cpu-data.info

Menengok Kantor Facebook di Singapura, Ada "Vending Machine" Mouse-Keyboard Gratis

Salah satu ruangan untuk berfoto di kantor Meta di Singapura.
Lihat Foto

SINGAPURA, - Raksasa teknologi dan media sosial Meta memiliki kantor di Singapura untuk operasionalnya di wilayah Asia Pasifik, termasuk Asia Tenggara. 

Meta yang menjadi induk Facebook, WhatsApp dan Instagram ini, memiliki kantor di gedung Marina One, Singapura yang terdiri atas sembilan lantai.

Masing-masing lantai diisi oleh divisi dan tim yang bervariasi, mulai dari penjualan (sales), pemasaran (marketing), dan komunikasi (communications).

Nah, pada Selasa (9/7/2024), jurnalis KompasTekno, Bill Clinten berkesempatan mengunjungi kantor Meta untuk Asia Pasifik yang berlokasi di gedung Marina One tersebut.

Baca juga: Kantor Facebook Diprediksi Tenggelam Pada 2100

Dalam sesi kunjungan ini, kami dikawal oleh seorang pemandu yang menjelaskan berbagai sudut ruangan dan benefit atau fasilitas kantor yang dianggap penting untuk operasional dan kegiatan karyawan di sana.

Fasilitas vending machine periferal komputer gratis yang ada di kantor Meta di Singapura./BILL CLINTEN Fasilitas vending machine periferal komputer gratis yang ada di kantor Meta di Singapura.

Salah satu fasilitas yang menarik adalah mesin penjualan otomatis (vending machine) berisi periferal komputer seperti mouse dan keyboard baru, yang bisa diambil secara gratis. 

Vending machine ini terletak di beberapa sudut ruangan yang ada di seluruh lantai.

"Karyawan bisa menggunakan kartu ID mereka untuk mengambil satu atau beberapa periferal komputer, seperti headset, kabel HDMI, mouse, keyboard, dan lain sebagainya secara gratis melalui vending machine ini," ujar pemandu kepada KompasTekno.

Baca juga: Di Kantor Facebook, Jokowi dan Zuckerberg Main Pingpong

Fasilitas lain yang tak kalah menarik adalah layanan untuk mencuci baju (laundry) yang bisa dimanfaatkan seluruh karyawan induk Facebook itu secara gratis. Fasilitas ini tersedia dalam sebuah ruangan yang bernama "Laundry Services" yang tersedia di beberapa lantai. 

Fasilitas Laundry alias cuci baju untuk karyawan Meta di Singapura./BILL CLINTEN Fasilitas Laundry alias cuci baju untuk karyawan Meta di Singapura.

"Fasilitas ini memudahkan karyawan yang mungkin bajunya kotor karena ketumpahan sesuatu atau mungkin terkena sial ketika mereka sedang dalam perjalanan ke kantor," jelas pemandu tur keliling kantor Meta. 

Lalu, ada fasilitas "Wayfinder" yang kami anggap cukup menarik. Wayfinder memungkinkan seorang karyawan mencari detail lokasi dan tempat duduk karyawan lainnya yang bekerja di kantor Meta di Singapura lewat sebuah TV dengan layar sentuh.

Karyawan hanya perlu mengetikkan nama karyawan yang ingin dicari. Nantinya, layar akan menampilkan peta lantai lokasi karyawan tersebut bekerja, lengkap dengan detail tempat duduknya. 

Fasilitas Wayfinder yang ada di kantor Meta di Singapura./BILL CLINTEN Fasilitas Wayfinder yang ada di kantor Meta di Singapura.

"Meski demikian, lokasi yang ditampilkan di layar tidak realtime, alias hanya patokan lokasi duduk karyawan saja yang sesuai dengan data di Meta," kata pemandu tur kantor Meta.

Selain vending machine, Laundry Services, dan Wayfinder, kantor Meta di Singapura juga dilengkapi dengan ruangan seni (Art Space) untuk karyawan Meta berkarya, ruangan karaoke untuk melepas stres dengan bernyanyi, hingga kantin yang menyediakan berbagai makanan secara cuma-cuma.

Booth atau stan makanan di kantin di kantor Meta di Singapura./BILL CLINTEN Booth atau stan makanan di kantin di kantor Meta di Singapura.

Ada pula berbagai ruangan pertemuan (meeting room) yang memiliki aneka nama unik, ruangan bermain (gaming room) untuk karyawan melepas penat, kamar mandi alias shower room, Micro Kitchen untuk membuat atau mengambil minuman dan makanan ringan gratis, hingga beragam sudut menarik nan interaktif yang bisa dipakai untuk berfoto.

Penasaran melihat beberapa sudut ruangan dan fasilitas yang ada di kantor Meta di Singapura? Semuanya bisa dilihat dalam galeri foto yang ada di tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat