cpu-data.info

Cara Mengganti Nomor WhatsApp Tanpa Keluar Grup dengan Mudah dan Praktis

Cara ganti nomor WhatsApp tanpa keluar grup.
Lihat Foto

- Terdapat beberapa panduan yang perlu diketahui pengguna dalam mengelola akun pada platform WhatsApp atau biasa disingkat WA. Salah satu panduan itu seperti cara ganti nomor WhatsApp tanpa keluar grup.

Cara mengganti nomor WA tanpa kehilangan grup ini bakal berguna ketika pengguna hendak ganti nomor telepon yang dipakai sebagai akun WhatsApp karena masa aktifnya sudah habis atau sudah hangus.

Baca juga: Cara Memindahkan WhatsApp ke HP Baru Tanpa Verifikasi karena Nomor Tidak Aktif, Mudah

Akun WhatsApp perlu menggunakan nomor telepon yang aktif agar bisa menerima kode verifikasi buat login. Oleh karena itu, jika nomor WhatsApp lama sudah tidak aktif, pengguna butuh menggantinya dengan yang baru, yang masih aktif.

Akan tetapi, pengguna mungkin khawatir ketika nomor telepon diganti dengan yang baru, data WhatsApp bakal hilang, termasuk grup yang diikuti. Lantas, sebenarnya apakah ganti nomor WhatsApp grup akan hilang?

Grup WhatsApp di nomor telepon lama bisa saja hilang apabila pengguna mengganti nomor dengan registrasi ulang atau membuat akun baru dari awal. Namun, jika hanya mengganti nomor, pengguna tak akan kehilangan grup WhatsApp.

Oleh karena itu, pengguna penting buat mengetahui cara mengganti nomor WA tanpa kehilangan grup. Lantas, bagaimana cara mengganti nomor WhatsApp tanpa kehilangan grup? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara mengganti nomor WA tanpa kehilangan grup.

Cara mengganti nomor WA tanpa kehilangan grup

Cara ganti nomor WhatsApp tanpa keluar grup itu pada dasarnya sangat mudah. Pengguna bisa melakukan pergantian atau peralihan nomor melalui menu pengaturan yang terdapat di WhatsApp dengan nomor telepon lama.

Baca juga: 4 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di WhatsApp dengan Mudah dan Cepat

Sebelum melakukan pergantian nomor WhatsApp, pengguna perlu memastikan telah memenuhi beberapa syaratnya. Adapun beberapa syarat ganti nomor WhatsApp adalah sebagai berikut:

  • Pastikan nomor telepon baru telah aktif, sehingga dapat menerima SMS dan telepon.
  • Pastikan nomor lama yang hendak diganti telah terdaftar atau dipakai login di WhatsApp.

Setelah memahami syarat tersebut, adapun penjelasan cara ganti nomor WhatsApp tanpa keluar grup adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Setelah itu, pilih menu “Settings” atau “Setelan”.
  • Kemudian, pilih menu pengaturan “Account”.
  • Klik opsi “Change number” atau “Ganti Nomor dan tekan “Lanjut”.
    Ilustrasi cara ganti nomor WhatsApp tanpa keluar grup./Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara ganti nomor WhatsApp tanpa keluar grup.
  • Masukkan nomor telepon laman dan nomor telepon baru, lalu tekan “Lanjut”.
  • Berikutnya, pengguna bisa mengaktifkan opsi “Beri tahu kontak” untuk memberi notifikasi ke kontak saat nomor telepon berganti.
  • Pengguna bisa memilih memberi tahu semua kontak, kontak yang ada di daftar chat, atau kontak tertentu. Semua grup yang diikuti akan otomatis diberi tahu.
  • Setelah mengatur pemberitahuan pergantian nomor, klik opsi “Selesai”.
  • Masukkan kode verifikasi atau kode OTP yang dikirim WhatsApp ke nomor telepon baru Nomor WhatsApp akan berhasil dengan yang baru dan semua data bakal tetap tersedia, termasuk grup yang diikuti.

Ilustrasi cara mengganti nomor WA tanpa kehilangan grup./Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengganti nomor WA tanpa kehilangan grup.

Cukup mudah bukan cara mengganti nomor WA tanpa kehilangan grup? Dengan mengganti nomor melalui cara di atas, pengguna tak perlu khawatir apabila saat nomor diganti, data WhatsApp akan hilang, termasuk grup yang pernah diikuti.

Baca juga: 3 Cara Logout WhatsApp di HP yang Hilang dengan Mudah agar Akun Tetap Aman

Cara di atas membuat pengguna dapat mengganti nomor WhatsApp yang sudah tidak aktif dengan yang baru tanpa keluar grup. Demikianlah penjelasan cara ganti nomor WhatsApp tanpa keluar grup dengan mudah dan praktis, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link #. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat