cpu-data.info

Pasaran PonseI Indonesia Catat Pertumbuhan di Paruh Pertama 2024

Ilustrasi smartphone yang cukup diminati di ITC Roxy Mas
Lihat Foto

- Perusahaan riset pasar GfK Indonesia merilis laporan terbarunya mengenai kondisi pasar ponsel Indonesia di paruh pertama (enam bulan pertama) di 2024. 

Dalam laporan tersebut, GfK mengeklaim bahwa pasar ponsel Indonesia tumbuh 3,8 persen dari periode sebelumnya, dengan total penjualan sebesar Rp 48,9 triliun. 

Pakar Industri Telekomunikasi di GfK Indonesia, Rifan Irsyandi, mengatakan peningkatan pasar ponsel Indonesia di enam bulan pertama tahun ini didorong sejumlah faktor. 

Salah satunya, menurut Rifan dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Sabtu (7/9/2024). adalah perayaan momen Lebaran 2024 (April) yang biasa dipakai konsumen untuk membeli ponsel baru. 

“Tahun ini, konsumen menggunakan tunjangan hari raya mereka untuk memanjakan diri dengan berbagai pembelian, termasuk smartphone, yang menyebabkan peningkatan sebesar 6,2 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu," ujar Rifan.

Baca juga: TechInsights: Huawei Kuasai Pasar Ponsel Lipat Kuartal II-2024

Menurut dia, tren Ramadan tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, di mana konsumen cenderung lebih fokus pada aktivitas pulang kampung alias mudik.

Faktor pendukung selanjutnya adalah pergerakan daya beli konsumen yang kini lebih fokus kepada ponsel dengan harga yang lebih tinggi. Menurut Rifan, hal ini turut meningkatkan total penjualan atau nilai transaksi pasar ponsel Indonesia di paruh pertama 2024. 

Tren ini, lanjut Rifan, meluas di luar kota-kota besar di Indonesia, dengan daerah sekunder dan tersier menyumbang 44 persen dari penjualan smartphone dengan harga di atas Rp 7 juta. 

“Kata kuncinya di sini adalah upgrade. Konsumen mencari spesifikasi yang lebih baik saat mengganti perangkat lama mereka, yang cenderung berada pada model dengan harga lebih tinggi,” jelas Rifan.

Pasaran ponsel Indonesia diprediksi terus tumbuh karena tren AI

Ke depan, Rifan memprediksi bahwa pasar ponsel Indonesia akan terus tumbuh, terutama dengan maraknya fitur kecerdasan buatan (AI) yang bisa memproduksi konten baru secara instan alias Generative AI.

Fitur ini, kata Rifan, dapat mengubah cara konsumen memakai dan berinteraksi dengan perangkat mereka.

Baca juga: Pasar Ponsel Asia Tenggara Tumbuh 14 Persen, Samsung Memimpin

"Begitu Generative AI menjadi bagian integral dari rutinitas smartphone sehari-hari, hal itu nantinya dapat secara signifikan merangsang permintaan pasar (di masa depan)," ungkapnya.

Suasana pusat perbelanjaan Mal Ambassador yang sepi pengunjung pada Senin (12/6/2023)./Bill Clinten Suasana pusat perbelanjaan Mal Ambassador yang sepi pengunjung pada Senin (12/6/2023).

Selain memaparkan sejumlah faktor peningkatan pasar ponsel Indonesia, GfK Indonesia juga mengungkap sejumlah data yang menggambarkan tren pasar ponsel Indonesia saat ini. 

Salah satunya adalah penjualan ponsel di luar Jawa yang makin meningkat dan kini berkontribusi terhadap 40 persen dari total penjualan ponsel yang ada di Tanah Air. 

Selanjutnya, pasar ponsel 5G di Indonesia kini juga meningkat menjadi 56,9 persen pada paruh pertama 2024. Peningkatan ini dipicu oleh banyaknya produsen ponsel yang kini menyediakan perangkat 5G di semua segmen harga.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat