cpu-data.info

Bukan Google Pixel, Ini HP Pertama yang Kebagian Android 15

Jadwal rilis Android 15.
Lihat Foto

- Sistem operasi (OS) Android terbaru biasanya lebih dulu dirilis untuk ponsel buatan Google, yaitu Pixel Series. Namun, hal tersebut tampaknya tak berlaku bagi Android 15 yang diumumkan sekitar awal September ini. 

Pasalnya, sejumlah ponsel bikinan produsen smartphone asal China Vivo, seperti Vivo X100 Series, Vivo X Fold 3 Pro, hingga ponsel sub-merek Vivo iQoo 12 dikabarkan sudah mendapatkan pembaruan (update) untuk Android 15 mulai pekan ini.

Menurut dua pengguna X (Twitter) yang sering membagikan bocoran mengenai update terbaru dalam suatu smartphone, yaitu Ishan Agarwal (@ishanagarwal24) dan Alvin (@sondesix), ketiga ponsel Vivo tersebut sudah mendapatkan Android 15 melalui update antarmuka (UI) FuntouchOS 15.

Baca juga: Google Resmi Rilis Android 15

Ilustrasi ponsel Vivo yang dapat Android 15 duluan daripada Google Pixel.Gizchina Ilustrasi ponsel Vivo yang dapat Android 15 duluan daripada Google Pixel.

 

Adapun versi Android 15 yang didapat ponsel-ponsel Vivo tersebut adalah versi final atau stabil (stable), bukan versi percobaan yang masih harus diperbaiki alias beta. Dengan begitu, pengguna bisa dibilang dapat menikmati fitur-fitur Android 15 di ponsel Vivo dengan aman. 

Ishan dan Alvin mengatakan, Vivo sendiri akan meluncurkan Android 15 secara resmi dan bertahap ke sejumlah ponsel yang didukung dalam beberapa waktu ke depan, lebih awal dari peluncuran Android 15 di ponsel Google Pixel. 

Sementara Google konon bakal menggelontorkan Android 15 secara resmi di ponsel Pixel mereka, termasuk yang terbaru ponsel Pixel 9 Series, pada 15 Oktober mendatang. 

Belum ada informasi apakah rumor tersebut benar atau tidak. Namun yang jelas, apabila akurat, maka ponsel Pixel yang akan mendapatkan Android 15 adalah ponsel Pixel 6 Series ke atas, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari AndroidHeadlines, Senin (30/9/2024).

Selain tanggal peluncurannya masih misterius, tidak ada kejelasan juga mengapa ponsel buatan Google terkesan "lambat" untuk memberikan update Android 15, dan bahkan ketinggalan merek HP lain.

Boleh jadi, hal ini disebabkan karena Google memang sudah menyebar Android 15 versi stable ke repositori Android Open Source Project (AOSP).

Jika sudah masuk ke AOSP, maka semua orang, termasuk vendor HP, sangat bisa mengunduh, memodifikasi, serta menerapkan OS tersebut ke ponsel-ponsel mereka.

Baca juga: Google Umumkan Fitur Keamanan Baru di Android 15

Apa aja yang baru di Android 15?

Android 15 di ponsel Vivo akan menghadirkan banyak fitur baru, terutama fitur kecerdasan buatan (AI) yang bisa meningkatkan pengalaman pengguna. 

Beberapa di antaranya adalah AI Eraser yang diklaim dapat menghapus obyek mengganggu yang ada di dalam foto, hingga Shadow Removal Tool untuk menghapus efek bayangan yang mengganggu. Kedua fitur ini bisa ditemui di aplikasi galeri di HP Vivo. 

Kemudian ada juga fitur Live Transcribe yang bisa dipakai untuk melakukan transkrip pada suatu rekaman atau orang yang sedang berbicara secara langsung. Artinya, pengguna tak perlu lagi mengetik apa yang sedang dibicarakan oleh seseorang secara manual. 

Untuk Android 15 sendiri, beberapa fitur baru yang bisa dibilang cukup menarik adalah sebagia berikut:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat