cpu-data.info

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus Resmi, Kamera Jadi Vertikal dan Ada "Tombol" Baru

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus resmi meluncur
Lihat Foto

- Apple resmi meluncurkan iPhone 16 dan iPhone 16 Plus dalam acara Apple Event berjudul "It's Glowtime" pada Senin (9/9/2024) waktu Amerika Serikat atau Selasa (10/9/2024) dini hari waktu Indonesia.

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus membawa sejumlah perbedaan dibanding pendahulunya, termasuk desain. Kini, Apple kembali mengadopsi susunan kamera belakang secara vertikal ala iPhone X, bukan diagonal seperti iPhone 15.

Kamera belakang duo ponsel ini dimuat dalam modul vertikal menyerupai pil. Di samping modul tersebut, terdapat sebuah lampu LED flash untuk fotografi dalam kondisi minim cahaya.

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus juga meninggalkan tombol geser Mute Switch, yang berguna untuk mematikan suara (mute) ketika ada panggilan masuk. Kini, iPhone 16 dan iPhone 16 Plus dibekali tombol Action Button yang dulu hadir di iPhone 15 model Pro.

Action Button sendiri adalah tombol yang digunakan sebagai pintasan (shortcut) untuk menjalankan fungsi atau aplikasi yang ditentukan.

Baca juga: iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max Dirilis, Punya Layar Terbesar dan Chip A18 Pro

Tombol tambahan "Camera Control"

iPhone 16 dibekali Camera Button untuk membuka kamera dengan cepat, mengatur zoom, dan mengatur fokus kamera.YouTube iPhone 16 dibekali Camera Button untuk membuka kamera dengan cepat, mengatur zoom, dan mengatur fokus kamera.
Masih soal tombol, kedua ponsel teranyar Apple ini turut dilengkapi tombol Camera Control yang diposisikan di kanan bawah gawai. Tombol ini fungsinya mirip seperti tombol kamera DSLR.

Pengguna bisa menekan tombol dengan lembut untuk memfokuskan kamera pada objek, sedangkan tekanan yang penuh memungkinkan pengguna mengambil gambar.

Tombol ini juga sensitif terhadap sentuhan, dan bisa digeser (slide) untuk menyesuaikan pengaturan zoom. Antarmuka (UI) zoom ini bakal ditampilkan pada layar di bawah tombol Camera Control.

Bagian punggung iPhone 16 dan iPhone 16 Plus menggunakan material kaca.

Layar lebar

Perbandingan ukuran iPhone 16 dan iPhone 16 Plus yang dirilis pada Senin (9/9/2024).GSM Arena Perbandingan ukuran iPhone 16 dan iPhone 16 Plus yang dirilis pada Senin (9/9/2024).

iPhone 16 mengusung layar OLED berukuran 6,1 inci, sedangkan iPhone 16 Plus menghadirkan layar lebih besar yakni 6,7 inci. Ukuran layar ini sama seperti yang dimiliki iPhone 15 model "reguler" dan Plus.

Layar iPhone 16 memiliki resolusi 2.556 x 1.179 piksel dengan kerapatan piksel 460 ppi. Di sisi lain, layar iPhone 16 Plus memiliki resolusi 2.796 x 1.290 piksel dengan kerapatan piksel 460 ppi.

Keduanya sudah dibekali tingkat kecerahan (brightness) maksimum 2.000 nits dan minimum 1 nit, HDR, rasio kontras 2.000.000:1, gamut warna P3, dan Dynamic Island.

Dynamic Island memungkinkan poni (notch) menampilkan animasi dinamis untuk beberapa notifikasi aplikasi, seperti panggilan telepon, alarm, dan perekaman suara.

Layar juga dilindungi oleh kaca Ceramic Shield generasi terbaru, yang diklaim 50 persen lebih tangguh dibanding Ceramic Shield generasi pertama, dan dua kali lebih tangguh dibanding kaca di smartphone lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat