cpu-data.info

iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max Dirilis, Punya Layar Terbesar dan Chip A18 Pro

Apple merilis iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max pada Senin (9/9/2024) waktu AS atau Selasa dini hari waktu Indonesia. Kedua ponsel terbaru Apple ini punya ukuran layar yang lebih besar dari pendahulunya.
Lihat Foto

- Selain merilis iPhone 16 reguler dan iPhone 16 Plus, Apple juga meluncurkan duo iPhone 16 Pro series terbarunya, yakni iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max dalam acara Apple Event bertajuk "It's Glowtime" pada Senin (9/9/2024) waktu Amerika Serikat atau Selasa (10/9/2024) dini hari waktu Indonesia.

Sebagai suksesor iPhone 15 Pro series, iPhone 16 Pro series kini dibekali dengan beragam peningkatan. Mulai dari aspek layar yang lebih besar, chipset lebih baru, kamera ultrawide naik kelas menjadi 48 MP, ada zoom optis 5x di iPhone 16 Pro, hingga baterai yang lebih besar.

Untuk aspek layar, iPhone 16 Pro kini dibekali layar 6,3 inci, naik dari 6,1 inci pada iPhone 15 Pro tahun lalu.

Sementara iPhone 16 Pro Max dibekali layar 6,9 inci, menjadi rekor layar terbesar dalam sejarah iPhone. Ukuran layar ini naik dari 6,7 inci pada 15 Pro Max.

Duo iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max hadir dengan chip baru Apple A18 Pro yang dibuat dengan fabrikasi 3nm. Chip Apple 18 Pro diklaim menghadirkan kinerja 15 persen lebih cepat daripada iPhone 15 Pro series.

Ponsel ini juga memiliki kinerja grafis yang lebih baik berkat GPU 6-core yang 20 persen lebih cepat daripada A17 Pro pada iPhone 15 Pro series.

Baca juga: iPhone 16 dan iPhone 16 Plus Resmi, Punya Tombol Tambahan dan Kamera Vertikal

Apple Intelligence

Tak hanya itu, chip Apple A18 Pro ini memiliki dengan 16-core neural engine yang dikatakan akan menawarkan "kinerja luar biasa" untuk fitur-fitur baru AI, Apple Intelligence.

Fitur AI barunya mencakup Writing Tools (menulis ulang e-mail, pesan, dll), perekaman, transkripsi, dan ringkasan audio, ringkasan notifikasi, Pesan Prioritas di Mail, ringkasan email, Siri yang didesain ulang dengan kemampuan pemahaman yang lebih kaya, dan memerintah Siri dengan ketikan.

Kemudian, pada akhir tahun ini dan dalam beberapa bulan berikutnya, serangkaian fitur baru akan diluncurkan - termasuk Image Playground, yang memungkinkan pengguna membuat gambar dan emoji. Integrasi Siri chatbot milik OpenAI, ChatGPT, juga akan hadir.

Saat ini, fitur-fitur AI tersebut tidak hadir sebagai fitur bawaan di iPhone 16 Pro series. Apple akan menyebar Apple Intelligence lewat pembaruan software gratis bulan depan dengan serangkaian fitur pertama mendukung Bahasa Inggris di "sebagian besar wilayah di seluruh dunia".

Tombol Camera Control baru

Seperti iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max juga turut dilengkapi tombol Camera Control baru. Tombol ini diposisikan di bawah tombol power yang ada di sisi kanan bodi gawai.

Tombol Camera Control ini bisa menjadi shortcut untuk membuka aplikasi kamera. Pengguna bisa menekan tombol dengan lembut untuk memfokuskan kamera pada objek, sedangkan tekanan yang penuh memungkinkan pengguna mengambil gambar.

Tombol ini juga sensitif terhadap sentuhan, dan bisa digeser (slide) untuk menyesuaikan pengaturan zoom. Antarmuka (UI) zoom ini bakal ditampilkan pada layar di bawah tombol Camera Control.

Tombol Camera Control juga bisa mengubah Style foto. Fitur ini memungkinkan pengguna mengubah gaya di foto, setelah pengguna mengambil gambar.

Spesifikasi iPhone 16 Pro

Perbandingan ukuran layar iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max. GSM Arena Perbandingan ukuran layar iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat