cpu-data.info

Moto G75 5G Meluncur, Ponsel Pertama dengan Chipset Snapdragon 6 Gen 3

Moto G75 5G
Lihat Foto

- Motorola resmi meluncurkan smartphone terbarunya, Moto G75 5G, Selasa (1/10/2024). Ponsel ini sudah muncul di situs resmi Motorola di wilayah Eropa Barat.

Moto G75 5G menjadi ponsel pertama di dunia yang ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 6 Gen 3. Chip untuk smartphone kelas menengah (mid-range) ini debut pada September lalu.

System-on-Chip berfabrikasi 4 nm ini memiliki delapan inti (octa-core), yang mencakup empat inti Cortex-A78 dengan clockspeed 2,4 GHz, dan empat inti Cortex-A55 dengan clockspeed 1,8 GHz. Unit pengolah grafis (GPU) yang digunakan adalah Adreno 710.

Bila dibandingkan dengan pendahulunya, Snapdragon 6 Gen 1, chip anyar ini membawa peningkatan kinerja CPU hingga 10 persen, peningkatan kinerja GPU hingga 30 persen, performa multi tasking yang lebih mulus, pengalaman gaming yang lebih baik, dan pemuatan (loading) aplikasi lebih cepat.

Baca juga: Qualcomm Rilis Chip Snapdragon 6 Gen 3, Bawa AI untuk HP Menengah

Chipset ini kemudian dipadankan dengan RAM LPPDR4X 8 GB dan media penyimpanan (storage) UFS 2.2 256 GB.

RAM ini bisa diperluas menjadi 16 GB dengan memanfaatkan virtual RAM dan kapasitas storage dapat ditambah melalui MicroSD. Namun, karena slotnya hybrid, pengguna harus memilih ingin menambah kapasitas storage atau dual-SIM.

Moto G75 5G menjalankan sistem operasi (OS) Android 14, yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) MyUX. Motorola menjanjikan pembaruan sistem operasi hingga lima generasi, dan pembaruan keamanan hingga enam tahun.

Soal tampilan, smartphone dengan konektivitas 5G ini mengusung layar IPS LCD berbentang 6,78 inci, dengan resolusi Full HD Plus, refresh rate 120 Hz, kaca pelindung Gorilla Glass 5, dan tingkat kecerahan (brightness) maksimum 1.000 nits.

Refresh rate yang tinggi memungkinkan pengguna menggulirkan (scrolling) layar dengan mulus, sedangkan tingkat kecerahan yang tinggi membuat pengguna lebih nyaman ketika memakai smartphone di bawah sinar matahari.

Bagian tengah atas layar dihias oleh modul lubang (punch hole) yang memuat kamera selfie 16 MP. Bicara soal kamera, kamera belakang ponsel ini dibagi menjadi kamera utama 50 MP (dibekali penstabil gambar OIS), kamera ultra wide 8 MP, dan sensor flicker.

Kamera belakang ini ditempatkan dalam modul persegi yang menonjol. Ada pula sebuah lampu LED flash untuk menyokong fotografi dalam kondisi minim cahaya.

Ponsel pertama dengan chipset Snapdragon 6 Gen 3 ini, ditunjang oleh baterai jumbo berkapasitas 5.000 mAh, dengan teknologi pengisian cepat (fast charging) via kabel (wired) berdaya 30 Watt, dan secara nirkabel (wireless) berdaya 15 Watt.

Baca juga: Smartphone Moto S50 Meluncur, Kembaran Motorola Edge 50 Neo

Moto G75 5GGizmoChina Moto G75 5G
Spesifikasi lain dari Moto G75 5G mencakup pemindai sidik jari (fingerprint) yang terintegrasi dengan tombol daya (side-mounted), Bluetooth 5.4, NFC, port USB-C, dual speaker berteknologi Dolby Atmos, dan Wi-Fi 802.11ax.

Gawai ini juga sudah mengantongi sertifikasi ketahanan air dan debu dengan rating IP68, serta ketahanan militer MIL-STD-810H.

MIL-STD-810H merupakan standar uji ketahanan yang menguji smartphone di suhu tinggi, tekanan rendah di ketinggian tertentu, suhu rendah, kontaminasi cairan, radiasi sinar matahari, hujan, getaran, guncangan, dan masih banyak lagi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat