasi (upgrade OS) Android sebanyak 7 generasi.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 6 Meluncur, Bodi Makin Tipis dan Galaxy AI Lebih Canggih

Kamera naik kelas

Dua sensor kamera belakang Samsung Galaxy Z Flip 6 yang terdiri dari kamera ultra-wide 12MP dan kamera wide-angle 50MP./Galuh Putri Riyanto Dua sensor kamera belakang Samsung Galaxy Z Flip 6 yang terdiri dari kamera ultra-wide 12MP dan kamera wide-angle 50MP.

Kamera utama Samsung Galaxy Z Flip 6 naik kelas. Kini, Samsung menyematkan kamera utama 50 MP (f/1.8, Dual Pixel AF, OIS) di Galaxy Z Flip 6. Sensor kamera utama 50MP yang baru di Galaxy Z Flip 6 ini juga mendukung zoom optis 2x.

Ini merupakan peningkatan signifikan. Pasalnya, selama ini Samsung konsisten menyematkan kamera utama beresolusi 12 MP di empat generasi Z Flip yang pernah dirilis sebelumnya, yakni Samsung Galaxy Z Flip 5 (2023), Galaxy Z Flip 4 (2022), Galaxy Z Flip 3 (2021), dan Galaxy Z Flip (2020).

Kamera 50 MP tersebut masih ditemani dengan kamera ultrawide 12 MP (f/2.2).

Samsung Z Flip 6 membawa fitur Nightography yang ditingkatkan dengan video HDR untuk merekam video dengan baik bahkan dalam kondisi low-light.

Baca juga: Profit Samsung Melejit 15 Kali Lipat berkat AI dan Galaxy S24

Fitur ini juga dikembangkan lewat kerjasama dengan aplikasi sosial media popular. Fitur night capturing kini hadir dalam aplikasi Instagram. Jadi pengguna bisa mengambil foto yang lebih baik di malam hari dan membagikannya langsung dari aplikasi.

Kedua kamera belakang ini masih ditempatkan di dalam cover screen (layar sekunder). Yang menarik, dua lensa boba kamera belakang Galaxy Z Flip 6 kini dilapisi dengan warna yang senada dengan warna punggungnya.

Ini membuat lensa "boba" kamera Samsung Z Flip 6 menjadi lebih stand out alias menonjol. Dari jauh, cover screen ponsel ini terlihat seperti memiliki dua mata.

Di generasi sebelum-sebelumnya, Samsung hanya memberikan lis silver atau hitam di lensa kamera belakangnya.

Baterai makin besar

Samsung Galaxy Z Flip 6 kini hadir dengan baterai 4.000 mAh. Ini menjadi kapasitas baterai terbesar di sejarah lini Z Flip.

Sebelumnya, Galaxy Z Flip (2020) dan Galaxy Z Flip 3 (2021) memiliki baterai 3.300 mAh. Kemudian, Galaxy Z Flip 4 dan Galaxy Z Flip 5 dibekali baterai 3.700 mAh.

Dengan kenaikan kapasitas 300 mAh, ponsel ini diklaim bisa dipakai internetan hingga 20 jam, naik 3 jam dari seri sebelumnya.

Baterai ponsel ini didukung pengisian cepat 25 watt. Dengan ini, daya ponsel bisa terisi dari 0-50 persen dalam 30 menit.

Baca juga: Arloji Pintar Samsung Galaxy Watch 7 Resmi Meluncur, Dibekali Galaxy AI

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip 6

Layar utama Samsung Galaxy Z Flip 6 yang beresolusi FHD+, berbentang 6,7 inci, panel AMOLED 2X, refresh rate adaptif 120Hz (1 ~ 120Hz).
/Galuh Putri Riyanto Layar utama Samsung Galaxy Z Flip 6 yang beresolusi FHD+, berbentang 6,7 inci, panel AMOLED 2X, refresh rate adaptif 120Hz (1 ~ 120Hz).

Samsung Galaxy Z Flip 6 hadir dengan layar Dynamic AMOLED 2x 6,7 inci dengan resolusi Full HD Plus, adaptif refresh rate 1-120 Hz, tingkat kecerahan puncak hingga 2.600 nits.

Untuk layar sekunder atau cover screen, Samsung Galaxy Z Flip mengusung panel Super AMOLED 3,4 inci dengan refresh rate 60 Hz, tingkat kecerahan puncak hingga 2.600 nits, dan tingkat kerapatan piksel 306 ppi.

Fungsionalitas cover screen juga ditingkatkan, sehingga fungsi-fungsi yang ditenagai AI bisa digunakan tanpa pengguna perlu membuka device.

Misalnya, fitur Suggested replies kini yang akan menganalisis beberapa pesan terakhir yang dikirimkan untuk memberikan rekomendasi respons yang tepat.

Selain itu, Samsung Galaxy Z Flip 6 memiliki fitur Galaxy AI baru "Auto Zoom". Nanti, FlexCam (mode memotret dengan menekuk ponsel) dapat secara otomatis dan hands-free menemukan framing yang paling tepat untuk pengguna.

Galaxy Z Flip 6 ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3, dipadukan dengan RAM 12 dan penyimpanan media 256 GB dan 512 GB. Fitur lain yang dibawa meliputi dukungan koneksi 5G, WiFi6E, Bluetooth 5.3, dual SIM, eSIM.

Baca juga: Cincin Pintar Samsung Galaxy Ring Resmi Dirilis, Harga Rp 6,4 Juta

Fitur Galaxy AI baru

Selain fitur Auto Zoom dan Suggested Replies, Samsung Galaxy Z Flip 6 juga hadir dengan sederet fitur Galaxy AI baru atau yang ditingkatkan, di antaranya:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat