cpu-data.info

Pengertian Mouse, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenis-jenisnya

Ilustrasi mouse. Pengertian mouse adalah perangkat input untuk mengontrol atau menggerakkan komputer.
Lihat Foto

- Pengguna yang tengah mempelajari tentang komponen komputer atau komponen penyusun komputer, kiranya perlu mengetahui beberapa hal dasar tentang mouse sebagai salah satu komponen komputer.

Beberapa hal dasar itu, seperti pengertian mouse, fungsi, cara kerja, dan jenis-jenisnya. Mouse menjadi salah satu komponen yang penting di komputer. Keberadaan mouse hampir ada di setiap komputer.

Baca juga: Komponen Komputer: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Fungsinya

Lantaran punya posisi yang penting di komputer, pengguna perlu mengetahui beberapa hal dasar soal mouse. Oleh karena itu, artikel ini bakal menjelaskan tentang pengeritan mouse, fungsi, cara kerja, dan jenis-jenisnya.

Pertama-tama, lantas sebenarnya apa yang dimaksud dengan mouse? Jika tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai pengertian mouse sebagai salah satu komponen komputer yang penting.

Pengertian mouse

Untuk diketahui, sebuah komputer bisa bekerja mengolah atau memproses data dan perintah karena ditopang dengan beberapa komponen.

Komponen komputer setidaknya terdiri dari empat bagian, yaitu perangkat processing, perangkat penyimpanan, perangkat output, dan perangkat input. Dari empat bagian komponen komputer itu, mouse termasuk sebagai perangkat input.

Jadi, jika didefinisikan, mouse adalah perangkat input dengan kemampuan untuk mengendalikan atau mengontrol pergerakan komputer. Mouse merupakan perangkat yang digerakan oleh tangan pengguna untuk mengendalikan pergerakan komputer.

Mouse mengendalikan pergerakan kursor pada layar komputer dan memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai tindakan kontrol, seperti memilih aplikasi, memindahkan folder, dan masih banyak lagi.

Agar dapat digunakan, mouse dihubungkan dengan komputer dan perlu diletakkan di bidang datar yang permukannya cukup keras. Pergerakan mouse bergantung dengan pergerakan tangan pengguna.

Misalnya, saat pengguna menggerakkan mouse ke kanan, kursor akan bergerak ke arah yang sama pada layar tampilan. Dengan mouse, pengguna bisa lebih leluasa dalam mengontrol gerakan atau tindakan di komputer.

Mouse biasanya terdiri dari beberapa komponen utama, seperti tombol kanan dan kiri, roda untuk menggulir, serta sensor untuk mendeteksi gerakan. Perangkat ini dinamakan mouse karena secara keseluruhan bentuknya mirip mainan tikus.

Mouse telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari perangkat komputer saat ini yang kebanyakan sudah mendukung sistem Graphical User Interface (GUI/antarmuka pengguna grafis). Dengan mouse, pengguna bisa mengontrol tampilan dinamis di layar komputer.

Sebagai informasi, mouse pertama kali ditemukan pada tahun 1964 oleh Douglas Engelbart, seorang ilmuwan komputer di Stanford Research Institute. Mouse buatan Engelbart berupa kotak kayu dengan dua roda di bagian bawah dan dua tombol di bagian atas.

Mouse tersebut dihubungkan ke komputer melalui kabel. Mouse tidak banyak digunakan hingga awal tahun 1980-an ketika Apple memperkenalkan komputer Macintosh dengan mouse sebagai perangkat input standarnya.

Macintosh adalah komputer pertama yang menggunakan sistem antarmuka interaktif atau GUI. Penggunaan sistem GUI di sistem operasi Macintosh itu menjadikan mouse memiliki penting penting untuk mendukung navigasi yang lebih dinamis.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat