cpu-data.info

Oppo Umumkan Antarmuka ColorOS 15, Bawa Sederet Fitur AI

Oppo resmi meluncurkan antarmuka ColorOS 15 di China.
Lihat Foto

- Vendor smartphone Oppo resmi meluncurkan antarmuka (user interface/UI) terbarunya, ColorOS 15, Kamis (17/10/2024).

Antarmuka berbasis sistem operasi (OS) Android 15 ini dirilis secara eksklusif di pasar China dalam gelaran Oppo Developer Conference 2024.

ColorOS 15 menghadirkan tampilan yang diperbarui dengan ikon anyar, efek pencahayaan (lighting) dinamis, cahaya natural, dan elemen bayangan di antarmuka.

Antarmuka ini dibekali teknologi Aurora Engine dan Tidal Engine yang membawa rendering tingkat sistem.

Hal ini memungkinkan perangkat menjalankan animasi aplikasi secara paralel. Sehingga, ketika pengguna beralih antar aplikasi dengan cepat, animasi menjadi responsif dan bebas lag.

Baca juga: AI Oppo Reno 12 Bisa Rangkum dan Bikin Tulisan dari Rekaman Suara

ColorOS 15 juga mempunyai efek gerakan (motion effects) yang ditingkatkan, dengan animasi yang lebih mulus.

Terdapat juga pengoptimalan tingkat sistem yang membuat tingkat respons dalam aplikasi meningkat 18 persen, dan proses instalasi aplikasi menjadi 26 persen lebih cepat.

Selain itu, Oppo membawa alokasi cache dinamis tingkat sistem, yang mengelola sumber daya ponsel secara real-time dan memastikan kelancaran selama pengoperasian.

Oppo mengeklaim bahwa antarmuka ini tidak memiliki isu performa, seperti eror berupa crash, stuttering alias patah-patah, penurunan frame rate, dan lain seterusnya.

Bicara soal performa, pengguna disebut bisa menikmati frame rate tinggi untuk bermain game dan panggilan video, dengan rata-rata 116,7 fps.

Menu notifikasi yang muncul ketika pengguna menarik (pull) layar ponsel ke bawah, kini sudah dipisahkan dari menu Control Center ponsel Oppo.

Bawa fitur AI

Antarmuka ColorOS 15 membawa asisten chatbot AI XiaoBu Assistant yang bisa muncul di layar.GSMArena Antarmuka ColorOS 15 membawa asisten chatbot AI XiaoBu Assistant yang bisa muncul di layar.
Kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) merupakan salah satu fitur yang diunggulkan ColorOS 15. Antarmuka ini membawa asisten chatbot AI XiaoBu Assistant yang bisa muncul di layar.

Pengguna bisa menanyakan pertanyaan dan menelusuri berita dengan chatbot tersebut. Tak hanya itu, pengguna bisa melakukan penelusuran dengan melingkari gambar, mirip seperti Circle to Search di Google.

Oppo turut menghadirkan asisten AI bernama AI Image Assistant, yang bisa mengubah gambar dengan kapabilitas tingkat lanjut.

AI ini bisa memperbesar (zoom) gambar tanpa mengurangi detail, misalnya dari foto terpotong (cropped) dengan resolusi 100 x 100 piksel menjadi foto 4K dalam satu detik.

Baca juga: Oppo K12 Plus Meluncur, Bawa Baterai Jumbo 6.400 mAh

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat