cpu-data.info

4 Cara Ganti Password Gmail dengan Mudah untuk Berbagai Kondisi

Cara ganti password Gmail.
Lihat Foto

- Pengguna penting untuk mengetahui beberapa panduan dalam mengelola akun e-mail Gmail. Salah satu panduan itu seperti cara ganti password Gmail. Cara ini bakal berguna dalam berbagai kondisi.

Cara ganti password Gmail bakal berguna dalam kondisi, misalnya, pengguna ingin memperbarui kata sandi lama dengan komposisi yang lebih kuat. Password yang kuat dibutuhkan agar akun Gmail tak mudah dibobol.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Penyimpanan Gmail Penuh dengan Mudah dan Praktis

Selain itu, cara mengganti password Gmail juga dibutuhkan buat mengatasi masalah yang umum terjadi, yaitu lupa kata sandi. Jika lupa kata sandi Gmail, pengguna perlu menggantinya agar bisa login.

Lantaran bakal berguna untuk berbagai kondisi, pengguna kiranya perlu mengetahui cara mengganti password Gmail. Lantas, bagaimana cara ganti password Gmail?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan penjelasan di bawah ini mengenai cara ganti password Gmail untuk berbagai kondisi seperti saat lupa atau ingin memperbaruinya.

Cara ganti password Gmail

Cara ganti password Gmail itu pada dasarnya cukup mudah. Ada banyak pilihan cara mengganti password Gmail yang bisa dilakukan pengguna untuk berbagai kondisi seperti saat lupa atau ingin memperbaruinya.

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Penyimpanan Gmail Penuh padahal E-mail Sudah Dihapus, Mudah

Namun, tiap kondisi itu memiliki cara ganti password Gmail yang sedikit berbeda. Adapun penjelasan yang lebih detail mengenai cara mengganti password Gmail adalah sebagai berikut.

1. Cara ganti password Gmail di menu pengaturan akun

Cara ganti password Gmail yang pertama adalah melalui menu pengaturan akun. Cara ini cocok dilakukan untuk kondisi ketika pengguna ingat kata sandi Gmail dan ingin memperbaruinya dengan komposisi yang lebih kuat. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka website ini #. Pastikan telah login akun Gmail di website tersebut dengan memasukkan alamat e-mail dan password.
  • Jika sudah login, pilih menu “Keamanan” dan klik opsi “Sandi”.
  • Masukkan password yang lama untuk memverifikasi permintaan mengganti password.
  • Selanjutnya, buat password baru untuk menggantikan yang lama dan konfirmasi.

Ilustrasi cara ganti password Gmail di menu pengaturan akun./Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara ganti password Gmail di menu pengaturan akun.

Kini, pengguna berhasil mengganti password Gmail yang lama dengan yang baru. Penting diingat, cara di atas hanya bisa dilakukan saat pengguna ingat password Gmail yang lama. Cara tersebut tidak dapat dilakukan saat pengguna lupa kata sandi Gmail.

Bila lupa, terdapat cara lain yang bisa dipakai untuk mengganti kata sandi Gmail. Untuk lebih lengkapnya, penjelasan soal cara mengganti password Gmail yang lupa kata sandi sendiri bisa dilihat di bawah ini.

2. Cara mengganti password Gmail dengan nomor telepon

Cara mengganti password Gmail yang kedua adalah menggunakan nomor telepon untuk menerima kode verifikasi. Cara kedua ini dapat dilakukan untuk kondisi ketika pengguna lupa kata sandi Gmail dan akun telah ditautkan dengan nomor telepon yang aktif.

Saat lupa kata sandi Gmail, pengguna bisa mengajukan permintaan untuk menggantinya dengan diverifikasi menggunakan nomor telepon yang terdaftar. Dalam pendaftaran akun Gmail, pengguna biasanya diminta mencantumkan nomor telepon aktif.

Nomor telepon itu berfungsi untuk mengirim kode verifikasi saat terdapat permintaan atas berbagai perubahan pada akun Gmail, termasuk dalam urusan pergantian password Gmail karena lupa.

Kode verifikasi permintaan ganti password Gmail itu bakal dikirim via SMS ke nomor telepon terdaftar itu. Adapun penjelasan soal cara mengganti password Gmail dengan nomor telepon saat lupa kata sandi adalah sebagai berikut:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat