cpu-data.info

Mirroless Full-frame Canon EOS R5 Mark II Masuk Indonesia, Harganya?

Kamera mirrorless Canon EOS R5 Mark II
Lihat Foto

- Setelah pertama kali diperkenalkan berbarengan dengan flagship EOS R1 pada Juli lalu, kamera mirrorless full-frame Canon EOS R5 Mark II pekan ini resmi meluncur di Indonesia lewat acara yang digelar pada Kamis (5/9/2024).

Berbeda dari EOS R1 yang merupakan kamera profesional untuk jurnalis foto dan olahraga, EOS R5 Mark II ditujukan sebagai kamera "hybrid" foto dan video yang cocok untuk berbagai kalangan, mulai dari pehobi foto hingga kreator konten.

Baca juga: Canon Luncurkan Duo Mirrorless Profesional EOS R1 dan EOS R5 Mark II

Monica Aryasetiawan, Canon Business Unit Director PT Datascrip selaku distributor Canon di Indonesia, mengatakan bahwa EOS R5 Mark II jauh lebih unggul dari pendahulunya, EOS R5, karena dibekali beragam fitur inovatif.

"EOS R5 Mark II akan memicu kreativitas dan mendorong kreasi konten ke tingkat yang lebih tinggi," ujar Monica dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (6/9/2024).

Dari kiri ke kanan: Danni Nahason ? Assistant Marketing Manager PT Datascrip, Jerry Aurum ? Professional Photographer & Filmmaker, Ranar Pradipto ? Travel Photographer, Monica Aryasetiawan - Canon Business Unit Director PT Datascrip, Furukawa Masayuki - Manager ICP Area Management Department dan Yoyok Powel ? Wedding Filmmaker & Music Videographer berfoto bersama dalam acara product launching Canon EOS R5 Mark II di Jakarta, Kamis (5/9/2024).PT Datascrip Dari kiri ke kanan: Danni Nahason ? Assistant Marketing Manager PT Datascrip, Jerry Aurum ? Professional Photographer & Filmmaker, Ranar Pradipto ? Travel Photographer, Monica Aryasetiawan - Canon Business Unit Director PT Datascrip, Furukawa Masayuki - Manager ICP Area Management Department dan Yoyok Powel ? Wedding Filmmaker & Music Videographer berfoto bersama dalam acara product launching Canon EOS R5 Mark II di Jakarta, Kamis (5/9/2024).

Salah satu pembaruan yang dihadirkan Canon di EOS R5 Mark II adalah sensor yang sama dengan milik EOS R1, yakni full-frame back-illuminated beresolusi 45 MP. Image processor dan co-processor yang digunakan pun identik antara kedua kamera.

Seperti EOS R1 pula, EOS R5 Mark II yang meneruskan EOS R5 generasi pertama keluaran 2020 pun kini memiliki fitur Eye Control AF untuk memilih area fokus dengan gerakan mata pengguna dan subject tracking terbaru.

Baca juga: Akhirnya, Mirrorless Canon Bisa Pakai Lensa Sigma dan Tamron

Selain viewfinder elektronik dengan magnifikasi 0,76x, cakupan frame 100 persen, dan resolusi 5,76 juta dot, Canon EOS R5 Mark II memiliki layar sentuh LCD berukuran 3,2 inci (2,1 juta dot) dengan engsel fully articulated yang bisa diputar ke segala arah.

Untuk kemampuan videonya, EOS R5 Mark II sanggup merekam hingga resolusi DCI 8K/ 30 fps atau 4K/ 60 fps, berikut format video RAW dan HDR. Ada konektor HDMI full-size untuk output video dan perekaman eksternal, serta konektor mikrofon dan headphone terpisah.

Bagian top plate kamera mirrorless Canon EOS R5 Mark IICanon Bagian top plate kamera mirrorless Canon EOS R5 Mark II

Perekaman data dilakukan lewat dua slot kartu memori yang terdiri dari satu slot CFexpress Type B dengan standar CFexpress 2.0 dan satu buah slot SD card UHS-II.

PT Datascrip memasarkan Canon EOS R5 Mark II di Indonesia dengan harga Rp 93.728.400 untuk versi body only dan Rp 117.793.200 untuk versi kit dengan lensa RF24-105 mm f/4L IS USM.

Baca juga: Sony, Canon, dan Nikon Tanam Teknologi Anti-AI di Kamera

Untuk masa pre-order pada 5-15 September 2024, PT Datascrip memberikan harga khusus sebesar Rp 71.999.000 untuk EOS R5 Mark II body only dan Rp 90.999.000 untuk kit dengan lensa RF24-105 mm f/4L IS USM. Semua harga sudah termasuk PPN 11 persen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat