cpu-data.info

5 Fungsi RAM pada Komputer yang Perlu Diketahui

Ilustrasi RAM (Random Access Memory). Fungsi RAM yang utama adalah untuk menyimpan data sementara.
Lihat Foto

- Pengguna yang tengah mempelajari komponen-komponen pada perangkat komputer kiranya perlu mengetahui fungsi RAM atau singkatan dari Random Acces Memory. RAM merupakan salah satu komponen penting di komputer.

RAM menjadi komponen yang selalu dipakai di kebanyakan komputer saat ini. Tak hanya komputer, perangkat komputasi lain seperti HP dan laptop juga menggunakan RAM untuk menunjang kinerjanya.

Fungsi RAM perlu diketahui agar pengguna dapat memahami perannya pada komputer dan perangkat lainnya. Lantas, sebenarnya apa fungsi RAM? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan lengkap mengenai fungsi RAM pada komputer.

Baca juga: Komponen Komputer: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Fungsinya

Pengertian RAM

Sebelum mengetahui fungsinya, ada baiknya pengguna memahami pengertian RAM terlebih dahulu. Pasalnya, terdapat beberapa istilah pada pengertian RAM yang nantinya berkaitan dengan fungsinya. Lantas, apa yang dimaksud dengan RAM?

Untuk diketahui, jika di komponen komputer, RAM bisa dikategorikan sebagai processing device dan storage device. Pasalnya, RAM dapat membantu pemrosesan sekaligus memiliki peran untuk menyimpan data.

Jika didefinisikan, RAM adalah komponen hardware dalam perangkat komputasi yang bertugas menyediakan ruang penyimpanan data sementara untuk pemrosesan sistem operasi, pemrosesan software atau aplikasi, dan pemrosesan data lainnya.

Tujuan RAM menyimpan data sementara, yaitu agar data dapat diakses dengan cepat oleh unit pemrosesan atau prosesor di perangkat komputasi seperti komputer. Jadi, RAM bertugas untuk menyimpan data yang akan dipasok ke prosesor.

Seandainya dianalogikan, RAM memiliki peran yang mirip seperti gudang buat menyimpan barang sebelum diolah. Untuk diketahui, sebuah komputer bisa terdiri dari beragam jenis memori, termasuk ROM, RAM, dan Hard Drive.

Dari beberapa jenis memori itu, RAM tergolong sebagai memori utama lantaran memiliki peran untuk membantu jalannya proses komputasi di komputer. RAM biasanya memiliki kecepatan baca dan tulis data yang lebih cepat dibanding Hard Drive.

Namun, penyimpanan data di RAM bersifat sementara alias volatil. RAM hanya menyimpan data selama komputer hidup. Jika komputer mati atau dayanya padam, data yang tersimpan di RAM bakal hilang juga.

Skema penyimpanan data di RAM sangat berbeda dengan di penyimpanan sekunder seperti Hard Drive, yang mana jika di Hard Drive data bakal tersimpan permanen alias selamanya, meski komputer mati.

Itulah pemaparan mengenai pengertian RAM. Sementara itu, untuk fungsi RAM pada perangkat komputasi seperti komputer, laptop, atau HP, penjelasannya bisa dibaca lebih lanjut di bawah ini.

Fungsi RAM

Ada beberapa fungsi RAM yang perlu diketahui. Secara umum, seperti yang dijelaskan pada pemaparan pengertian RAM di atas, RAM memiliki fungsi untuk menyimpan data sementara yang digunakan untuk pemrosesan.

Dengan begitu, RAM juga berfungsi untuk membantu memperlancar proses pemrosesan data. Adapun penjelasan yang lebih detail mengenai beberapa fungsi RAM di komputer dan perangkat komputasi lainnya adalah sebagai berikut.

1. Menyimpan data sementara

RAM menyimpan data sementara yang dibutuhkan komputer untuk menjalankan aplikasi, software, dan sistem operasi. Data ini hanya ada selama komputer menyala. Ketika aplikasi dibuka, data dan instruksi yang disimpan di RAM dapat diakses dengan cepat.

2. Membantu mempercepat pemrosesan

Karena memiliki kecepatan akses yang jauh lebih cepat daripada penyimpanan sekunder seperti Hard Drive, RAM membantu meningkatkan kecepatan akses data yang perlu untuk diproses pada unit pemrosesan.

3. Mendukung multitasking

RAM memungkinkan komputer menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Ketika membuka beberapa aplikasi secara bersamaan, RAM dapat menyimpan data dari semua aplikasi tersebut agar dapat dijalankan dengan cepat tanpa harus memuat ulang setiap saat.

4. Menyediakan ruang kerja untuk Prosesor

RAM menyediakan ruang kerja sementara bagi prosesor untuk memproses data. Prosesor mengambil data dari RAM untuk diproses, lalu hasil pemrosesan tersebut dapat disimpan kembali di RAM, sebelum dipindahkan ke penyimpanan permanen atau ditampilkan ke layar.

5. Memperlancar pemrosesan grafis

Fungsi RAM yang selanjutnya adalah memperlancar pemrosesan grafis. RAM dapat menyimpan data grafis yang sedang dipakai oleh unit pemrosesan. Data grafis di RAM bisa diakses dengan cepat, sehingga bisa diolah dan ditampilkan ke monitor dengan lancar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat