cpu-data.info

Pengertian RAM, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenis-jenisnya

Ilustrasi RAM (Random Access Memory). RAM adalah komponen hardware untuk menyimpan data sementara di komputer.
Lihat Foto

- Pengguna yang tengah mempelajari tentang komponen komputer kiranya perlu mengetahui pengertian RAM dan beberapa hal dasar lainnya. RAM atau singkatan dari Random Access Memory merupakan perangkat yang jamak digunakan di komputer.

Tak hanya komputer, RAM juga biasa digunakan di perangkat mobile seperti laptop atau HP. Di perangkat-perangkat tersebut, termasuk komputer, RAM memiliki peran penting untuk mendukung pemrosesan data atau perintah.

Baca juga: Pengertian Storage Device, Lengkap dengan Jenis, Tipe, Contoh, dan Fungsinya

Untuk lebih mudah dalam memahami peran tersebut, pengguna penting mengetahui beberapa hal dasar soal RAM. Oleh karena itu, artikel ini bakal memaparkan beberapa hal dasar terkait RAM, seperti pengertian RAM, fungsi, cara kerja, dan jenis-jenisnya.

Lantas, sebenarnya apa yang dimaksud dengan RAM? Jika tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai pengertian RAM sebagai salah satu komponen yang terdapat di komputer dan perangkat lainnya.

Pengertian RAM

Untuk diketahui, jika di komponen komputer, RAM bisa dikategorikan sebagai processing device dan storage device. Pasalnya, RAM dapat membantu pemrosesan sekaligus memiliki peran untuk menyimpan data.

Jika didefinisikan, RAM adalah komponen hardware dalam perangkat komputasi yang bertugas menyediakan ruang penyimpanan data sementara untuk pemrosesan sistem operasi, pemrosesan software atau aplikasi, dan pemrosesan data lainnya.

Tujuan RAM menyimpan data sementara, yaitu agar data dapat diakses dengan cepat oleh unit pemrosesan atau prosesor di perangkat komputasi seperti komputer. Jadi, RAM bertugas untuk menyimpan data yang akan dipasok ke prosesor.

Seandainya dianalogikan, RAM memiliki peran yang mirip seperti gudang buat menyimpan barang sebelum diolah. Untuk diketahui, sebuah komputer bisa terdiri dari beragam jenis memori, termasuk ROM, RAM, dan Hard Drive.

Dari beberapa jenis memori itu, RAM tergolong sebagai memori utama lantaran memiliki peran untuk membantu jalannya proses komputasi di komputer. RAM biasanya memiliki kecepatan baca dan tulis data yang lebih cepat dibanding Hard Drive.

Namun, penyimpanan data di RAM bersifat sementara alias volatil. RAM hanya menyimpan data selama komputer hidup. Jika komputer mati atau dayanya padam, data yang tersimpan di RAM bakal hilang juga.

Skema penyimpanan data di RAM sangat berbeda dengan di penyimpanan sekunder seperti Hard Drive, yang mana jika di Hard Drive data bakal tersimpan permanen alias selamanya, meski komputer mati.

Itulah penjelasan mengenai pengertian RAM yang digunakan di komputer dan perangkat komputasi lainnya seperti laptop ataupun HP. Dari pengertian ini, RAM umum disamakan dengan ROM.

Namun, kedua jenis memori itu sejatinya berbeda. Lantas, apa perbedaan RAM dan ROM? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai perbedaan RAM dan ROM sebagai memori di perangkat komputasi.

Perbedaan RAM dan ROM

Untuk diketahui, ROM adalah singkatan dari Read Only Memory. Di komputer, RAM dan ROM sama-sama dikategorikan sebagai memori utama. Akan tetapi, dua jenis memori tersebut pada dasarnya punya fungsi yang berbeda.

RAM memiliki fungsi buat menyimpan data sementara untuk diproses unit pemrosesan. Sementara itu, ROM berfungsi buat menyimpan data, kode, atau instruksi awal untuk memuat atau menjalankan komputer saat pertama kali hidup.

Selain fungsi yang berbeda, skema penyimpanan antara di RAM dengan di ROM juga berbeda. Skema penyimpanan di RAM bersifat volatil, yang berarti data akan lenyap atau hilang ketika komputer mati.

Sementara itu, skema penyimpanan di ROM bersifat non-volatil, yang berarti data bakal tetap tersimpan permanen meski komputer mati. Akan tetapi, ROM berbeda dengan Hard Drive. Sebab, data di ROM umumnya hanya bisa dibaca, tidak dapat ditulis atau ditambah lagi.

Itulah beberapa perbedaan RAM dan ROM yang perlu diketahui. Sebagaimana disebutkan di atas, RAM memiliki fungsi penting bagi perangkat komputasi. Lantas, sebenarnya apa fungsi RAM di komputer?

Fungsi RAM

Ada beberapa fungsi RAM yang perlu diketahui. Secara umum, seperti yang dijelaskan pada pemaparan pengertian RAM di atas, RAM memiliki fungsi untuk menyimpan data sementara yang digunakan untuk pemrosesan.

Dengan begitu, RAM juga berfungsi untuk membantu memperlancar proses pemrosesan data. Adapun penjelasan yang lebih detail mengenai beberapa fungsi RAM di komputer dan perangkat komputasi lainnya adalah sebagai berikut.

1. Menyimpan data sementara

RAM menyimpan data sementara yang dibutuhkan komputer untuk menjalankan aplikasi, software, dan sistem operasi. Data ini hanya ada selama komputer menyala. Ketika aplikasi dibuka, data dan instruksi yang disimpan di RAM dapat diakses dengan cepat.

2. Membantu mempercepat pemrosesan

Karena memiliki kecepatan akses yang jauh lebih cepat daripada penyimpanan sekunder seperti Hard Drive, RAM membantu meningkatkan kecepatan akses data yang perlu untuk diproses pada unit pemrosesan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat