cpu-data.info

TWS Apple AirPods 4 Dirilis, Bawa Fitur Peredam Suara Baru

AirPods 4 meluncur bersama iPhone 16 series di Apple Event It's Glowtime
Lihat Foto

- Earphone True Wireless Stereo (TWS) AirPods 4 resmi dirilis dalam acara Apple Event bertema "It's Glowtime" di Cupertino, Amerika Serikat pada Senin (9/9/2024) waktu setempat atau Selasa dini hari waktu Indonesia. Earbuds ini dirilis bersamaan dengan iPhone 16 series dan Apple Watch Series 10.

AirPods 4 hadir dalam dua varian yaitu varian standar dan versi dengan fitur Active Noise Cancellation (ANC). Ini sekaligus menandai pertama kalinya Apple meluncurkan dua versi earbuds yang berbeda dalam satu model AirPods.

Desain Airpods 4 baik versi standar maupun ANC kurang lebih sama seperti generasi sebelumnya. Sebab, keduanya masih mengusung desain open-ear tanpa eartips seperti AirPods Pro.

Baca juga: Gara-gara Salah Lacak AirPods, Keluarga Jadi Sasaran Salah Tangkap Polisi

Peningkatan pada aspek desain terletak pada charging case AirPods 4. Apple memperbarui charging case perangkat True Wireless Stereo (TWS) ini menjadi lebih ringan dan mengeklaim bahwa cangkang AirPods 4 paling ringan dan paling portable dari generasi AirPods sebelumnya.

Bobot charging case AirPods 4 adalah 32,3 - 34,7 gram, dihimpun KompasTekno dari situs resmi Apple, Selasa (10/9/2024). Bobotnya memang lebih ringan ketimbang charging case AirPods 3 yaitu 37,91 gram.

Selain itu, charging case AirPods 4 dilengkapi dengan speaker kecil, sehingga lebih mudah ditemukan saat terselip memakai fitur Find My, atau memberikan notifikasi ketika ada panggilan masuk dan sebagainya.

Peningkatan lainnya terletak pada jeroan perangkat karena Apple menambahkan sejumlah fitur baru termasuk ANC, hingga aneka fitur yang meningkatkan kualitas audio earbuds nirkabel tersebut.

Fitur ANC sendiri sebelumnya hanya tersedia untuk AirPods Pro saja, tetapi kini turut melengkapi AirPods 4 khususnya versi ANC.

Spesifikasi AirPods 4 dan AirPods 4 ANC

AirPods 4 ditenagai dengan chip H2, meningkat dari generasi sebelumnya chip H1. Chip ini diklaim membuat AirPods 4 mampu menawarkan sejumlah fitur termasuk Voice Isolation yang akan memberikan kualitas suara jernih saat bertelepon, bagaimanapun kondisi sekitar, hingga gerakan angguk atau geleng untuk berinteraksi asisten Siri.

Chip ini juga diklaim membuat AirPods 4 bisa menunjang permainan game mobile karena mendukung latensi yang rendah tetapi kualitas audionya tetap unggul, misalnya saat pengguna bermain game sambil mengobrol dengan pemain lainnya dalam tim yang sama.

AirPods 4 meluncur bersama iPhone 16 series di Apple Event It's GlowtimeApple AirPods 4 meluncur bersama iPhone 16 series di Apple Event It's Glowtime

Apple juga sesumbar AirPods 4 dilengkapi arsitektur akustik baru, hingga pelacakan kepala dinamis agar menawarkan pengalaman audio spasial lebih baik. TWS ini juga memiliki mikrofon ganda hingga force sensor yang bisa dipakai untuk mengoperasikan pemutaran musik, panggilan dan lain sebagainya.

Urusan daya, AirPods 4 diklaim menawarkan daya tahan sampai 30 jam dengan diisi ulang lewat charging case-nya. Khusus untuk AirPods 4 ANC, daya tahannya bisa sampai 20 jam bila fitur ANC-nya diaktifkan.

Pengisian ulang daya pada charging case AirPods 4 kini didukung dengan port USB-C, bukan lagi lightning seperti AirPods 3. Cangkang AirPods 4 ANC juga bisa diisi ulang dengan pengisi daya nirkabel.

Baca juga: Apple Perkenalkan Chip A18 dan A18 Pro, Ini Kemampuannya

AirPods 4 meluncur bersama iPhone 16 series di Apple Event It's GlowtimeApple AirPods 4 meluncur bersama iPhone 16 series di Apple Event It's Glowtime

Adapun fitur peredam bising di AirPods 4 ANC sendiri berjalan dua arah, jadi suara sekitar pengguna akan diredam ketika memutar musik atau saat melakukan panggilan telepon.

Tersedia pula aneka mode ANC, misalnya mode Transparency yang akan memungkinkan pengguna tetap mendengar suara lingkungan sambil mendengarkan musik, atau mode Adaptive Audio yang akan menyesuaikan fokus suara berdasarkan kondisi lingkungan pengguna, mode Conversation Awareness yang akan menurunkan volume media ketika pengguna berbicara dengan orang di dekatnya.

Harga AirPods 4 versi standar dibanderol seharga 129 dollar AS (sekitar Rp 1,9 juta). AirPods 4 ANC dibanderol seharga 179 dollar AS (sekitar Rp 2,7 juta).

Apple sudah membuka sesi pemesanan AirPods 4 lewat toko online Apple Store di Amerika Serikat. TWS ini akan tersedia mulai Jumat (20/9/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat