cpu-data.info

Jangan Ketik Empat Karakter Ini atau iPhone Jadi "Crash"

iPhone 14 Pro dan oPhone 14 Pro Max.
Lihat Foto

- Perusahaan peneliti keamanan seluler, Mastodon menemukan bug atau kelemahan di sistem operasi iOS buatan Apple.

Sistem antarmuka iPhone itu bisa crash hanya dengan mengetik empat karakter berikut ini: “”:: (dua tanda petik dan dua tanda titik dua) di kolom pencarian App Library dan kolom pencarian Settings (Pengaturan).

"Cukup buka App Library dan ketik “”:: di kolom pencarian. Antarmuka iPhone akan diatur ulang (reset)," demikian bunyi laporan yang diterbitkan Mastodon, dikutip KompasTekno dari BGR, Senin (26/8/2024).

Peneliti di Mastodon lebih lanjut juga mengklarifikasi bahwa pengguna hanya perlu mengetikkan tiga karakter pertama, lalu karakter keempat bisa apa saja untuk membuat iOS crash.

Baca juga: Awas, Karakter Huruf Ini Bikin iPhone Lumpuh

Meski demikian, Mastodon menyebut ini adalah semacam “soft crash”, di mana sistem hanya akan mengatur ulang antarmuka pengguna yang disebut Springboard.

Springboard adalah komponen utama pada sistem operasi iOS yang mengelola antarmuka, mencakup layar utama, di mana aplikasi ditempatkan dan diatur, serta elemen-elemen seperti dock, ikon, dan folder aplikasi.

Springboard juga bertanggung jawab untuk menangani navigasi antar-aplikasi, pengaturan wallpaper, dan widget.

Ketika pengguna iPhone menekan tombol "Home" atau melakukan gerakan tertentu untuk kembali ke layar utama, maka mereka berinteraksi dengan Springboard.

Baca juga: Apple Rilis Ulang iOS 17.6.1 Perbaiki Fitur Penting, Segera Download

Dikutip KompasTekno dari MacWorld, Senin (25/8/2024), saat mencoba mengetik karakter tersebut di perangkat iOS 18.1 beta terbaru, bug itu sama sekali tidak bekerja saat mengetik di pencarian App Library, namun membuat aplikasi Pengaturan macet saat mengetiknya di kolom pencarian Pengaturan.

Ketika bug tersebut terpicu, bug akan merusak elemen Springboard di iOS dan kemudian sistem akan menampilkan lockscreen atau layar kunci. Pada beberapa kasus dijumpai layar iPhone sempat berkedip hitam (seperti refresh)

Bug karakter ini tidak terlalu berbahaya, hanya menyebabkan antarmuka crash dan menampilkan lockscreen. Data pengguna juga masih tersimpan aman di perangkat.

Bug juga tidak melibatkan pihak lain, hanya butuh pengguna yang mengetik karakter tersebut di atas secara langsung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat