cpu-data.info

Arti Istilah “Gorpcore” yang Lagi Ramai di Media Sosial

Ilustrasi media sosial
Lihat Foto

- Bahasa gaul di media sosial (medsos) tak terhitung lagi jumlahnya. Dari sekian banyak bahasa gaul di media sosial, beberapa di antaranya ada yang dalam waktu tertentu ramai dipakai pengguna, salah satunya seperti istilah “Gorpcore”.

Beberapa waktu Belakangan ini, di medsos seperti X (dulu Twitter) dan TikTok, istilah Gorpcore tengah ramai dipakai pengguna. Beberapa dari Anda mungkin juga sudah sempat melihat istilah ini berseliweran di linimasa medsos.

Baca juga: Arti Kata Big L, Bahasa Gaul yang Ramai di Media Sosial

Meski tengah ramai dipakai, beberapa pengguna bisa jadi belum mengetahui arti Gorpcore. Dalam hal ini, pengguna mungkin tertarik ingin mengetahui arti Gorpcore yang ramai digunakan di medsos.

Lantas, sebenarnya apa itu Gorpcore? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ii mengenai arti Gorpcore sebagai bahasa gaul yang belakangan ini ramai dipakai di medsos.

Arti Gorpcore

Untuk diketahui, tiap bahasa gaul di medsos memiliki kebiasaan penggunaan. Di medsos, istilah Gorpcore kerap digunakan untuk mengomentari seseorang yang tampak mengenakan pakaian ala pendaki alias pakaian outdoor.

Dengan kebiasaan itu, lantas apa yang dimaksud dengan Gorpcore? Istilah Gorpcore sejatinya berkaitan dengan mode busana atau fashion. Secara spesifik, arti Gorpcore adalah tren fashion yang mengombinasikan gaya busana outdoor dengan gaya urban yang modis.

Untuk diketahui, berbagai perlengkapan aktivitas outdoor, termasuk pakaiannya, didesain dengan menekankan fungsionalitas dan kepraktisan, supaya dapat menunjang penggunanya yang tak jarang berada dalam lingkungan ekstrem seperti saat mendaki gunung.

Baca juga: Arti Kata “Bokem”, Bahasa Gaul yang Sering Digunakan di Media Sosial

Akan tetapi, kebutuhan untuk bergaya sehari-sehari terus berkembang. Pakaian outdoor yang mulanya menekankan fungsionalitas akhirnya juga dilirik sebagai sebuah tren fashion dan melahirkan istilah Gorpcore.

Gorpcore lekat dengan penggunaan pakaian luar ruangan untuk kegiatan sehari-hari. Gorpcore membuat pakaian outdoor tidak hanya dapat dipakai buat menunjang pendakian atau aktivitas luar ruangan lain, tetapi bisa pula dipakai untuk bergaya sehari-hari.

Sebagai sebuah fashion, Gorpcore telah lama muncul. Gillian McHattie, seorang penata gaya di platform Stitch Fix, mengatakan estetika fashion outdoor ditengarai telah muncul sejak pertengahan 2010-an, sebagaimana dikutip dari InStyle.

Menurutnya, Gorpcore muncul sebagai bentuk perkembangan dari streetwear dan kebutuhan akan tampilan yang bernuansa alam. Tren Gorpcore mendapat dukungan dari berbagai pihak, baik pelaku fashion maupun artis.

Dengan begitu, tak heran jika kini banyak pengguna yang ikut tren Gropcore. Sementara itu, sebagai sebuah istilah, Gorpcore juga bukanlah istilah yang muncul baru-baru ini. Istilah Gorpcore dicetuskan oleh Jason Chen, penulis di majalah fashion The Cut.

Ia menggunakan istilah Gorpcore pada artikelnya yang berjudul “First Came Normcore. Now Get Ready for Gorpcore” pada 2017. Dalam artikel itu, Chen memaparkan adanya fenomena tren fashion baru dengan kombinasi pakaian outdoor.

Chen kala itu mencatat banyak artis yang mulai mengenakan fashion outdoor, termasuk rapper kenamaan, Drake yang memakai jaket outdoor Stone Island saat tampil di festival Adult Swim pada 2017.

Tren fashion outdoor itu lantas disebutnya sebagai Gorpcore. Untuk diketahui, kata “Gorp” sebenarnya berasal dari akronim untuk “Good Old Raisins and Peanuts,” merek dari camilan kacang-kacangan yang populer bagi para pendaki.

Kemudian, istilah “core” mengacu pada sebuah gaya atau aliran tertentu. Secara sederhana, arti Gorpcore bisa dipahami sebagai tren fashion dengan gaya outdoor.

Baca juga: Arti Kata “Core”, Bahasa Gaul yang Lagi Viral di Media Sosial

Dari penjelasan di atas, tak heran jika banyak warganet yang menggunakan istilah ini untuk mengomentari pengguna lain yang mengenakan busana outdoor.

Itulah penjelasan mengenai arti Gorpcore yang tengah ramai kembali di medsos belakangan ini, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link #. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat