cpu-data.info

Tombol Serupa "Camera Control" di iPhone 16 Sudah Lama Hadir di HP Android

Ilustrasi penekanan tombol Camera Control di iPhone 16
Lihat Foto

- Apple resmi meluncurkan iPhone 16 series lewat acara Apple Event bertema "It's Glowtime" di Cupertino, Amerika Serikat pada Senin (9/9/2024) waktu setempat.

Salah satu peningkatan pada ponsel pintar generasi baru Apple itu yakni hadirnya tombol "Camera Control". Sebagaimana namanya, tombol ini didedikasikan untuk mengoperasikan aplikasi kamera ponsel.

Camera Control di posisikan di sisi kanan bawah ponsel, mirip seperti tombol utama pada sebagian besar kamera digital atau DSLR. Ketika ponsel diposisikan landscape, maka tombol Camera Control berada di kanan atas, persisi seperti mengoperasikan kamera DSLR atau mirrorless.

Tidak hanya untuk memotret, tombol Camera Control juga bisa mengatur zoom foto, atau menentukan fokus obyek.

Baca juga: iPhone 16 dan iPhone 16 Plus Resmi, Kamera Jadi Vertikal dan Ada Tombol Baru

Ilustrasi aneka tombol termasuk tombol Camera Control di iPhone 16Apple Ilustrasi aneka tombol termasuk tombol Camera Control di iPhone 16

Meski terbilang baru bagi iPhone, fungsi serupa sebenarnya sudah tidak asing di Android. Bahkan, smartphone Android tidak memerlukan tombol khusus untuk meluncurkan atau mengoperasikan aplikasi kamera.

Pengguna Android bisa memanfaatkan tombol daya (power) untuk meluncurkan kamera, walaupun smartphone dalam keadaan terkunci. Caranya dengan menekan tombol power dua kali dalam tempo agak cepat.

Penggunaan tombol power sebagai tombol shutter tersedia di beberapa merek smartphone seperti Google Pixel, Samsung Galaxy atau Xiaomi termasuk Xiaomi 12 Lite.

Tombol volume dan daya Xiaomi 12 Lite/Lely Maulida Tombol volume dan daya Xiaomi 12 Lite

Merek smartphone Android lainnya juga mendukung fungsi serupa, tetapi dengan memakai cara penggunaan yang sedikit berbeda. Misalnya Asus Zenfone 11 Ultra yang menyediakan opsi tekan (hold) tombol power agak lama untuk meluncurkan kamera.

Tidak hanya untuk kamera, pengguna smartphone Android bisa mengatur mekanisme yang sama untuk menjalankan fungsi lain, misalnya untuk membuka Google Assistant, mematikan lampu flash LED setelah menyala dan lain sebagainya. Semua opsi ini tersedia pada menu Pengaturan (Setting) ponsel.

Bisa zoom in, zoom out

Terlepas dari fungsinya yang mirip-mirip, Control Camera pada iPhone 16 memang terbilang lebih mumpuni. Sebab, selain untuk memotret foto, tombol itu bisa dipakai untuk mengatur fokus, eksposur serta memperbesar gambar (zoom) hingga memilih filter foto. Sekilas fungsinya cukup mirip dengan tombol di kamera DSLR.

Pengguna bisa menekan tombol dengan lembut untuk memfokuskan kamera pada objek, sedangkan tekanan yang penuh memungkinkan pengguna mengambil gambar.

Ilustrasi pengoperasian tombol Camera Control di iPhone 16Apple Ilustrasi pengoperasian tombol Camera Control di iPhone 16

Tombol ini juga sensitif terhadap sentuhan, dan bisa digeser (slide) untuk menyesuaikan pengaturan zoom. Antarmuka (UI) zoom ini bakal ditampilkan pada layar di bawah tombol Camera Control.

Apple juga memanfaatkan Camera Control untuk menjalankan fitur "Visual Intelligence". Fitur ini memungkinkan pengguna mengarahkan kamera ke obyek atau pemandangan tertentu, sehingga pengguna bisa mendapat informasi lebih lanjut terkait obyek yang ditangkap tadi.

Fitur itu sederhananya seperti Google Lens atau Circle to Search di beberapa smartphone Samsung seperti Galaxy S24 series.

Baca juga: iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max Dirilis, Punya Layar Terbesar dan Chip A18 Pro

Sebelumnya, Apple menghadirkan Action Button di iPhone 15 Pro. Tombol ini bisa menjalankan beberapa fungsi, salah satunya meluncurkan aplikasi kamera dengan cara menekan dan menahan (hold) tombol beberapa saat.

Namun, hal ini dinilai kurang gesit untuk meluncurkan kamera, apalagi Action Button posisinya di sisi kiri atas ponsel, sehingga dinilai kurang ergonomis, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5mac, Rabu (11/9/2024).

Karena itulah outlet media teknologi 9to5google menilai hadirnya Camera Control di iPhone 16 series sebagai peningkatan yang cukup berfaedah meskipun fungsi yang sama sudah hadir di smartphone Android selama sekitar satu dekade terakhir.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat