cpu-data.info

Nama Android 16 Bukan Kue dari Huruf "W", Google Setop Tradisi?

Ilustrasi Android 16 Baklava.
Lihat Foto

- Sejak sistem operasi (OS) smartphone Android 1.5 dirilis, Google memiliki tradisi untuk menggunakan nama kode (codename) kue atau camilan yang memiliki awalan huruf berurutan secara alfabet. 

Android versi 1.6, 2.0-2.1, 2.2, 2.3, 3.0, 4.0, 4.1-4.3, 4.4, 5.0-5.1, hingga 6.0, misalnya, masing-masing memiliki nama kode Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, KitKat, Lollipop, dan Marshmallow.

Hal ini berlanjut dengan Android versi 7.0-7.1, 8.0-8.1, 9, 10, 11, 12-12L, 13, 14, hingga 15 dengan nama kode masing-masing Nougat, Oreo, Pie, Quince Tart, Red Velvet Cake, Snow Cone, Tiramisu, Upside Down Cake, dan Vannila Ice Cream.

Baca juga: Google Resmi Rilis Android 15

Nah pada Android 16 nanti, nama kode yang dipakai kabarnya tak akan melanjutkan codename Vanilla Ice Cream di Android 15. Alih-alih menggunakan camilan dengan awalan huruf "W", Google disebut akan memakai nama kode dengan awalan huruf B, yaitu "Baklava".

Secara ide nama, Google sebenarnya masih menggunakan nama kue untuk versi Android mereka, lantaran Baklava merupakan kue pastry asal Turki yang memang populer di sana. Lantas, mengapa Google memilih nama ini?

Menurut peneliti kode OS Android dengan handle Github @teamb58 yang menguak nama kode OS Android 16 di atas, penamaan Baklava bisa dilihat dari perubahan salah satu elemen kode untuk OS Android 16. 

Nama kode Baklava untuk Android 16 terlihat di elemen kode Platform.AndroidAuthority Nama kode Baklava untuk Android 16 terlihat di elemen kode Platform.

OS Android 16 tahap awal sendiri kabarnyasudah tercantum dalam repositori OS Android yaitu Android Open Source Project (AOSP). Di AOSP, biasanya para pengembang bisa melihat sekaligus mengotak-atik dan memodifikasi versi Android yang sudah terdaftar di sana. 

Nah, dalam satu kode, deskripsi kode "min_sdk_version" untuk Android 16 ternyata diganti ke "Baklava". Pada Android 15, elemen kode ini memiliki deskripsi atau isi "VanillaIceCream" yang merupakan nama kode penerus Android 14 tersebut. 

Baca juga: Bukan Google Pixel, Ini HP Pertama yang Kebagian Android 15

Selain itu, elemen kode "PlatformSdkCodename" juga berisi "Baklava", bukan sesuatu atau kue yang berasal dari huruf "W" yang melanjutkan huruf "V" di nama kode Android 15 Vanilla Ice  Cream.

Belum ada informasi mengapa Google tak melanjutkan penamaan Vanilla Ice Cream untuk Android 16. Padahal, masih ada beberapa kue yang memiliki awalan huruf W, seperti Waffle, Wafer, Whoopie Pie, dan lain sebagainya. 

Belum ada kejelasan juga apakah Google akan benar-benar beralih ke Baklava untuk nama kode Android 16 mereka atau tidak. Sebab, pengembangan OS Android 16 belum diumbar ke publik. 

Perubahan nama build untuk OS Android 13 dan 14.AndroidAuthority Perubahan nama build untuk OS Android 13 dan 14.

Namun yang jelas, perubahan nama kode Android 16 juga kemungkinan ada hubungannya dengan versi build OS Android masa kini yang memiliki perubahan nama awalan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari AndroidAuthority, Kamis (3/10/2024). 

Pada Android 13 tahap akhir hingga Android 14 tahap awal dan pertengahan, misalnya versi build (update) yang dipakai diawali dengan huruf "U", sebagaimana tampak pada gambar di atas. 

Namun pada versi build Android 14 akhir berganti menjadi huruf "A", bukan huruf "V", dan ini kemungkinan akan berlanjut pada versi awal dan pertengahan Android 15. 

Selanjutnya, versi akhir Android 15 kemungkinan akan dimulai dengna huruf "B", begitu juga dengan versi awal dan pertengahan Android 16.

Artinya, terbilang cukup wajar apabila Android 16 nanti juga diawali dengan huruf "B", sama seperti awalan kode build untuk OS tersebut.

Lalu, benarkan Android 16 akan bernama Baklava? Kita nantikan saja pengembangan berikutnya mengenai OS Android versi terbaru yang kemungkinan diperkenalkan pada 2025 ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat