cpu-data.info

AI Oppo Reno 12 Bisa Rangkum dan Bikin Tulisan dari Rekaman Suara

Ilustrasi fitur AI Recording Summary di Oppo Reno 12.
Lihat Foto

- Oppo Reno 12 punya sejumlah fitur berbasis kecerdasan buatan (AI) untuk mempermudah pengguna dalam kegiatan sehari-hari. Salah satunya adalah AI Recording Summary.

Fitur ini bisa dipakai untuk melihat rangkuman file audio yang direkam, misalnya audio rekaman dari sebuah rapat.

Dengan begitu, pengguna bakal lebih mudah tahu soal isi informasi sebuah file audio, tanpa perlu repot menulis ulang suara dari audio menjadi transkrip.

Selain itu, fitur AI Recording Summary juga bakal mencantumkan informasi penting dari rekaman audio yang diringkas, seperti lokasi, waktu, detail kalimat, informasi penting yang tertulis dalam bentuk poin, dan sebagainya. 

Baca juga: Oppo Jadikan Toko Ritel sebagai Pusat Komunitas

Cara menggunakan fitur AI Recording Summary di Oppo Reno 12 terbilang cukup mudah, yaitu dengan langkah-langkah sebagai berikut ini:

Ilustrasi cara pakai fitur AI Recording Summary di Oppo Reno 12./BILL CLINTEN Ilustrasi cara pakai fitur AI Recording Summary di Oppo Reno 12.

  • Pertama-tama, buka aplikasi Recorder.
  • Lalu, pilih rekaman audio yang ingin dirangkum dan diubah menjadi kalimat. 
  • Ketika rekaman audio dimainkan, klik tombol "Summarize".
  • Beberapa saat kemudian, AI akan mulai melakukan transkrip audio sekaligus merangkum isi dari audio tersebut.
  • Selanjutnya, pengguna akan disuguhkan dengan tampilan rangkuman isi dari audio yang telah ditranskrip. Isi rangkuman ini akan ditampilkan dalam poin-poin, sehingga akan lebih mudah dibaca, sebagaimana tampak pada gambar ketiga di atas. 

Ilustrasi cara pakai fitur AI Recording Summary di Oppo Reno 12./BILL CLINTEN Ilustrasi cara pakai fitur AI Recording Summary di Oppo Reno 12.

  • Setelah proses merangkum selesai, pengguna bisa menggulirkan (scroll) layar ke bawah untuk melihat kesimpulan dari transkrip audio dan hal apa yang harus dilakukan selanjutnya. 
  • Di tampilan bagian bawah juga, pengguna bisa mengeklik tombol "garis tiga" untuk melihat semua hal yang dibicarakan oleh pembicara di rekaman audio setiap menitnya. 
  • Untuk mempermudah pengguna, mereka bisa menyalin isi rangkuman atau transkrip audio lengkap dari suatu rekaman audio yang diproses oleh AI tadi. 

Perlu dicatat, fitur AI Recording Summary saat ini baru mendukung beberapa bahasa saja, meliputi bahasa Inggris, Hindi (India), Mandarin (China), Spanyol, dan Italia. 

Artinya, pengguna harus memilih rekaman audio dengan bahasa-bahasa di atas apabila ingin memakai fitur AI Recording Summary dengan lancar. 

Baca juga: Oppo K12 Plus Meluncur, Bawa Baterai Jumbo 6.400 mAh

Menurut Oppo, dukungan bahasa ini akan bertambah di masa depan, dan kemungkinan akan tersedia juga dalam bahasa Indonesia.

Pengguna yang tertarik denga fitur AI Oppo Reno 12 bisa membeli ponsel ini dengan harga Rp 7 juta (12/256 GB). Fitur ini juga tersedia di Oppo Reno 12 Pro yang dijual dengan harga Rp 9 juta (12/512 GB).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat