cpu-data.info

13 Game yang Lebih Bagus Dimainkan di PS5 Pro

Marvel's Spider-Man 2
Lihat Foto

- Sony resmi mengumumkan kehadiran konsol terbarunya dari keluarga PlayStation 5 (PS5), yaitu PlayStation 5 Pro (PS5 Pro), Selasa (10/9/2024). Konsol ini diposisikan sebagai model PS5 terkuat Sony untuk saat ini.

PS5 mengunggulkan tiga fitur utama, yaitu unit pengolah grafis (GPU) yang lebih besar, dengan kemampuan rendering 45 persen lebih ngebut, teknik pemrosesan efek cahaya realistis alias ray tracing tingkat lanjut, serta teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan kualitas gambar (upscaling).

Sejumlah game yang dirilis di konsol PS5 dipastikan bakal dioptimalkan di PS5 Pro, dan memanfaatkan ketiga peningkatan spesifikasi di atas.

Salah satunya adalah Marvel's Spider-Man 2, yang kini bisa membawa visual fantastis dengan frame rate yang tinggi di PS5 Pro.

Baca juga: Sony PlayStation 5 Pro Resmi Meluncur, Desain Baru dan Lebih Ngebut

Untuk diketahui, PS5 "reguler" mempunyai tiga mode sistem, yaitu Fidelity (visual fantastis dengan ray tracing, frame rate 30 fps), Performance (visual diturunkan, 60 fps), dan Performance RT (visual diturunkan tetapi memakai ray tracing, 60 fps).

Makin tinggi frame rate, makin mulus pula gameplay permainan, alias tidak patah-patah.

Nah, PS5 Pro berusaha untuk memberikan visual memanjakan mata sesuai rancangan para pengembang (developer) game, dan frame rate tinggi yang diinginkan gamer.

Perbandingan tampilan Marvel's Spider-Man 2 di PS5 reguler dengan mode Fidelity, dan di PS5 Pro. Versi PS5 Pro membawa visual sekelas PS5 dengan mode Fidelity, tetapi dengan frame rate 60 fps, meningkat dari 30 fps.PlayStation Perbandingan tampilan Marvel's Spider-Man 2 di PS5 reguler dengan mode Fidelity, dan di PS5 Pro. Versi PS5 Pro membawa visual sekelas PS5 dengan mode Fidelity, tetapi dengan frame rate 60 fps, meningkat dari 30 fps.
Jadi, keduanya diseimbangkan tanpa mengorbankan aspek visual (seperti mode Performance di PS5), atau frame rate (mode Fidelity di PS5). Marvel's Spider-Man 2 di PS5 Pro membawa kualitas visual sekelas mode Fidelity punya PS5, sambil mempertahankan frame rate 60 fps.

Game The Last of Us Part 2 Remastered juga didukung fitur yang sama.

Ada pula Horizon Forbidden West dengan peningkatan di aspek pencahayaan serta tekstur kulit dan rambut. Di sisi lain, peningkatan ray tracing paling terlihat di game balapan Gran Turismo 7, yang mendukung refleksi cahaya antara mobil dengan frame rate 60 fps.

Selain sejumlah game di atas, masih banyak game PS5 yang bakal memanfaatkan kekuatan PS5 Pro, baik game first-party bikinan atau terbitan Sony, dan game bikinan developer pihak ketiga (third-party).

Mekanismenya, para developer ini bakal membuat pembaruan (update) software gratis untuk game bikinannya, sehingga game tersebut bisa menggunakan fitur PS5 Pro.

Deretan game yang bisa memanfaatkan teknologi PS5 Pro bakal diberi label berbunyi "PS5 Pro Enhanced".

Ada kemungkinan label ini akan muncul di halaman situs penjualan game tersebut di PlayStation Store, atau ditempel di boks kaset fisik PS5.

Selengkapnya, pemain bisa melihat daftar game yang dioptimalkan di PS5 Pro di bawah ini:

Baca juga: Ini Harga Konsol Game Sony PS5 Pro, Dijual mulai 7 November

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat