cpu-data.info

Fujifilm X-M5 Resmi di Indonesia, Kamera Vlogging yang Ringan dan Ringkas

Fujifilm resmi memperkenalkan Fujifilm X-M5 terbaru di Indonesia pada Kamis (17/10/2024). Kamera paling ringan dan ringkas dari keluarga X-series yang dikhususkan untuk konten kreator
Lihat Foto

JAKARTA, - Setelah dirilis di Jepang, Fujifilm akhirnya memboyong kamera terbarunya, yakni Fujifilm X-M5 ke Indonesia pada Kamis (17/10/2024). Peluncuran produk diselenggarakan secara langsung di gerai fisik Fujifilm yang berlokasi Jakarta Pusat.

Sejatinya, kamera Fujifilm X-M5 merupakan suksesor dari Fujifilm X-M1 yang sudah dirilis pada 2013 lalu. Artinya, seri "X-M" hiatus selama sekitar 11 tahun.

Sama seperti pendahulunya, kamera baru seri "X-M" ini pun hadir dengan bodi ringan dan ringkas untuk para penyuka fotografi dan videografi.

Baca juga: Kamera Instan Analog Fujifilm Instax Wide 400 Resmi di Indonesia, Harga Rp 2,5 Juta

Di atas kertas, bobot dari bodi kamera hanya sekitar 355 gram, paling ringan di keluarga X-series. Keunggulan ini juga ditujukan untuk memudahkan pengguna merekam konten, alias vlogging. Desainnya juga dibuat nyaman saat digenggam menggunakan satu telapak tangan.

"Fujifilm X-M5 menjadi kamera kami yang paling ringkas dan ringan yang pernah ada. Bahkan lebih ringan 10 persen dibandingan seri X-T30 dan 38 persen lebih ringkas dari X-T30 II," ungkap Product Specialist Fujifilm Indonesia, Agyl Hananta, dalam acara peluncuran, Kamis (17/10/2024).

(kiri-kanan) Product Specialis Fujifilm Indonesia, Agyl Hananta dan Aloysius Agung saat mempresentasikan spesifikasi dan fitur unggulan di kamera Fujifilm X-M5/Caroline Saskia Tanoto (kiri-kanan) Product Specialis Fujifilm Indonesia, Agyl Hananta dan Aloysius Agung saat mempresentasikan spesifikasi dan fitur unggulan di kamera Fujifilm X-M5

Fujifilm juga memanjakan para kreator lewat fitur-fitur barunya agar proses pembuatan konten bisa lebih cepat diedit dan diungggah ke media sosial. Salah satu yang dibawa adalah Portrait Movie Record 16:9.

"Ini adalah fitur terbaru kami. Pengguna bisa merekam video langsung dengan format di media sosial. Beragam fitur ini kami hadirkan semuanya di satu kamera, Fujifilm X-M5," tambah Aloysius Agung, Product Specialist yang juga turut memaparkan spesifikasi kamera selama acara.

Portait Movie Record adalah kemampuan kamera untuk merekam dengan resolusi 6K sehingga saat proses cropping (memangkas), kualitas video bisa tetap terjaga dan menyisakan resolusi hingga Full HD. 

Cropping video akan langsung menggunakan format rasio 16:9 sehingga cocok untuk format media sosial, seperti Instagram, TikTok, YouTube Shorts, dan sebagainya.

Baca juga: Kamera Instan Fujifilm Instax Mini 99 Resmi di Indonesia, Harga Rp 3 Juta

Ilustrasi dari salah satu fitur unggulan Fujifilm X-M5 yang diberi nama Portait Movie Record. Fitur yang memungkinkan pengguna merekam video dan langsung di-crop otomatis dengan rasio 16:9 di media sosial/Caroline Saskia Tanoto Ilustrasi dari salah satu fitur unggulan Fujifilm X-M5 yang diberi nama Portait Movie Record. Fitur yang memungkinkan pengguna merekam video dan langsung di-crop otomatis dengan rasio 16:9 di media sosial

Pengguna juga bisa memilih durasi rekaman otomatis sesuai selera, seperti 15 detik, 30 detik, 60 detik, atau dinonaktifkan (off). Ketika mode ini diaktifkan, sistem akan langsung memberi tanda cropping di layar supaya pengguna bisa tahu bagian mana yang in frame dan outframe. 

Bila perekaman sudah selesai, output-nya akan otomatis 16:9. Pengguna juga memilh format mbps yang lebih rendah, seperti 8 Mbps, 10 Mbps, 30 Mbps, 50 Mbps, dan sebagainya.

Teorinya, semakin kecil angka mbps (mega byte per second), akan semakin kecil pula ukuran file yang dihasilkan. 

Tawaran opsi "mbps" di Fujfilm X-M5 ini akan memudahkan proses pengiriman file ke smartphone lebih mudah, cepat, dan tidak memakan banyak ruang pada strorage. Tidak hanya itu, Fujifilm X-M5 juga dilengkapi fitur Photo Enhancer, Product Priority Mode, Background, Defocus Mode.

Fungsi fitur-fitur penunjang kamera dapat dimaksimalkan untuk memperhalus wajah, mempertegas beberapa area wajah saat vlogging, mengatur fokus pada produk atau objek yang direkam, hingga memberi efek buram pada background dengan gaya yang lebih natural.

“Fitur yang dihadirkan ini cocok untuk kreator wanita yang ingin mulai bikin konten atau vlogging. Sebab, bantuan Photo Enhancer akan mempercantik bagian muka agar lebih halus dengan natural, “ tambah Agyl.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat